PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH BERBASIS BLENDED LEARNING

Dhea Abdul Majid(1*),


(1) Institut Agana Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berlangsung begitu pesat, sehingga sudah sewajarnya para ahli/pakar menyebut hal ini sebagai suatu revolosi. Perubahan-perubahan yang akan dan sedang terjadi, terutama disebabkan oleh potensi dan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan manusia untuk saling berhubungan (relationship) dan memenuhi kebutuhan mereka akan informasi hampir tanpa batas. Beberapa batasan yang dulu dalami manusia dalam berhubungan satu sama lainnya, seperti faktor jarak, waktu, jumlah, kapasitas, kecepatan dan lain-lain, kini dapat diatasi dengan dikembangkannya berbagai teknologi informasi dan komunikasi mutakhir.

Jika kita kaitkan dengan pembelajaran PAI, sudah sepatutnya perlu dilakukan inovasi pembelajaran, yang di mana, inovasi tersebut mampu mengubah paradigma peserta didik, yang biasanya menganggap pembelajaran agama hanya duduk, diam, dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru yang bersangkutan. Untuk itulah, perlunya kesadaran dari guru PAI sendiri bahwasanya peserta didik zaman sekarang tidaklah sama dengan peserta didik zaman dulu.

Kata Kunci:

Inovasi, Pembelajaran PAI, Blended Learning


Full Text:

PDF

References


Afni, Guza. Undang-undang Sisdiknas. No.20 Tahun 2003 dan Undang-undang Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005. Jakarta: Asa Mandiri. 2008.

Kasali, Rhenald. Disruption, cetakan kelima. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2017.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, cetakan ke-6 (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. 2014.

Mulyasa, E dan Dadang Iskandar, dkk, Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2016.

Munir, Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta. 2017.

Nurhidayati, Titing. Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Multiple Intelligences, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume. 03, Nomor. 01, Mei 2015.

Rusman,Kurniawan Deni, Riyana Cepi. Pembelajaran Berbasisi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013.

Sandypress.com diakses pada tanggal 4 Mei 2019.

Sani, Ridwan Abdullah. Inovasi Pembelajaran.

Unesco, Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam pendidikan. Jakarta: Gaung Persada (GP Press), 2009.

Widiara, I Ketut. Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital, VOLUME 2, No.2, SEPTEMBER 2018.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama. 2017.




DOI: 10.24235/tarbawi.v4i1.4209

Article Metrics

Abstract view : 442 times
PDF - 318 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dhea Abdul Majid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia