PEMANFAATAN PLATFORM EDMODO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Alyan Fatwa(1*),


(1) IAIN Pekalongan
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Pemanfaatan edmodo dalam proses pembelajaran daring dapat digunakan pada kegiatan yang dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah, penggunaan edmodo dalam pembelajaran daring dapat digunakan oleh peserta didik dengan memanfaatkan komputer, laptop atau notebook dan hp android yang ada di rumah peserta didik. Adapun tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran e-learning berbasis edmodo dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Slawi dan MAN 1 Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan melalui proses kerja kolaborasi guru matematika, peneliti, dan kepalasekolah serta tenaga pendidik dan kependidikan. Pengumpulan data dengan memberikan tes kepada siswa, yang sebelumnya dibuat terlebih dulu instrument tesnya. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian tentang penggunaan aplikasi edmodo ternyata dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa tentang konsep nilai mutlak padasiswa kelas X di SMA Negeri 1 Slawi dan MAN 1 Tegal. Jadi secara keseluruhan hasil belajar siswa sudah meningkat jika dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas X ini.

 

Kata Kunci: edmodo, pembelajaran e-learning, hasil belajar siswa

Abstract

Utilization of Edmodoo in the online learning process can be used in activities carried out at school and outside of school, the use of Edmodo in online learning can be used by students by utilizing computers, laptops or notebooks and Android phones in the students' homes. The purpose of this study was to determine the implementation of Edmodo-based e-learning in improving the learning outcomes of class X students at SMAN 1 Slawi and MAN 1 Tegal Regency. This research is a classroom action research which is carried out through a collaborative work process of mathematics teachers, researchers, and principals as well as educators and education staff. Collecting data by giving tests to students, who previously made the test instrument. Based on the findings and results of research on the use of the Edmodo application, it turns out that it can improve students' mathematics learning outcomes about the concept of absolute value in class X students at SMA Negeri 1 Slawi and MAN 1 Tegal. So overall student learning outcomes have increased when viewed from the average value obtained by students in class X.

 

Keywords: edmodo, e-learning, student learning outcomes

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKAraphy

Ainiyah, Zaamrotul.2015.Penggunaan Edmodo sebagai Media Pembelajaran ELearning pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMKN 1 Surabaya. UNESA.

Fatria, Fita & Tiflatul Husna. 2019. Analisis proses pembelajaran E-learning berbasis Edmodo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Multi Karya Medan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia volume 3, nomor 2.

Fitri,Trisnawati.2015.Keefektifan Penggunaan Media Edmodo Sebagai Penunjang Pembelajaran Mata Pelajaran TIK SMP N 25

Hardiyana, Andri. 2016. Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD, Vol. 2 No.1 (1-12). (diakses online, Portal Garuda 6 April 2022).

Khasanah, Oktaviani Faizatul.2015.“Efektivitas Penggunaan Jejaring Sosial Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Instalasi Sistem Operasi Gui Cli Kelas X TKJ SMK N 1 Pundongâ€, Jogyakarta: UNY. (diakses online, 22 April 2022).

Laili, R., & Nashir, M. 2018. The Effect of Blended Learning by Using Edmodo in Teaching English for Nursing Students. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, Vol. 6 No.2, hal 71-76.

Rahman, Arif. 2015.“Implementasi Media Edmodo untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Yogyakartaâ€, Jogyakarta: .UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (diakses online, 21 Februari 2017).

Rosita, Nina.2016.“Pengembangan E-Learning dengan Edmodo sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika pada Materi Rangkaian Arus Searahâ€, Bandar Lampung: Universitas Lampung. (diakses online, 22 April 2022).

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Rnd. Bandung: Alfabeta.

Yowanita, Dwi Irwanti. 2011. Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran SCL Berbasis Blog Dalam Pembelajaran TIK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Semester 1 Di SMA Negeri 1 Piyungan Bantul. Yogyakarta : UNY.




DOI: 10.24235/ath.v32i1.10545

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.