PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHALAT JENAZAH DI KELAS IX J SMP NEGERI 1 KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN

Masduki Hariyantoni(1*),


(1) SMPN 1 Kuningan
(*) Corresponding Author

Abstract


PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHALAT JENAZAH 

DI KELAS IX J SMP NEGERI 1 KUNINGAN

                                        KABUPATEN KUNINGAN                                                         

Drs. H. MASDUKI HARIYANTONI, MM.                                                                                                       GURU SMP NEGERI 1 KUNINGAN

Email: Masdukihariyantoni@gmail.com


ABSTRAK

Kurikulum Dua Ribu Tiga Bela telah mengubah tata cara pembelajaran yang ada di sekolah. Selama ini guru cenderung menggunakan model pengajaran dengan menggunakan gambar, guru memberikan informasi atau transfer ilmu dan siswa menerimanya. Model pembelajaran dengan menggunakan gambar yang identik dengan ceramah terbukti di dalam pelaksanaannya tidaklah menjadikan keberhasilan belajar siswa. Dengan penerapan KTSP maka tata cara pengajaran pun harus berubah. Oleh karena itu diperlukan suasana pembelajaran yang menyenangkan, yang nantinya bisa menjadikan siswa aktif dan senang untuk belajar.

Selain itu proses pembelajaran di sekolah sejauh ini lebih banyak  mengarahkan siswa pada pola belajar kompetitif dan individualitas. Pembelajaran dikatakan mengarah pada pola belajar kompetitif karena proses pembelajaran cenderung menempatkan siswa pada posisi persaingan dengan siswa-siswa yang lain. Kecenderungan guru untuk membuat rangking kelas merupakan kasus yang sering dijumpai, demikian pula kecenderungan guru membanding-bandingkan hasil belajar siswa. Pembelajaran dikatakan mengarah pada pola belajar individualitas karena proses pembelajaran sering kali berlangsung tanpa ketergantungan atau komunikasi antar siswa.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran dengan menggunakan gambar dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI di kelas IX J SMP Negeri 1 Kuningan Kabupaten Kuningan.

Dari analisis data penelitian diperoleh: Hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI melalui penerapan model pembelajaran dengan menggunakan gambar di kelas IX J SMP Negeri 1 Kuningan Kabupaten Kuningan mengalami peningkatan, peningkatan hasil belajar siswa tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas, dimana setiap perbaikan mengalami peningkatan yang sangat drastis. Pra siklus hanya mencapai nilai rata-rata kelas sebesar 6,37, siklus I meningkat menjadi 7,33, dan siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 8,07.  

Kata Kunci      : Penggunaan, Media Gambar, Shalat Jenazah.

 

USE OF MEDIA IMAGES IN ISLAMIC RELIGION EDUCATION LESSONS OF HEALTH PRAYER MATERIALS IN CLASS IX J SMP NEGERI 1 KUNINGAN KABUPATEN  KUNINGAN  


                             Drs. H. MASDUKI HARIYANTONI, MM.                                        

TEACHER SMP NEGERI 1 KUNINGAN
Email: Masdukihariyantoni@gmail.com

ABSTRACT

            The Two Thousand Thirteen Curriculum has changed the learning procedures in schools. So far, teachers tend to use teaching models using images, teachers provide information or transfer of knowledge and students receive it. The learning model using images that are identical to the lecture is proven in its implementation does not make students' learning success. With the application of KTSP, the teaching procedures must also change. Therefore a pleasant learning atmosphere is needed, which later can make students active and happy to learn.


            In addition, the learning process in schools has so far directed students to competitive learning patterns and individuality. Learning is said to lead to competitive learning patterns because the learning process tends to place students in a competitive position with other students. The tendency of teachers to make class rankings is a common case, as is the tendency of teachers to compare student learning outcomes. Learning is said to lead to individuality learning patterns because the learning process often takes place without dependence or communication between students.

            The objectives to be achieved in this study were to find out: 1) To find out the process of applying the learning model by using images in an effort to improve student learning outcomes in PAI learning in class IX J 1 SMP Negeri 1 Kuningan District.

            From the analysis of research data obtained: Student learning outcomes in PAI learning through the application of learning models using images in class IX J 1 Public Middle School Kuningan District has increased, the increase in student learning outcomes is evidenced by the acquisition of class average values, where each improvement experienced very drastic increase. The pre cycle only reaches the class average value of 6.37, the first cycle increases to 7.33, and the second cycle gets the class average value of 8.07.


Keywords: Usage, Image Media, Prayer Prayer.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Halim (ed), (2002), Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Ciputat Press.

Arikunto Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Anita Lia. (2005). Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kerangka Dasar. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Ekowati Rahayu. (2006). Pengaruh Penggunaan Model Pembanding Dengan Gambar dalam PBM PAI terhadap Pemahaman Siswa. Bandung: Skripsi PAI IAIN SGD.

Habi Ashshidiqie dkk. 2010.Al-Quran dan Terjemahannya.Jakarta. Kemenag RI.

Kasbolah. Kasihani (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary School Teacher Development Project). IBRD: LOAN-IND .

Madya Suwarsih. (1994). Panduan : Penelitian Tindakan. Yogyakarta : Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Melvin sulberman (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.

Moh. Ali (2007). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Nana Sudjana. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung.: Sinar Baru.

Ngalim Purwanto. (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rochiati Wiraatmadja, (2005), Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

S. Nasution. (2006). Berbagi Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiono, Sudrajat, (2007). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sukardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Wardhani, Igak dan Kuswaya Wihardit, (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wiriatmadja Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.




DOI: 10.24235/tarbawi.v4i1.4473

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Masduki Hariyantoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia