REVITALISASI PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI UNTUK MEMPERBAIKI DEGRADASI MORAL GENERASI MILENIAL

Nisfiatur - Ramdliyah(1*),


(1) Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengkaji pentingnya pendidikan karakter santri untuk memperbaiki degradasi moral generasi milenial pada era globalisasi saat ini. Objek dalam penelitian ini adalah para santri di pondok pesantren mahasiswa Universitas  Islam Indonesia, Yogyakarta. Tujuan penelitian inia adalah menganalisis revitalisasi character building pada santri pondok pesantren Universitas Islam Indonesia, serta menganlisis implikasi pendidikan character building terhadap perbaikan degradsi moral generasi milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui lima tahap, yakni: observasi, wawancara,studi dokumentasi, serta studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan pendidikan karakter santri mempunyai peran signifikandalam mencegah degradasi milenial saat ini. Hal ini dikarenakan para santri mampu mengimplemetasikan pendidikan character building di dalam kehidupannya sehingga membawa dampak yang positif untuk orang-orang di sekitarnya. Penelitian ini memaparkan nilai-nilai pendidikan karakter ynag dikembangkan terhadap para santri Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia, proses dan metode yang digunakan dalam pembentukan pendidikan karakter santri,serta menjelaskan bagaimana para santri mengimplementasikan pendidikan karakter yang telah diperoleh dari proses pembelajaran. Studi ini juga menjelaskan implikasi pendidikan karakter terhadap perilaku santri sebagai agent of change untuk memperbaiki degradasi moral yang terjadi pada generasi milenial saat ini. 

Kata Kunci: Degeadasi moral, Generasi milenial, Pendidikan karakter santri. 


 


Full Text:

PDF

References


Damanhuri, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2013). Inovasi pengelolaan pesantren dalam menghadapi persaingan di era globalisasi. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 17-37.

Ilma, Naufal. "Peran Pendidikan Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Bangsa." (2015): 82-87.

Jahroh, W. S., & Sutarna, N. (2016, August). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral. InProsiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Lickona, T. (1999). Character education: Seven crucial issues. Action in Teacher Education, 20(4), 77-84.

Marzuki, Peter Mahmud. Pengantar ilmu hukum. Kencana, 2008.

Sutarna, Nana. "URGENSI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0."

Syarbini, A., 2012. Buku pintar pendidikan karakter. Jakarta: Asa-Prima Pustaka.

Widiyanti, Santi. "Efektivitas penerapan pendidikan moral Dalam membentuk disiplin moral (Studi Pada Anak Yatim di Panti Asuhan Anak Yatim “Miftahul Jannah†Dukuh Pangin Kelurahan Joho Kabupaten Sukoharjo)." (2012).

Yusuf, M. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Qurani dan Kearifan Lokal. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 22(1), 52-65.




DOI: 10.24235/tarbawi.v5i2.6562

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nisfiatur - Ramdliyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia