PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PROGRAM PREZI PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH
(1) IAIN Metro
(*) Corresponding Author
Abstract
This study aims to produce learning media of Al Qur’an Hadis by using a valid and effective. This is a research and development by using Hannafin and Peck development model with stages of requirement analysis, design, and development. This research was conducted at MAN 1 Metro Lampung. The subjects were class XI IPS students consisting of 2 experimental classes and 2 control classes. Data collection techniques were questionnaires for material experts, linguists, media experts, and learners as well as observation and test of learning outcomes. The data were analyzed by descriptive statistic and inferential statistic, i.e t-test which previously conducted prerequisite test in the form of normality and homogeneity test. The results showed that the products developed were in accordance with the procedures of development of Hannafin and Peck. This media product is declared valid, and effective. Thus, it can be concluded that the media developed has been feasible to be used and developed in the learning process of Islamic Religious Education in Islamic Senior High School.
Â
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Al Qur’an Hadis menggunakan program prezi yang valid dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck dengan tahapan analisis kebutuhan, desain, dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro Lampung. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS yang terdiri dari 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol. Teknik pengumpul data menggunakan angket untuk ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan peserta didik serta observasi dan tes hasil belajar. Data tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial, yaitu uji t yang sebelumnya dilakukan pengujian prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sudah sesuai dengan prosedur pengembangan Hannafin dan Peck. Produk media ini dinyatakan valid, dan efektif. Dengan demikian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan telah layak digunakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah.
Â
KATA KUNCI: Media Pembelajaran Al Qur’an Hadis, program Prezi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Kadir dan Terra Ch. Tri Wahyuni, Pengenalan Teknologi Informasi, Yogyakarta: Andi Offset, 2005
Anonimous, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No: 20 Tahun 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2003
Arief Sadiman et.al, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: Rajawali Press, 2012
Asnawir dan Usman, Media Pembelajaran
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press, 2013
Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto, Media Pembelajaran Manual dan Digital, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2011
Daryanto, Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2016
Dewi Salma Prawiradilaga dan Eveline Siregar, Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2008
https://id.wikipedia.org/wiki/Prezi diunduh tanggal 26 Juli 2016
I Made Tegeh dan dkk, Model Penelitian Pengembangan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014
I Putu Wisnu Saputra, CD Tutorial Nonlinear Presentations Series Prezi The Zooming Presentations, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011
Musfiqon, Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21 , Bandung: Alfabeta, 2013
Rusman, Kurniawan, dan Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru
Sadiman et.al, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya
Saputra, CD Tutorial Nonlinear Presentations Series Prezi The Zooming Presentations.
Sharon E Smaldino, Deborah L Lowther, dan James D Russel, Instructional Technology & Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar, Jakarta: Kencana, 2011
Slameto, Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011
Sukardjo.dkk, Desain Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: PPs UNY, 2008
Syaiful Bahri Djamarah dan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dalam Martinis Yamin, Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung persada, 2007
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2010
Yusuf Hadi Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2004
DOI: 10.24235/tarbawi.v4i1.3637
Article Metrics
Abstract view : 156 timesPDF - 609 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sri Andri Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.