PENGARUH PENERAPAN METODE PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 3 PALIMANAN KABUPATEN CIREBON

Nimas Kuraeni(1*), Mahfud Mahfud(2), Iwan Iwan(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Pair Checks merupakan metode pembelajaran berkelompok atau berpasangan yang menuntut kemandirian dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan dan memberi penilaian. Hasil belajar adalah hasil yang diperoleh siswa setelah terjadinya proses pembelajaran yang ditunjukan dengan nilai tes yang diberikan guru setiap selesai memberikan materi pelajaran pada satu pokok bahasan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Palimanan Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Observasi, Wawancara, Angket, Tes dan studi dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reabilitas, normalitas, prosentase, korelasi product moment, koefisien determinan dan Uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh ialah mencapai nilai korelasi rxy= 0,710 yang menunjukkan pada korelasi yang kuat/tinggi karena berada pada interval 0,700 - 0,900. Adapun pengaruh penerapan metode Pair Checks (variabel X) dalam meningkatkan hasil belajar (variabel Y) di SMPN 3 Palimanan Kabupaten Cirebon adalah sebesar 50,41  % sedangkan sisanya 49,59 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Metode Pair Checks Dan Hasil Belajar

ABSTRACT

Pair Checks are a group or pairing learning method that demands students' independence and ability to solve problems and give judgment. Learning outcomes are the results obtained by students after the learning process which is shown by the value of the test given by the teacher after each lesson material is given to one subject. This study aims to determine the effect of the application of Pair Checks Method to Learning Outcomes of Students of Islamic Education (PAI) Subjects in Palimanan 3 Junior High School (SMP) Negeri 3 Cirebon District. Data collection techniques used are: Observation, Interview, Questionnaire, Test and study documentation. While the data analysis technique used is the test of validity, reliability, normality, percentage, product moment correlation, determinant coefficients and hypothesis testing. The results of the research obtained are reaching the rxy correlation value = 0.710 which shows a strong / high correlation because it is in the interval 0.700 - 0.900. The influence of the application of the Pair Checks method (variable X) in improving learning outcomes (variable Y) in Palimanan 3 Junior High School in Cirebon Regency is 50.41% while the remaining 49.59% is influenced by other factors not examined in this study.

Keywords: Learning Method, Pair Checks Method and Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dirman dan Cicih Juarsih. 2014. Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zaen. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Helmiati. 2012 Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kurniasih, Imas dan Sani Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan profesionalitas guru. Jogjakarta: Kata pena.

Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cirebon: Eduvision

Lestari, Karunia Eka Lestari dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mulyasa, Dkk. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ratnawulan, Elis. Dan Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Riduwan Dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2017. Belajar Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24235/tarbawi.v4i1.4585

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nimas Kuraeni, Mahfud Mahfud, Iwan Iwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia