PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHALAT JENAZAH DI KELAS IX J SMP NEGERI 1 KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN
(1) SMPN 1 Kuningan
(*) Corresponding Author
Abstract
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHALAT JENAZAHÂ
DI KELAS IX J SMP NEGERI 1 KUNINGAN
                                       KABUPATEN KUNINGAN                                                       Â
Drs. H. MASDUKI HARIYANTONI, MM. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â GURU SMP NEGERI 1 KUNINGAN
Email: Masdukihariyantoni@gmail.com
ABSTRAK
Kurikulum Dua Ribu Tiga Bela telah mengubah tata cara pembelajaran yang ada di sekolah. Selama ini guru cenderung menggunakan model pengajaran dengan menggunakan gambar, guru memberikan informasi atau transfer ilmu dan siswa menerimanya. Model pembelajaran dengan menggunakan gambar yang identik dengan ceramah terbukti di dalam pelaksanaannya tidaklah menjadikan keberhasilan belajar siswa. Dengan penerapan KTSP maka tata cara pengajaran pun harus berubah. Oleh karena itu diperlukan suasana pembelajaran yang menyenangkan, yang nantinya bisa menjadikan siswa aktif dan senang untuk belajar.
Selain itu proses pembelajaran di sekolah sejauh ini lebih banyak mengarahkan siswa pada pola belajar kompetitif dan individualitas. Pembelajaran dikatakan mengarah pada pola belajar kompetitif karena proses pembelajaran cenderung menempatkan siswa pada posisi persaingan dengan siswa-siswa yang lain. Kecenderungan guru untuk membuat rangking kelas merupakan kasus yang sering dijumpai, demikian pula kecenderungan guru membanding-bandingkan hasil belajar siswa. Pembelajaran dikatakan mengarah pada pola belajar individualitas karena proses pembelajaran sering kali berlangsung tanpa ketergantungan atau komunikasi antar siswa.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran dengan menggunakan gambar dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI di kelas IX J SMP Negeri 1 Kuningan Kabupaten Kuningan.
Dari analisis data penelitian diperoleh: Hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI melalui penerapan model pembelajaran dengan menggunakan gambar di kelas IX J SMP Negeri 1 Kuningan Kabupaten Kuningan mengalami peningkatan, peningkatan hasil belajar siswa tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas, dimana setiap perbaikan mengalami peningkatan yang sangat drastis. Pra siklus hanya mencapai nilai rata-rata kelas sebesar 6,37, siklus I meningkat menjadi 7,33, dan siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 8,07. Â
Kata Kunci     : Penggunaan, Media Gambar, Shalat Jenazah.
Â
USE OF MEDIA IMAGES IN ISLAMIC RELIGION EDUCATION LESSONS OF HEALTH PRAYER MATERIALS IN CLASS IX J SMP NEGERI 1 KUNINGAN KABUPATENÂ KUNINGAN Â
                            Drs. H. MASDUKI HARIYANTONI, MM.                                       Â
TEACHER SMP NEGERI 1 KUNINGAN
Email: Masdukihariyantoni@gmail.com
ABSTRACT
           In addition, the learning process in schools has so far directed students to competitive learning patterns and individuality. Learning is said to lead to competitive learning patterns because the learning process tends to place students in a competitive position with other students. The tendency of teachers to make class rankings is a common case, as is the tendency of teachers to compare student learning outcomes. Learning is said to lead to individuality learning patterns because the learning process often takes place without dependence or communication between students.
           The objectives to be achieved in this study were to find out: 1) To find out the process of applying the learning model by using images in an effort to improve student learning outcomes in PAI learning in class IX J 1 SMP Negeri 1 Kuningan District.
           From the analysis of research data obtained: Student learning outcomes in PAI learning through the application of learning models using images in class IX J 1 Public Middle School Kuningan District has increased, the increase in student learning outcomes is evidenced by the acquisition of class average values, where each improvement experienced very drastic increase. The pre cycle only reaches the class average value of 6.37, the first cycle increases to 7.33, and the second cycle gets the class average value of 8.07.
Keywords: Usage, Image Media, Prayer Prayer.
Â
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Halim (ed), (2002), Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Ciputat Press.
Arikunto Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Anita Lia. (2005). Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kerangka Dasar. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Ekowati Rahayu. (2006). Pengaruh Penggunaan Model Pembanding Dengan Gambar dalam PBM PAI terhadap Pemahaman Siswa. Bandung: Skripsi PAI IAIN SGD.
Habi Ashshidiqie dkk. 2010.Al-Quran dan Terjemahannya.Jakarta. Kemenag RI.
Kasbolah. Kasihani (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary School Teacher Development Project). IBRD: LOAN-IND .
Madya Suwarsih. (1994). Panduan : Penelitian Tindakan. Yogyakarta : Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
Melvin sulberman (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.
Moh. Ali (2007). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Nana Sudjana. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung.: Sinar Baru.
Ngalim Purwanto. (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rochiati Wiraatmadja, (2005), Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
S. Nasution. (2006). Berbagi Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiono, Sudrajat, (2007). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Sukardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Wardhani, Igak dan Kuswaya Wihardit, (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiriatmadja Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
DOI: 10.24235/tarbawi.v4i1.4473
Article Metrics
Abstract view : 102 timesPDF - 75 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Masduki Hariyantoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.