PENGARUH PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN CARD SORT (PEMILIHAN KARTU) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 CIREBON DESA BABAKAN KECAMATAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON

Siti Fatimah(1*), Akhmad Affandi(2),


(1) IAIN syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknik Pembelajaran Card Sort (Pemilihan Kartu) merupakan aktifitas kerjasama yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, atau menilai informasi. Gerak fisik di dalamnya dapat membantu membangkitkan keinginan belajar siswa yang merasa penat. Minat belajar adalah pilihan kesenangan dalam melakukan kegiatan dan dapat membangkitkan semangat seseorang untuk memenuhi kesediannya yang dapat diukur melalui kesukacitaan, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan. Peneltian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Teknik Pembelajaran Card Sort (Pemilihan Kartu) terhadap Minat belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Cirebon Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu: Observasi, Wawancara, Angket, dan Dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan rumus validitas, reabilitas, prosentase, korelasi product moment.Kesimpulan hasil penelitian yang telah dilaksnakan oleh peneliti  adalah: Penerapan Teknik Pembelajaran Card Sort (Pemilihan Kartu) terhadap Minat belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Cirebon Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon menunjukkan nilai korelasi yang kuat mencapai rxy= 0,63 karena berada pada interval 0,60 – 0,799. Adapun prosentasi penerapan Teknik Pembelajaran Card Sort (Pemilihan Kartu) (variabel X) terhadap Minat Belajar (variabel Y) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Cirebon Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon adalah sebesar 39,69% sedangkan sisanya yaitu 60,31% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Teknik Pembelajaran, Card Sort (Pemilihan Kartu) dan Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dradjat, Dzakiah. 2014. Metodik Khusus Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Fathurohman, Oman & Agus Prayitno. 2018. Model-model Pembelajaran. Cirebon: IAI Bunga Bangsa

Hariyanto & Warsono. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Isrok’atun & Amelia Rosmala. Model-model Pembelajaran matematika. 2018. Jakarta: Bumi Aksara

Kurniawan, Asep. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cirebon: Eduvision

Lestari, Karunia Eka dan Muhammad Ridwan Yudha Negara, Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung : PT Refika Aditama. 2018.

Maolani, A,Rukaesih, Ucu Cahyana. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Ridwan, dkk. 2013. Cara Mudah Belajar SPSS 17.0 dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta

Silberman, L.Melvin, Raisul Muttaqien. 2014. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Shaleh, Abdul Rahman & Muhmib Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar, Jakarta: Prenada Media Group

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sudjiono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan.. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supangat, Andi. 2010. Statistika. Jakarta: Kencana Pernada Media Group

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Pernada Media Group

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar, Pengantar Statistik, Jakarta : PT Bumi Aksara. 2015

Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. 2014. Jakarta : PT Bumi Aksara

Zaini, Hisyam, dkk. 2018. Strategi Pembelajaran Aktif . Yogyakarta: CTSD




DOI: 10.24235/tarbawi.v5i1.4867

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Fatimah, Akhmad Affandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia