PENGGUNAAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK MAHARAH KITABAH KELAS-SYARQI AL-AWWAL MARKAZ ARABIYAH PARE

Syahrul Anwar(1), Burhan Lukman Syah(2*), Abdul Wahhab(3),


(1) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
(2) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Latar belakang pada penelitian ini disebabkan permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran maharah kitabah di kelas Syardi Awwal Markaz Arabiyah Pare Kediri, diantara permasalahannya pembelajaran hanya dilakukan sehari 1 jam pelajaran sementara uslub yang di ajarkan sangat banyak sehingga peneliti tertarik untuk menggunakan Whatsapp untuk memberikan materi dan praktik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan prosedur, kelebihan serta kendala penggunaan Whatsapp dalam pembelajaran pembelajaran praktik maharah kitabah, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan dokumen dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur penggunakan WhatsApp diawali dengan menjelaskan materi uslub hingga mengawasi jalannya diskusi dan meluruskan jawaban siswa, sementra populasi responden berjumlah 35 responden. Adapun beberapa kelebihan dan kendalan yang ditemukan diantara: pembelajaran dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja (29%), lebih praktis (23%), memiliki waktu diskusi lama (9%), dan mudah dalam pemakaian (39%). Selain itu beberapa kendalanya: tertumpu pada internet (29%), tertimbun chat lain (21%), kerjasama (37%), dan slow respon atau tidak di kerjakan (13%).

 

 

Abstract 

The background in this study was due to the problems found in Maharah Kitabah learning in the Syardi Awwal Markaz Arabiyah Pare Kediri class, among the problems learning was only done for 1 hour a day while there were so many uslub taught so researchers were interested in using Whatsapp to provide material and practice. Therefore, researchers are interested in examining the use of Whatsapp in learning the practice of maharah kitabah. The purpose of this study is to describe the procedures, advantages and constraints of using Whatsapp in learning the practice of maharah kitabah. This research is a descriptive qualitative case study. Sources of data in this study were students, teachers, and documents using questionnaires, interviews, observations and documents. while the population of respondents amounted to 35 respondents. The results show that the procedure for using WhatsApp begins with explaining the uslub material to supervising the discussion and straightening out student answers. There are several advantages and constraints found among them: learning can be done anywhere and anytime (29%), more practical (23%), has a long discussion time (9%), and is easy to use (39%). In addition, there are several obstacles: relying on the internet (29%), being buried by other chats (21%), collaboration (37%), and slow response or not working (13%).


Full Text:

PDF

References


Akbari, M. A., & Muassomah, M. (2021). Pembelajaran Imla’ Melalui Media Whatsapp Di Kelas III MI Cemorokandang. Tsaqofiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 3(2), 176–188. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v3i2.75

Arif, S., & Muthoharoh, A. (2021). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi IPA Di Tengah

Pandemi Covid 19. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 79–91. https://doi.org/10.24269/dpp.v9i2.3607

Bhagaskara, A. E., Nur Afifah, E., & Maulana Putra, E. (2021). Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Berbasis WhatsApp di SD Yapita. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 13–23. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.183

Costa-Sánchez, C., & Guerrero-Pico, M. (2020). What Is WhatsApp for? Developing Transmedia Skills and Informal Learning Strategies Through the Use of WhatsApp—A Case Study With Teenagers From Spain. Social Media + Society, 6(3), 205630512094288. https://doi.org/10.1177/2056305120942886

Fitri, F., Bahruddin, E., & Sa’diyah, M. (2021). Metode Pembelajaran Bahasa Arab Kreatif untuk Meningkatkan Prestasi Bahasa Arab di STIQ Zad Al Insaniah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 152. https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i2.4527

Harahap, Z. M. R., & Suyadi, S. (2020). Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Behaviorisme Berbasis Neurosains di SD Muhammadiyah Purbayan. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 5(1), 38.

https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.6199

Iskandar, M. L. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS (KITABAH) BAHASA ARAB. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 6(1), 55–68. https://doi.org/10.24090/jimrf.v6i1.2712

Jumareng, H., Setiawan, E., Budiarto, B., Kastrena, E., Patah, I. A., & Gani, R. A. (2021). Analisis kelebihan dan kekurangan pembelajaran online pada kelas pendidikan jasmani selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1), 24–32. https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.34322

Kinanti, S. S., Thoyyibah, A., & Mauludiyah, L. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Aplikasi WhatsApp untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa. Arabia, 13(2), 239. https://doi.org/10.21043/arabia.v13i2.12529

Kurniati, D. (2022). Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Model Blended Learning. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 1(2), 119–138. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i2.32

Mastur, M. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran di SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 50. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10131

Musyrifa, F. A., Rahmah, A., Wahyuni, S., & Fitriyani, L. (2020). Metode Picture and Picture dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab pada Maharah Kitabah. Arfannur, 1(1), 15–26. https://doi.org/10.24260/arfannur.v1i1.147

Okvireslian, S. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN KEPADA PESERTA DIDIK PAKET B UPTD SPNF SKB KOTA CIMAHI. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(3), 131. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v4i3.7220

Pustikayasa, I. M. (2019). GRUP WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Qoirunnisa, A. M. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Whatsapp pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MI. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 2(2), 89–96. https://doi.org/10.22515/jenius.v2i2.4148

Sa`diyah, H. (2020). MAHÂRAH AL-KITÂBAH BAGI MAHASISWA MELALUI UPDATE STATUS PADA MEDIA WHATSAPP. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 3(2), 23–37. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v3i2.305

Sukrillah, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL MELALUI WHATSAPP GROUP FEI SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI. JURNAL KOMUNIKATIO, 3(2). https://doi.org/10.30997/jk.v3i2.919

Widyastuti, W. T., & Andika, Y. (2021). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Keaktifan Mahasiswa dalam Pembelajaran Menulis Bahasa Prancis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 227–236. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.169




DOI: 10.24235/ath.v32i2.11805

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.