PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAAWIYAH (MTS) AN-NUR KOTA CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Husni Ilham
Â
NIM. 1413113131
Â
Pengaruh Pengelolaan Kelas oleh Guru terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Madrasah Tsanawiyah (MTs) An-Nur Kota Cirebon
Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukakan, bahwa hasil pengamatan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) An-Nur Kota Cirebon, guru melakukan pengelolaan kelas belum berhasil menarik minat belajar siswa yang di sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya suasana kelas kurang kondusif, media dan metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi, sarana belajar yang kurang memadai serta lingkungan belajar yang kurang efektif. Hal tersebut pada akhirnya dapat mempengaruhi minat belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan pengelolaan kelas oleh guru terhadap minat belajar tergolong baik, untukmengetahui minat belajar pada bidang studi Sejarah Kebudayaan islam tergolong baik, untuk mengetahui besar pengaruh pengelolaan kelas oleh guru terhadap minat belajar siswi kelas VIII Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs An-Nur Kota Cirebon
Mengemukakan bahwa mengelola kelas adalah kemampuan guru/instruktur/widyaiswara untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal; dan keterampilan untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal, Secara sederhana. Minat tidak termasuk istilah populer dalam psikologi karena kebergantungannya yang banyak pada faktor-faktor internal lainnya seperti: pemusatan perhatian, keingintahuan, motivasi, dan kebutuhan.
Penelitian ini terdapat dua variabel yang dijadikan sebagai acuan dalam pengamatan, guna memperoleh data dan kesimpulan empiris mengenai pengaruh keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap minat belajar bidang studi SKI siswa kelas VIII . Variabelindependen (variabelbebas) yaitupengelolaankelassebagaivariabel X. Variabeldependen (variabelterikat) yaituminatbelajarsiswasebagaivariabel Y
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil; guru SKI MTs An-Nur Kota Cirebon memiliki tingkat pengelolaan kelas dalam kategori sangat baik yaitu 90 % karena berada pada rentang 86% - 100% , sedangkan minat belajar siswa kelas VIII C juga dalam kategori sangat baik sebesar 91 karena berada pada karena berada pada rentang 86% - 100%. Dari hasil perhitungan Thitung> Ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan perhitungan, diketahui nilai Thitung sebesar 2,45 dan nilai Ttabel 1,697. Jika dibandingkan terlihat nilai Thitung > Ttabel atau lebih jelasnya 2,45>1,697. Dengan demikian Ha yang menyatakan : “ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh pengelolaan kelas oleh guru dengan minat belajar sejarah kebudayaan islam (SKI) siswa kelas VIII MTs An-Nur Kota Cirebon†diterima. Sementara Ho yang menyatakan : “Tidak ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh pengelolaan kelas oleh guru dengan minat belajar sejarah kebudayaan islam (SKI) siswa kelas VIII MTs An-Nur Kota Cirebon†ditolak
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al-Abrasyi, Mohd. Athiyah. 1993. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam Terjemah Bustami A. Gani dan Djohar Bahry. Jakarta: Bulan Bintang.
Ali, Mohammad. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: Angkasa.
Arif, Zainudin. 2005. Andragogi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
¬________. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta .
Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Guru & Anak Didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta).
¬_________. Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Khairani, Makmun. 2017. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Mulyadi. 2009. Classroom Management. Malang: UIN-Malang Press.
Purwanto, Ngalim. 1988. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya CV.
Rusydie, Salman. 2011. Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas. Jogjakarta: Diva Press.
Shihab, M. Quraish. 2005. Tafsir Al-Mishbah (Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an) Volume 1. Jakarta: Lentera Hati.
Singarimbun, Masri dan Sofian Efendi. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudaryono. 2012, Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadie, Didi dan Deni Darmawan. 2012. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. 2011. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Moh. Uzer. 1992. Penilaian Proses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
UU SISDIKNAS. 2011. Jakarta: Sinar Grafika.
DOI: 10.24235/tarbawi.v4i1.4078
Article Metrics
Abstract view : 102 timesPDF - 58 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhammad Husni Ilham, Suteja Suteja, Akhmad Affandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.