Pendidikan Agama Islam dalam UU Sisdiknas

Agung Agung(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Artikel sederhana ini menegaskan bahwa pendidikan agama Islam di semua level pendidikan menjadi mutlak wajib diajarkan. Hal ini sesuai dengan amanah Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang dijiwai oleh Undang-Undangan Dasar 1945 dan Pancasila. Mengabaikan pendidikan agama Islam bahkan menolaknya merupakan tindakan yang inkonstitusional dan melanggar hukum. Sehingga, upaya dan propaganda penghapusan pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan merupakan tindakan yang harus dikritisi dan ditolak. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan menjadikan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional sebagai rujukan primer dan artikel serta buku-buku terkait bahasan ini menjadi rujukan sekunder.

Kata kunci: UU Sisdiknas, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Nasional

Abstract

This simple article confirms that Islamic education at all levels of education is absolutely mandatory to be taught. This is in accordance with the mandate of the National Education System Law which is imbued with the 1945 Basic Law and Pancasila. Ignoring Islamic religious education and even rejecting it is unconstitutional and unlawful. Thus, efforts and propaganda to abolish Islamic religious education in educational institutions are actions that must be criticized and rejected. This research is a literature study by making the National Education System Law the primary reference and articles and books related to this subject are secondary references.

Keywords: National education system law, Islamic Education, National Education

 


Full Text:

PDF

References


https://www.republika.co.id 10 Jul 2019

Kadi, Titi dan Robiatul Awwaliyah. Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan di Indonesia dalam Jurnal Islam Nusantara Vol. 01 No. 02 Juli-Desember, 2017.

Fauzi, Ahmad. Membangun Epistemologi Pendidikan Islam Melalui Kepemimpinan Spiritual : Suatu Telaah Diskursif, Journal Empirisma, STAIN Kediri, Vol. 24.No 2, 2015.

Baharun, Hasan. Pemikiran Pendidikan Perspektif Filsuf Muslim (Kajian Kritis Terhadap Pemikiran Muhammad Abduh Dan Muhammad Iqbal), At-Turas, 3.1, 2016.

Umar, Bukhari. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Jalal, Abdul Fatah. 1977. Min Al-ushul At-tarbawiyyah fi Al-Islam. Mesir: Dar Al-kutub Al-Mishriyyah.

Daradjat, Zakiah. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Idi, Abdullah dan Toto Suharto. 2006. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.

At-Toumy, Omar Mohammad. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Jannah, Fathul. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Jurnal Dinamika Ilmu, Vol. 13. No. 2, Desember 2013.

Junaid, Hamzah. Sumber, Azas Dan Landasan Pendidikan (Kajian Fungsionalisasi secara makro dan mikro terhadap rumusan kebijakan pendidikan nasional), Sulesana Vol. 7 No. 2, 2012.

Rubiyanto, Rubino. 2003. Landasan Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Tirtarahardja, Umar dan S,L.La Solo. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Baharun, Hasan and Robiatul Awwaliyah. Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Epistemologi Islam, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5.1, 2018.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003, tentang SISDIKNAS

Baharun, Zamroni Hasan. 2017. Manajemen Mutu Pendidikan : Ikhtiar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui Pendekatan Balanced Scorecard, Tulungagung: Akademia Pustaka.

Muslih, Moh. & Wan Hasmah Wan Mamat. Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Komprehensif, dalam FORUM TARBIYAH Vol. 7, No. 1, Juni 2009.

Suyatno. Dekonstruksi Pendidikan Islam Sebagai Subsistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam Volume IV, Nomor 1, Juni 2015.

Kompas, 2 Agustus 2002.

Assegaf, Abdur Rahman dkk. 2007. Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Suka Press.

Effendi, Bahtiar. 2002. Masyarakat, Agama, dan Pluralisme Keagamaan. Yogyakarta: Galang Press.

Jabali, Fuad dan Jamhari (peny.). 2002. IAIN Modernisasi Islam di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Undang-Undang RI No.14 Tahun 2005

Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milennium Baru. Jakarta: Logo Wacana Ilmu.

Baidlowi, Miftah. 2000. Kontribusi Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Terhadap Pengamalan Nilai Agama Islam Siswa SMU Negeri di Kabupaten Sleman. Yogyakarta: Tesis IAIN Sunan Kalijaga.




DOI: 10.24235/tarbawi.v4i2.5241

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF - 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agung Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia