PENGARUH PEMBERIAN TUGAS HAFALAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA PADA BIDANG STUDI ALQUR’AN HADITS DI MTS HIDAYATUS SHIBYAN DESA KECOMBERAN KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON

Ahmad Fahmi(1*), Suteja Suteja(2), Suklani Suklani(3),


(1) IAIN SyekhNurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki latar belakang dengan masih ditemukannya minat siswa untuk menghafal Al-Qur’an yang belum sesuai harapan, padahal proses pendidikan di MTs Hidayatus Shibyan Desa Kecomberan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon sudah baik. Beberapa indikasinya adalah sebagian besar mata pelajaran yang ada di MTs Hidayatus Shibyan memerlukan kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan baik, khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan SKL dari Al-Qur’an Hadits tersebut menitik beratkan pada siswanya untuk terampil menghafal Al-Qur’an terutama Juz 30.

Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu, pemberian tugas hafalan pada bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs Hidayatus Shibyan, memperoleh skor 2,51 termasuk dalam kategori rendah. Kemampuan menghafal siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs Hidayatus Shibyan memperoleh skor 2,85 termasuk dalam kategori rendah dikarenakan jumlah hafalan siswa-siswi MTs Hidayatus Shibyan masih belum tercapai sepenuhnya. Pengaruh antara pemberian tugas hafalan terhadap kemampuan menghafal siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs Hidayatus Shibyan Desa Kecomberan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon memiliki tingkat korelasi yang lemah atau rendah, dengan diperoleh nilai koefisien 0,399 yang menunjukkan pada korelasi yang lemah atau rendah, karena berada pada interval 0,20 – 0,40.


Full Text:

PDF

References


Abdullah Muhammad bin Ismail, Imam.1993. Shahih Bukhari, terj.dari Shahih Bukhari Juz VI oleh Achmad Sunarto. Semarang: CV. Asy Syifa. Cet 1

Ahmad, Muhammad dan Mudzakir. 2000. Ulumul Hadis. Bandung: CV Pustaka Setia. Cet II

Ahmadi, Abu & Joko Tri Prasetya. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia. Cet II

Al-Quran Tajwid dan Terjemah2010. Bandung: CV Diponegoro. Cet. 5

Anwar, Abu. 2002. Ulumul Qur’an (sebuah pengantar). Pekanbaru: Amzah. Cet. I

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru.Bandung: RemajaRosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Az-Zawawi, Abdul Fattah. 2010. Revolusi Menghafal Al-Quran. Solo: Insan Kamil.

Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Chaeruddin B. 2009. Metodologi Pengajaran Agama Islam Luar Sekolah. Yogyakarta: Lanarka

Darajat, Zakiah. 2008. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Cet. IV

Dzamarah dan Zen. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fathurrohman, Pupuh& M. SobrySutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama. Cet. I

Hamzah. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana, Nana. 1996. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. (Bandung: Sinar Baru Algesindo)

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito




DOI: 10.24235/tarbawi.v4i1.3923

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Fahmi, Suteja Suteja, Suklani Suklani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia