MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PSIKODRAMA
(1) SMA Negeri 3 Kota Tegal
(*) Corresponding Author
Abstract
Â
Abstrak
Perilaku asertif harus diterapkan dalam kegiatan individu setiap harinya agar dapat mengkomunikasikan perasaan dan pikiran dengan efektif, jujur, dan tegas tanpa ada tekanan dari orang lain atau lingkungan. Perilaku ini menjadi gambaran rumusan kebutuhan komunikasi yang jujur dan tetap menjaga perasaan. Dalam adat ketimuran, sering kali peserta didik kurang mampu berperilaku asertif atas nama adat dan budaya. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan permasalahan peserta didik (AKPD), diperoleh data bahwa 71,43% peserta didik belum mengetahui sikap dan perilaku asertif. Kasus tersebut melatar belakangi penelitian mengenai apakah perilaku asertif dapat ditingkatkan dengan metode psikodrama sebagai bentuk layanan bimbingan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil post tes pada siklus 1 terdapat persentase sebesar 7% dengan tingkat sangat tinggi, persentase sebesar 90% dengan tingkat tinggi, persentase sebesar 3% dengan tingkat rendah dan persentase sebesar 0% dengan tingkat sangat rendah. Sedangkan hasil post tes pada siklus 2 terdapat hasil persentase sebesar 17% dengan tingkat sangat tinggi, persentase sebesar 83% dengan tingkat tinggi, persentase sebesar 0% untuk tingkat rendah dan sangat rendah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perilaku asertif dapat ditingkatkan dengan bentuk layanan bimbingan klasikal melalui metode psikodrama.
Kata kunci: Â perilaku asertif, layanan bimbingan klasikal, psikodrama.
Â
 Abstract
Assertive behaviour must be implemented in an individual’s daily activities in order to communicate his or her feelings and thoughts effectively, honestly, and firmly without any pressure from other people or the environment. This behaviour is an illustration of the needs of honest communication and feeling appreciation. In eastern customs, students are often less able to behave assertively because of the local custom and culture. Based on the results of the analysis of students’ needs and problems (AKPD), the data show that 71.43% of students do not know assertive attitudes and behaviour. This case became the background of this study on whether assertive behaviour could be improved by using the psychodrama method as a form of guidance service. This research was counselling guidance action research. The research was conducted in two cycles. The post test results in the first cycle show the assertive behaviour consisting of very high, high, low, and very low levels shown by the percentages of 7%, 90%, 3% and 0% respectively. On the other hand, the post test results in the second cycle show the assertive behaviour consisting of very high, high, low, and very low levels shown by the percentages of 17%, 83%, 0% and 0% respectively. From these results, it can be concluded that assertive behaviour can be improved with classical guidance services through the psychodrama method.
Keywords: assertive behaviour, classical guidance service, psikodrama.
Full Text:
PDFReferences
Afri, J., Sarman, F., & Andiyaksa, R. (2019). Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa dengan Menggunakan Teknik Assertive Training pada Siswa. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 26-32. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v2i1.2233
Aichinger, A., & Holl, W. (2017). Group therapy with children: Psychodrama with children. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-658-15813-2
Amalia, R. F., & Keliat, B. A. (2018). Terapi kelompok asertif efektif meningkatkan kemampuan asertif dan resiliensi pada remaja di SMPN Padangpanjang. Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(1), 60-68. doi: 10.7454/jki.v21i1.509
Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Ditjen Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
Hentika, Y., & Neviyarni, N. (2020). Efforts to Improve Student Assertive Behavior in Learning Through Classical Services with Psikodrama Techniques (UNP Laboratory Development Middle School). Jurnal Neo Konseling, 2(1).
Hikmah, N. (2020). Perilaku Asertif Dalam Perspektif Islam. Liwaul Dakwah : Jurnal Kajian Dakwah Dan Masyarakat Islam, 10(1).
Imam, R. (2018, November 12). Retrieved from Kumparan: https://kumparan.com/kumparannews/4-kasus-siswa-lakukan-kekerasan-terhadap-gurunya-di-sekolah-1541980407154715595/4
Iriani, N. (2009). Perilaku Asertif. Universitas Negeri Malang.
KBBI. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan). https://kbbi.web.id/kontribusi
Kemendikbud. (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lestari, A. G. D., Budiyani, K., & Rinaldi, M. R. (2020). Pengaruh Psikodrama Terhadap Asertivitas pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(2), 82-91. https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i2.1148
Lubis, N.L. (2016). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.
Ngatini, N., & Karneli, Y. (2021). Tingkat Perilaku Asertif Siswa dan Implikasi dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(1), 72-81. https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1460
Prabowo, A. S., & Asni, A. (2018). Latihan Asertif: Sebuah Intervensi yang Efektif. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling. 7(1), 116-120. https://doi.org/10.21009/insight.071.10
Romlah, T. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Samribagus. (2015). Metode-Metode Dalam Bimbingan Klasikal. Https://Konselorkece.Blogspot.Com/.
Slamet. (2019). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMA-MA kelas 10. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Tyas, P. K., Asrowi, A., & Susilo, A. T. (2020). Keberhasilan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Sikap Asertif Siswa SMK. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 4(1), 23-29.
Yasdiananda, E. W. (2013). Hubungan antara self esteem dengan asertivitas pada siswa kelas X SMAN 5 Merangin. Jurnal Psikologi, 1(1), 102-111.
Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2019). Efektivitas Terapi Kelompok Assertiveness Training terhadap Kemampuan Komunikasi Asertif pada Remaja dengan Perilaku Agresif. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 229-236. https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.229-236
DOI: 10.24235/ath.v32i1.10619
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.