ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN POE BERBANTU LIVEWORKSHEETS PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keterampilan berpikir.kritis siswa di sebuah SMA Negeri dengan menggunakan model POE berbantu liveworksheets pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan.pada.penelitian ini adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa instrumen tes yaitu soal pretest dan posttest. Hasil penelitian kelas konvensional menunjukan rata-rata nilai pretest 47 dan rata-rata nilai posttest 70 dengan rata-rata N-gain sebesar 0,42 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Sementara, di kelas eksperimen, nilai rata-rata pretest adalah 45 dan nilai rata-rata posttest adalah 79 dengan rata-rata N-gain sebesar 0.61 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Dengan demikian, pada kelas kontrol, indikator yang mengalami rata-rata peningkatan tertinggi N-gain hanya indikator inferensi sebesar 0,72 yang termasuk ke dalam kriteria.tinggi. Pada kelas eksperimen, yang mengalami peningkatan tertinggi terdapat pada indikator analisis sebesar 0,97, indikator inferensi sebesar 0,91 dan indikator regulasi diri sebesar 0,78 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Hasil analisis menyatakan bahwa model pembelajaran.POE berbantu liveworksheets dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir krtis peserta didik pada materi perubahan lingkungan.
Kata kunci: Model POE berbantu liveworksheets, kritis, perubahan lingkungan
Â
Â
Abstract
This study aimed to measure the critical thinking skills of students in a state high school by using liveworksheets-assisted POE model on the environmental change material. The method used in this research was quasi-experimental. The data collection technique was in the form of test instruments, namely pretest and posttest questions. The result of the conventional class shows an average pretest score of 47 and an average posttest score of 70 with an average N-gain of 0.42 belonging to the moderate category. Meanwhile, in the experimental class, the average pretest is 45 and the average posttest score is 79 with an average N-gain of 0.61 belonging to the moderate category. Thus, in the control class, the indicator that experiences the highest average increase in N-gain is only the inference indicator with the value of 0.72 belonging to the high criterion. In the experimental class, the highest increase occurs in the analysis indicator with the value of 0.97, the inference indicator with the value of 0.91, and the self-regulation indicator with the value of 0.78 belonging to the high category. The results of the analysis indicate that the liveworksheets-assisted POE learning model can help improve students' critical thinking skills on the environmental change material.
Keywords: liveworksheets-assisted POE model, critical, environmental change
Full Text:
PDFReferences
Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.
Arnop, O., Budiyanto, B., & Saefuddin, R. (2019). Kajian evaluasi mutu Sungai Nelas dengan metode Storet dan indeks pencemaran. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, 8(1), 15-24.
Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Seperti apa permasalahan pembelajaran biologi pada siswa SMA?. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 388-395.
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan situs liveworksheets untuk mengembangkan LKPD interaktif di sekolah dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232-240.
Haryanti, Y. D. (2017). Model problem based learning membangun kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).
Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Candra, T. D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas IX. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 634-649.
Wulandari, I. A. P. F., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan information and communication technologies terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 139-150.
Okta Nurfiyani, I., Suharsono, S., & Faisal Mustofa, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep keanekaragaman hayati. BIOSFER: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 4(2), 67-72.
Puspitasari, R., Lesmono, A. D., & Prihandono, T. (2015). Pengaruh model pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) disertai media audiovisual terhadap keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA-Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 211-218.
Restami, M. P., Suma, K., & Pujani, M. (2013). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) terhadap pemahaman konsep fisika dan sikap ilmiah ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).
Rumiyati, R. (2021). Optimalisasi keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar melalui implementasi model discovery learning. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 1-10.
Subyantoro, A. (2009). Karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, karakteristik organisasi dan kepuasan kerja pengurus yang dimediasi oleh motivasi kerja (studi pada pengurus kud di Kabupaten Sleman). Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 11(1), 11-19.
Yupani, N. P. E., Garminah, N. N., & Mahadewi, L. P. P. (2013). Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan materi bermuatan kearifan lokal terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Zakiah, Z., & Khairi, F. (2019). Pengaruh kemampuan kognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Selaparang. El Midad, 11(1), 85-100.
DOI: 10.24235/ath.v32i2.11802
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.