PERANAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DI MTS YTI SUKAMERANG GARUT
(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract
Â
This article aims to determine the role of teachers in implementing curriculum development at MTs YTI Sukamerang Garut. The method used in this research is descriptive quantitative, with data collection techniques through instruments, interviews and triangulation then simple analysis is carried out. The results showed the role of teachers in the implementation of the madrasah curriculum at MTs YTI Sukamerang by looking at the percentage based on the achievement indicators and the percentage of respondents from the two teacher groups. Where the highest percentage based on the indicators of the two groups can be seen that the teacher has compiled the annual program, semester, lesson plans and KKM. So it can be concluded that the role of teachers in curriculum development that has been implemented at MTs YTI Sukamerang has been implemented properly by looking at the percentage based on indicators of achievement and based on respondents.
Â
Key Words: Role of Teachers, Implementation, Curriculum Development.
Â
Abstrak
Â
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengimplementasikan pengembangan kurikulum di MTs YTI Sukamerang Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui instrumen, wawancara dan triangulasi kemudian dilakukan analisis sederhana. Hasil penelitian diperoleh peran guru dalam implementasi kurikulum madrasah yang dilaksanakan di MTs YTI Sukamerang dengan melihat melihat prosentase berdasarkan indikator ketercapaian dan preosentase responden dua kelompok guru tersebut. Dimana prosentase tertingi berdasarkan indikator dari kedua kelompok tersebut dapat dilihat bahwa guru sudah menyusun program tahunan, semester, RPP dan KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peranan guru dalam pengembangan kurikulum yang sudah dilaksanakan di MTs YTI Sukamerang sudah dapat terimplementasi dengan baik dengan melihat prosentase berdasarkan indikator ketercapaian dan berdasarkan responden.
Kata Kunci: Peranan Guru, Implementasi, Pengembangan Kurikulum.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Haidir. “PROSES EVALUASI HASIL BELAJAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MTs Al-JAWAMI.†Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 3 (2): 222–30, 2018. https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.3165.
Aziz, Helmi. “Kurikulum Integratif Berbasis Nilai-Nilai Islam ( Penelitian Di SMP IT Fithrah Insani Kabupaten Bandung Barat ).†Tadris 13 (1): 95–111, 2018.
Basith, Abdul, and Indriana Rahmawati. “THE IMPLEMENTATION OF MULTICULTURAL EDUCATION ON THE 2013 CURRICULUM AT YPPSB ELEMENTARY SCHOOL EAST KUTAI.†Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan 9 (1): 32–41 , 2020.
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2019.
Erihadiana, Mohamad, and Ali Murtado. “Integrasi Pembelajaran Kitab Kuning Dalam Pembelajaran PAI.†Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 5 (1): 116–28, 2020. https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.7370.
Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Hidayat, Ahmad Wahyu. “PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN DEMANGAN YOGYAKARTA.†TARBIYATUNA 9 (2): 82–98, 2018.
Irsad, Muhammad. “PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH (Studi Atas Pemikiran Muhaimin).†Iqra’ 2 (1): 231–68, 2016.
Kirom, Askhabul. “PERAN GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL.†Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3 (1): 69–80, 2017.
Kurniasih, Nia. “IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN PEMBELAJARAN PAI.†Atthulab III (2): 158–68, 2018. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933.
Lufita, Raghda, and Abdul Rouf. “Peranan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang.†Sumbula 3 (2): 904–26, 2013.
Miftah, Zaini, Nur Zaini, and Sya’roni Muhammad. “PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH MODEL BOARDING SCHOOL KABUPATEN LAMONGAN.†Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 7 (1): 346–65, 2017.
Munjiat, Siti Maryam. “NTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN MADRASAH PADA PONDOK PESANTREN MANBA’UL ’ULUM SINDANGMEKAR DUKUPUNTANG CIREBON.†Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 2 (2): 142–62, 2019.
Nasir, Muhammad. “Kurikulum Madrasah : Studi Perbandingan Madrasah Di Asia Pendahuluan.†Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 9 (2): 146–66, 2015.
Nisa, Khoirun. “PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM.†Inovatif 4 (2): 44–56, 2018.
Nugraha, Muhamad Tisna. “Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Menuju Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ).†At-Turats, Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam 10 (1): 13–21, 2016.
Nurhasanah. “PERAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DI MTs MUHAMMADIYAH BALANGNIPA.†AL-QALAM, Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 9 (1): 42–71, 2017.
Rosyad, Ali Miftakhu. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Islam Dalam Kurikulum Pembelajaran SMK.†Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 5 (1): 101–15, 2020. https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.7498.
Sugiana, Aset. “Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.†Kuttab 1 (2): 168–79, 2017. https://doi.org/10.30736/kuttab.v1i2.110.
Suheri, Rahmawati, Yeni Tri Nur. “PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.†Islamic Akademika : Jurnal Pendidikan & Keislaman 6 (6), 2019.
Syam, Aldo Redho. “Guru Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0.†Tadris 13 (2): 2–19, 2019.
Syathori, A. “KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH (Implementasi, Analisis Dan Pengembangannya).†Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam 2 (1): 1–23, 2017. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2024.
Wafi, Abdul. “KONSEP DASAR KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.†Jurnal Pendidikan Agama Islam, Edureligia 1 (2): 133–39, 2017.
Wekke, Ismail Suardi. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Muslim Minoritas : Pesantren Nurul Yaqin Papua Barat.†MADRASAH 5 (2): 91–116, 2013.
Zulfatun, Siti, and Zainal Arifin. “IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL ( MBS ) YOGYAKARTA.†Tadris 12 (1): 80–81, 2017.
DOI: 10.24235/tarbawi.v6i1.7817
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hena Khaerul Ummah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.