KONSEP MANUSIA IDEAL: TINJAUAN TEOLOGIS DAN PENDIDIKAN ISLAM
(1) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djatii Bandung, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djatii Bandung, Indonesia
(4) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djatii Bandung, Indonesia
(5) Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam (PERSMAPI) Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2008.
Abdussalam, A. “Pembelajaran Dalam Alquran Al-Karim Bandung.†UIN Sunan Kalijaga, 2011.
Afrida, Afrida. “Hakikat Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an.†Al-Qisthu: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Hukum 16, no. 02 (December 2018): 54–59. doi:10.32694/010510.
Al-Jaziri, A. B. Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar (Vol. 7). Jakarta Timur: Darus Sunnah Press, 2009.
Al-Mahalli, I. J., and I. J. As-Suyuti. Tafsir Jalalain. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2007.
Ali, A. Y. The Holy Qur’an, Text, Translation and Commentary. Edited by A. Audah. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1985.
Ar-Rifa’i, M. N. Kemudahan Dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Gema Insani, 1999.
Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoretis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Azra, Azyumadi. Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: DEPAG, 2002.
Dewi, Ernita. “Konsep Manusia Ideal Dalam Persepektif Suhrawardi Al-Maqtul.†Jurnal Substantia 17, no. 01 (2015): 41–54.
Fahrudin. “Tasawuf Sebagai Upaya Bembersihkan Hati Guna Mencapai Kedekatan Dengan Allah.†Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim 01, no. 01 (2016): 65–83.
Hamdi, Zainul. Menilai Ulang Gagasan Integrasi Ilmu Pengetahuan Sebagai Blue Print Pengembangan Keilmuan UIN. Edited by Zainal Abidin Bagir. Yogyakarta: MYIA-CRCS & Suka Press, 2005.
Harahap, Musaddad, and Lina Mayasari Siregar. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Manusia Paripurna.†Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 02, no. 02 (2017): 148–59. doi:doi:10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1040.
Idris, Saleha. “Insan Kamil : Theological and Psychological Perspectives.†Asian Journal of Social Sciences, Arts and Humanities 05, no. 02 (2017): 9–28.
Irawan, Irawan. Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Edited by Koko Khoerudin. 1st ed. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2019.
Istiqomah, Himmatul. “Konsep Manusia Sebagai Insan Dalam Sebagian Ayat Al-Qur’an.†Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab 04, no. 04 (2018): 439–45. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/307.
Kaya, Cinar. “Rumi from the Viewpoint of Spiritual Psychology and Counseling.†Journal Spiritual Psychology and Counseling 01, no. 01 (2016): 5–21. doi:doi:10.12738/spc.2016.1.0001.
Khulaisie, Rusdiana Navlia. “Hakikat Kepribadian Muslim , Seri Pemahaman Jiwa Terhadap Konsep Insan Kamil.†Jurnal Refletika 11, no. 11 (2016): 39–57. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/download/447/478.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ). Elektronik Quran Kemenag. Version 2. Jakarta: Badan Litbang Dan Diklat Departemen Agama RI, 2015.
Masrohan, Masrohan. “Hakikat Manusia Dalam Al-Quran.†Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 01, no. 01 (May 2016): 29–40. doi:10.21580/wa.v1i1.799.
Murni. “Konsep Ma’rifatullah Menurut Al-Ghazali (Suatu Kajian Tentang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Al-Karimah).†International Journal of Islamic Studies 02, no. 01 (2014): 123–146.
Nurrahman. “Konsep Manusia Unggul: Kajian Atas Naskah Anis Al-Muttaqin.†Jurnal Lektur Keagamaan 11, no. 01 (2015): 181–202.
Prayoga, Ari, and Dewi Qorotul Kaffah. “Manajemen Sarana Dan Prasana Perspektif Al Quran Dan Hadis.†TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 08, no. 02 (2019): 165–79. doi:10.36815/tarbiya.v8i2.479.
Prayoga, Ari, and Mohammad Sulhan. “Pesantren Sebagai Penangkal Radikalisme Dan Terorisme†5, no. 2 (2019): 163–77.
Purwanto, Yedi. “Ajaran Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter.†Jurnal Pendidikan Agama Islam 13, no. 01 (2015): 17–36.
Rizal, Ahmad Syamsu. “Filsafat Pendidikan Islam.†Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim 12, no. 01 (2014): 1–18.
———. “Perumusan Tujuan Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.†Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 12, no. 02 (2014): 97–112.
Saudah, Siti, and Nusyirwan. “Konsep Manusia Sempurna.†Jurnal Filsafat 14, no. 02 (2007): 185–191. doi:doi:10.22146/jf.31332.
Setiawan, Wahyudi. “The Spiritual Education Toward Insan Kamil in the Education of Modern Humankind.†In International Seminar Education Muhammadiyah University of Ponorogo, 1–7. Ponorogo: Muhammadiyah University of Ponorogo, 2016.
Sodiman. “Menghadirkan Nilai-Nilai Spritual Tasawuf Dalam Proses Mendidik.†Jurnal Al-Ta’dib 06, no. 01 (2014): 33–44.
Subhi, Mohamamad. “Doktrin Manusia Universal Dalam Antropologi Metafisis Seyyed Hossein Nasr.†Jurnal Universitas Paramadina 11, no. 03 (2014): 28–45.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 7th ed. Bandung: Alfabeta, 2009. http://opac.depok.go.id:8123/inlislite3/opac/ detail-opac?id=15711.
Sukarman. “Urgensi Pendidikan Holistik Dalam Membentuk Insan Kamil.†Jurnal Tarbawi 02, no. 02 (2014): 2088–3102.
Susanto, Happy. “Filsafat Manusia Ibnu Arab.†Jurnal Tsaqafah 10, no. 01 (2014): 109–26. doi:doi:10.21111/tsaqafah.v10i1.66.
Sutarman, Sutarman, Haryono Edihermawan, and Agus Salim. “Hidupan Manusia Dengan Membudayakan Pendidikan Dan Sistem NIlai-Nilai Islami.†Rausyan Fikr Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 13, no. 02 (2017): 1–12.
Syahidin, D. H. Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Alquran. Bandung: Alfabeta, 2009.
Yusuf, D. K., and D. Rasyidin. Syariah Leadership. Bandung: Tafakur, 2008.
Yusuf, K. M. “Indera Manusia Menurut Alquran Dan Psikologi Konvensional.†Jurnal Hadhari 06, no. 02 (2013): 55–69.
DOI: 10.24235/tarbawi.v5i2.6962
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurti Budiyanti, Asep Abdul Aziz, Andewi Suhartini, Nurwadjah Ahmad, Ari Prayoga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.