PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOPAN SANTUN REMAJA USIA 13-17 TAHUN DI RW 08 CADAS NGAMPAR KELURAHAN ARGASUNYA KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini memiliki latar belakang dengan ditemukannya perilaku sopan santun remaja yang sudah sesuai harapan, karena kebanyakan para orang tua menerapkan pola asuh demokratis dalam mendidik anak-anaknya, dan sopan santun remaja di RW 08 Cadas Ngampar Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon sudah dikatakan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh data tentang pola asuh demokratis yang diterapkan para orang tua, perilaku sopan santun remaja Cadas Ngampar berperilaku baik, hubungan antara Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Perilaku Sopan Santun Remaja Usia 13-17 Tahun Di RW 08 Cadas Ngampar Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif, dan uji korelasi.Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Perilaku Sopan Santun Remaja di RW Cadas Ngampar Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon dalam kategori  Baik dengan skor sebesar 75.7% karena berada pada rentang prosentase antara 75% - 100%. Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Perilaku Sopan Santun Remaja Usia 13-17 Tahun di RW 08 Cadas Ngampar Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon terdapat nilai cukup tinggi karena berada pada interval 0,40 – 0,70 dengan nilai rxy = 00,630. Dengan demikian ada variabel lain yang lebih memiliki hubungan dengan perilaku sopan santun remaja..
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
B. Hurlock, Elizabeth 2002. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.
Daradjat, Zakiyah. 1996. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta : Bulan Bintang.
Gunarsa, Singgih D. 2004. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. BPK Jakarta : Gunung Mulia.
Herimanto dan Winarno. 2016. Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta : Kencana.
Markhamah, dkk. 2009. Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Surakarta : Muhammadiyah University Press.
Martono, S. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2003. Prinsip-prinsip dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Cet. 2. Jakarta : Rineka Cipta.
Rusmini. Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Sopan Santun Di SDN Teluk Dalam 12 Banjarmasin, (Banjarmasin: 2012).
Sanjaya, Pierre. 2011. Good Parents Bad Parent. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Subana, Moersetyo Rahadi, Sudrajat. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sudijino, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet 3. Bandung: Alpabeta.
Surbakti, E.B. 2009. Kenalilah Anak Remaja Anda. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Shihab, M Quraish. 2016. Yang Hilang Dari Kita Akhlak. Tanggerang : PT Lentera Hati
Taryati, dkk. 1995. Pembinaan Budaya dalam Lingkungan Keluarga Daerah Istimewa Yogyakarta. Peny. Salamun. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat jendral Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Pengkajian dan Pembinaan Budaya.
Tridhonanto, Al dan Beranda Agency. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis Jakarta : PT Gramedia
Yusuf, Syamsu. 2009. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Yusuf LN, Syamsu. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
DOI: 10.24235/tarbawi.v3i2.3485
Article Metrics
Abstract view : 190 timesPDF - 168 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dalilul Fatikhah, Suklani Suklani, Mahfud Mahfud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.