PENGARUH KETELADANAN ORANG TUA TERHADAP AKHLAK TERPUJI REMAJA USIA 13-17 TAHUN DI RW 15 KELURAHAN KALIJAGA KECAMATAN HATJAMUKTI KOTA CIREBON

Khusnan Khusnan(1*), Nurlela Nurlela(2), Wawan A Ridwan(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan Studi pendahuluan yang dilakukan di RW 15 Kelurahan Kalijaga, diketahui bahwasannya remaja dianjurkan untuk mengamalkan akhlak mahmudah terhadap orang tua dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk keteladanan orang tua terhadap remaja. Pembinaan keteladanan orang tua dapat mempengaruhi baik atau buruknya akhalak remaja, karena remaja akan meniru tauladan orang tuanya, orang tua menjadi subjek teladan atau yang menjadikan dirinya sebagai contoh nyata yang dapat di tiru bagi anaknya, apabila orang tua memberi akhlak yang tidak baik maka seorang anak akan menjadi tidak baik, dan sebaliknya apabila orang tua memberi tauladan yang baik maka anakpun akan menjadi baik. akan tetapi dari sekian banyak remaja yang memiliki akhlak mahmudah/ baik terhadap orang tua, akan tetapi masih dapat ditemukan remaja yang kurang memiliki akhlak mahmudah/ baik terhadap orang tua. Seperti masih terdapat sebagian remaja yang melawan orang tua, jarang melaksanakan sholat, bolos mengaji, tidak berjamaah dan lain sebagainya. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Mengetahui apakah keteladanan orang tua di RW 15 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon 2) Mengetahui apakah akhlak terpuji remaja usia 13-17 tahun di RW 15 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh keteladanan orang tua terhadap akhlak terpuji remaja usia 13-17 tahun di RW 15 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon Kerangka pemikiran penelitian ini adalah bahwa keteladanan orang tua bertujuan sebagai pembentukan akhlak yang salah satunya adalah akhlak mahmudah terhadap akhlak remaja usia 13-17 tahun di RW 15 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah: 1) Observasi, 2) angket dan 3) dokumentasi, hasil penelitian dengan menggunakan uji korelasi dengan menggunakan perhitungan product moment. Berdasarkan penelitian ini tentang variabel X (keteladanan orang tua) dan variabel Y (akhlak remaja usia 13-17 tahun di RW 15 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon), setelah dibuktikan dan dianalisis dengan hasil persetujuan kategori tinggi dan rendah, korelasi product moment menunjukkan nilai yang positif yaitu 0, 631. Diketahui rhitung 0, 631 berada di atas rtabel sebesar 0, 338. Oleh karena itu, hipotesis di atas secara statistik diterima (Ha), yang berarti ada hubungan yang cukup signifikan antara keteladanan orang tua dengan akhlak terpuji remaja usia 13-17 tahun di RW 15 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.


Full Text:

PDF

References


Aat Syafaat dkk, 2018. Peran Pendididkan Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali.

Abdullah Nashih, Ulwan, 2013. Pendidikan Anak dalam Islam, Solo: Insan Kamil.

Ali, Muhammad Daud, 2000. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ali, Muhammad Daud, 2000. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Armai Arief, 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.

Endang Purwanti dan Nur Widodo, 2000. Perkembangan Peserta Didik, Malang: UMM Press.

Junaedi Mahfudz, (ed.), 2004. Aqidah Akhlak untuk Madrasah Aliyah kelas X, Semarang: CV.Ghani & SON bekerjasama dengan Kanwil Depag Jateng.

Kartono kartini, 1987. Kamus Psikologi, Bandung: Satelit.

Nata Abuddin, 1997. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Nata Abuddin, 2005. Pendidikan dalam Perspektif Hadis, Jakarta: UIN Press.

Nata Abuddin, 2005. Pendidikan dalam Perspektif Hadis, Jakarta: UIN Press.

NataAbuddin, 1997. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Ridwan, Kafrawi (eds.), 1997. Ensiklopedi Islam, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.

Sayoti, Muhammad. (1987). Ilmu Akhlak. Bandung: Lisan.

Subana, dkk, 2000. Statistik Pendidikan. Bandung Pustaka Setia.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Tafsir Ahmad, 2000. “Pentingnya Pendidikan Agama dalam Keluargaâ€, dalam Ahmad tafsir (ed), Pendidikan Agama dalam Keluarga, (Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ulwan, Abdullah, 1893. Tarbiyatul Aulad fi al-Islam, Juz. II, Beirut: Dar as Salam.

Ulwan, Abdullah, 1893. Tarbiyatul Aulad fi al-Islam, Juz. II, Beirut: Dar as Salam.

Untung, Moh. Slamet, 2005. Muhammad Sang Pendidik, Semarang : Pustaka Rizki Putra.

Untung, Moh. Slamet, 2005. Muhammad Sang Pendidik, Semarang: Pustaka Rizki Putra.




DOI: 10.24235/tarbawi.v4i1.3828

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khusnan Khusnan, Nurlela Nurlela, Wawan A Ridwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia