Pendidikan Islam dan Keteladanan Moral Rasulullah Muhammad saw. bagi Generasi Muda

Muhammad Jundi(1*),


(1) IAIN Sultan Amai Gorontalo
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk membahas urgensi dan fungsi pendidikan Islam dan keteladanan moral Rasulullah Muhammad saw. bagi generasi muda, dengan menggunakan metode kajian pustaka yang datanya dikumpulkan dari berbagai sumber literatur seperti buku-buku, artikel pada jurnal, dan sebagainya. Adapun pembahasan pada artikel ini berisikan uraian-uraian mengenai urgensi dan fungsi pendidikan Islam, serta keteladanan moral bagi generasi muda yang ideal dari diri Rasulullah yang dijelaskan pada kitab tafsir, hadis dan riwayat terdahulu. Artikel ini juga dilengkapi dalil-dalil yang mendasari pentingnya pembinaan moral generasi muda itu sendiri serta penjelasannya.


Full Text:

PDF

References


Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq Al-Syeikh, Luba>b at-Tafsi>r min Ibni Katsi>r, terj. M. Abdul Goffar dan Abu Ihsan al-Atsari, Tafsir Ibnu Katsir Jilid 8.

Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq Al-Syeikh, Luba>b at-Tafsi>r min Ibni Katsi>r, terj. M. Abdul Goffar dan Abu Ihsan al-Atsari, Tafsir Ibnu Katsir Jilid 6.

Achmadi. 2005. Idielogo Pendidikan Islam, Yogyakakarta: Pustaka Pelajar.

Alfarezi Robani. “Konsep Pendidikan Moral dan Etika Dalam Perspektif Emha Ainun Nadjibâ€. Skripsi Naskah Publikasi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 2019.

Arif, Muh. 2014. Metodologi Studi Islam: Suatu Kajian Intergratif, Gorontalo: Sultan Amai Press.

Aslamiyah Siti Suwaibatul. 2014. "Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islamâ€. AlHikmah, Volume 3, Nomor 2.

Aziz, Muslimatul Aini. Skripsi: “Keteladanan Rasul Dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 21 (Studi Komparatif antara al-Qurthubi dan Quraish Shihab)“ Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2014.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana.

Musrifah. 2016. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islamâ€. Edukasia Islamika : Volume 1, Nomor 1.

Muzakkir. 2015. “Generasi Muda dan Tantangan Abad Modern Serta Tanggung Jawab Pembinaannya†Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2.

Nizar Samsul. 2002. Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam, Jarakrta: Ciputat Pers.

Nurkholis. 2013. “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologiâ€. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1.

Sahlan, Asmaun. 2012. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam)â€. Jurnal el-Hikmah Vol. 9, No.2. Fakultas Tarbiyah UIN Malang.

Yosep Aspat Alamsyah. 2017. “Membumikan Sifat Rasul dalam Kepemimpinan Pendidikan: Memposisikan Nabi Muhammad SAW sebagai Panutan dalam Kepemimpinan Pendidikan†dalam Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Vol. 7 No. 2.




DOI: 10.24235/tarbawi.v5i1.6193

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Jundi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia