INTERNALISASI NILAI KARAKTER GAGAH MELALUI PEMBELAJARAN TARI TOPENG KLANA CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Karakter dalam tari merupakan bagian terpenting selain dari gerak dan irama musik. Lemahnya kreativitas dalam pembelajaran tari menjadi persoalan utama dalam teknik penguasaan karakter, sehingga berpengaruh terhadap unsur-unsur lainnya seperti gerak dan musik karena unsur tari tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Penelitian ini dilakukan untuk memperdalam pemahaman terhadap karakter dalam tari, yaitu Tari Topeng Cirebon. Karakter dalam Tari Topeng Cirebon sangat variatif, yaitu Topeng Panji, Rumyang, Tumenggung, Samba, dan Klana. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan tentang karakter “gagah†dalam Tari Topeng Klana. Lemahnya karakter seseorang, khususnya remaja dalam memerankan perannya di kehidupan menjadi persoalan lain yang berkaitan dengan karakter “gagah†yang dimaksud. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa Tari Topeng Klana Cirebon memiliki nilai karakter gagah, yang dimana tercermin dari data tekstual dan kontekstual tentang Tari Topeng Klana Cirebon. Nilai karakter gagah pun dapat termanifestasi melalui proses pembelajaran yang dilakukan melalui model pembelajaran role playing.
Kata kunci: Tari Topeng Klana Cirebon, karakter, gagah
Â
Abstract
Character in dance is the most important part beside the movement and the rhythm of the music. Weak creativity in dance learning is the main problem in character mastery techniques. Thus, it affects other elements such as motion and music because these elements of dance are an inseparable unit. This research was conducted to deepen the understanding of the characters in dance, namely Cirebon Mask Dance. The characters in Cirebon Mask Dance are very varied, namely Panji, Rumyang, Tumenggung, Samba, and Klana masks. This paper aims to describe the "gallant" character in the Klana Mask Dance. The weakness of a person's character, especially teenagers in playing their roles in life, is another problem related to the "gallant" character. The method used in this research is descriptive analysis method with a qualitative approach. Based on the result of this study, it is found that the Cirebon Klana Mask Dance has a “gallant†character value, which is reflected in the textual and contextual data about the Cirebon Klana Mask Dance. The value of a “gallant†character can also be manifested through a learning process carried out through a role playing learning model.
Keywords: Cirebon Klana Mask Dance, character, gallantFull Text:
PDFReferences
Creswell, J. W. (2016). Research Design (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Jazuli, M. (2008). Paradigma Kontestual Pendidikan Seni (1st ed.). Unesa University Press.
Joyce B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching (Model-model Pengajaran). Pustaka Pelajar.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan (3rd ed.). Kata Pena.
Kusumastuti, E. (2010). Pendidikan Seni Tari melalui Pendekatan Ekspresi Bebas, Disiplin Ilmu, dan Multikultural sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa. Harmonia - Journal of Arts Research and Education, 10(2).
Lickona, T. (2015). Character Matters (3rd ed.). Bumi Aksara.
Martino, T., & Jazuli, M. (2019). Makna Simbolik Pertunjukan Tari Topeng Klana Cirebon Gaya Palimanan. Jurnal Seni Tari, 8(2), 161-175.
Masunah, J., & Karwati, U. (2003). Topeng Cirebon. P4ST UPI.
Masunah, J., & Narawati, T. (2003). Seni dan Pendidikan Seni (1st ed.). P4ST UPI.
Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif (33rd ed.). Remaja Rosdakarya.
Narawati, T. (2003). Wajah Tari Sunda Dari Masa Ke Masa (1st ed.). Bandung: P4ST UPI.
Ruhimat, T. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran (4th ed.). Jurusan Kurtekpen FIPUPI.
Setiawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 53–63. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.127
Suanda, T. A. (2009). Tari Topeng Cirebon. Jurusan Tari STSI.
DOI: 10.24235/ath.v32i1.10527
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.