Asbab al-wurud dan Urgensinya dalam Pendidikan

Widia Putri(1*),


(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Hadis Nabi merupakan salah satu dari dua sumber Islam yang memiliki peranan yang sangat penting dalam kokohnya bangunan Islam. Mengetahui asbab al-wurud dalam ilmu hadis sama pentingnya dalam mengetahui asbab an-nuzul dalam al-Qur’an, yang mana keduanya sama-sama menjadi ruh kontekstual dari sebuah peristiwa. Asbab al-wurud menjadi kajian yang sangat penting dalam pembahasan hadis, dikarenakan agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam menangkap maksud dari suatu hadis. Pemahaman yang mengabaikan asbab al-wurud suatu hadis, lebih cenderung terjebak pada arti tekstualnya saja bahkan dapat membawa pemahaman yang keliru. Memahami teks suatu hadis tidak terlepas dari analisis mendalam terhadap konteksnya. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan karena konteks telah memproduksi teks. Oleh karena itu kajian asbab al-wurud ini merupakan cara yang paling baik untuk memahami makna hadis dengan tepat dan benar. Dalam kajian ini juga dipaparkan pentingnya mengetahui asbab al-wurud, cara mengetahui asbab al-wurud, dan klasifikasi asbab al-wurud yang terdiri atas ayat Al-Qur’an, hadis, sebab yang berupa perkara yang berkaitan dengan para sahabat yang mendengar hadis tersebut dan pentingnya asbabul wurud dalam pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Agil Said Husin Munawwar dan Abdul Mustaqin, Asbabul Wurud, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2001

Ali Muhammad, “Asbab Al-Wurudâ€, Jurnal TAHDIS , Vol. 6, No. 2, 2014

Asror Miftahul & Imam Musbikin, Membedah Hadis Nabi, (Madiun: Pustaka Pelajar, 2015), hlm. 212

Fadli Adi, “Asbab Al-Wurud: Antara Teks dan Konteksâ€, EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman , Vol. VII, No. 2, Juli – Desember 2015

Hamzah Ghufron, “Reinterpretasi Hadis Larangan Perempuan Bepergian Tanpa Mahram dan Larangan Melukis (Pendekatan Sosio-Historis dan Antropologisâ€, The Journal for Aswaja Studies (J-ASNA), Vol. I, No. 1, Mei 2019

Lestari Lenni, “Epistemologi Ilmu Asbab Al- Wurud Hadisâ€, Jurnal Studi Ilmu-ilmu al-qur’an dan Hadis , Vol. 16, No. 2, Juli 2015

Majid Abdul Khon, Takhrij & Metode Memahami Hadis, Jakarta: Paragonatama Jaya, 2014.

Marhumah, Ulumul Hadis: Konsep, Urgensi, Objek Kajian, Metode, dan Contoh, Yogyakarta: SUKA-Press, 2014

Mustaqim Abdul, “Ilmu Ma’anil Hadits: Paradigma Interkoneksi Berbagai Metode dan Pendekatan dalam Memahami hadits Nabiâ€, Yogyakarta: Idea Press 2016

Sahih ibn Hauzaimah, No, 1984, 1963, 1964, 1966, 1983, dalam Software al-Maktab al-Syamilah.

Suyuthi, Asbab Wurud al-Hadits, Lebanon; Dar al-Kutub al-‘ilmiah, 1984

Teungku Muhammad H.A, Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2001.




DOI: 10.24235/tarbawi.v5i1.5885

Article Metrics

Abstract view : 80 times
PDF - 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Widia Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia