PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MENURUT IMAM AL-GHAZALI
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Pembentukan kepribadian menurut Imam Al-Ghazali dilatar belakangi oleh adanya dekadensi moral yang hari ini terjadi pada sebagian penerus bangsa baik di daerah pedesaan maupun perkotaan. Banyak orang yang telah mengabaikan pembentukan kepribadian (akhlak), masalah kepribadian dianggap remeh padahal pembentukan kepribadian ini merupakan kunci perubahan individu, sosial, kesejahteraan dan kebahagiaan hakiki. Fokus pembahasan peneliyian ini hanya pada kitab Ayyuha al-Walad.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memperluas wawasan mengenai konsep pembentukan kepribadian Imam Al-Ghazali yanng hari ini banyak terjadi dekadensi moral.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk penelitian kepustakaan. Adapun penelitian yang relevan terdahulu diantaranya: Penelitian yang dilakukan oleh Gumiandari, Septi. 2010. Kepribadian Manusia dalam Perspektif Psikologi Islam. Laporan Penelitian. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati. Fokus penelitian pada ilmu psikologis. Penelitian yang dilakukan oleh Rodhiyah. 2011. Pembentukan Kepribadian Muslim Menurut Imam al-Ghazali. Cilacap: IAIIG Cilacap. Fokus penelitian pada kitab ihya’ulumuddin.
Kesimpulan penelitian ini: Konsep pembentukan kepribadian Imam Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al-Walad setidaknya dapat ditinjau dari empat hal. Keempat konsep tersebut saling berkaitan satu sama lain yang dapat mempengaruhi terbentuknya kepribadian. Relevansi pembentukan kepribadian dalam kitab Ayyuha al-Walad karya Imam Al-Ghazali dengan pendidikan di Indonesia terdapat pada beberapa aspek, tujuan pendidikan Akhlak, Subjek Pendidikan Akhlak, Materi Pendidikan Akhlak, Metode Pendidikan Akhlak.
Â
ABSTRACT
The formation of personality according to Imam Al-Ghazali is motivated by the existence of moral decadence which today occurs to some successors of the nation both in rural and urban areas. Many people have ignored the formation of personality (morals), personality problems are underestimated even though the formation of personality is the key to individual, social, welfare and happiness changes. The focus of this research discussion is only on the Ayyuha al-Walad book.
The purpose of this research is to broaden the horizon of the concept of the formation of Imam Al-Ghazali's personality which today has a lot of moral decadence.
The research that the writer did was including library research. As for previous relevant research including: Research conducted by Gumiandari, Septi. 2010. Human Personality in the Perspective of Islamic Psychology. Research Report. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Focus on research on psychological science. Research conducted by Rodhiyah. 2011. Establishment of Muslim Personality According to Imam al-Ghazali. Cilacap: IAIIG Cilacap. Research focus on the book ihya'ulumuddin.
Conclusion of this study: The concept of the formation of Imam Al-Ghazali's personality in the book of Ayyuha al-Walad can at least be reviewed in four respects. The four concepts are interrelated with each other which can influence the formation of personality. The relevance of personality formation in the book Ayyuha al-Walad by Imam Al-Ghazali with education in Indonesia is found in several aspects, the goals of moral education, the subject of moral education, moral education material, moral education methods.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al-Baqir, Muhammad. 2014. Percikan Ihya Ulumal-Din, Mengobati Penyakit Hati dan Membentuk Akhlak Mulia. Jakarta: Mizania.
Al-Ghazali, Imam Abi Hamid Muhammad bin Muhammad. 1412. Ayyuha al-Walad.
Al-Ghazali, Imam. 2015. Percikkan Ihya’ Ulum Al-Din Terjemah Al-Baqir Muhammad. Bandung: Mizan.
Al-Ghazali, Imam. 2007. Ringkasan Ihya’ Ulumuddin. Jakarta: Pustaka Amani
Al-Mansur, Anshori. 2000. Cara Mendekatkan Diri pada Allah. Jakarta: Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (SuatuPendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Aziz, Erwati. 2003. Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam. Solo: Tiga Serangkai Pustaka.
Bakry, Sama’ud. 2005. Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV Jumanatul ‘Ali Art.
Gumiandari, Septi. 2010. Kepribadian Manusia dalam Perspektif Psikologi Islam. Laporan Penelitian. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.
Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamka. 1993. Tasawwuf Perkembangan dan Pemikirannya. Jakarta: Panji Mas.
Utsman, Muhammad N. 2005. Psikologi dalam al-Qur’an. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hawwa, Sa’id. 1995. Mensucikan Jiwa Konsep Tazkiyatun-Nafs Terpadu Intisari Ihya’ Ulumuddin Al-Ghozali. Robbani Press.
Hurlock, Elizabert B. 1980. Perkembangan Anak II. Erlangga: Meitasari Tjandrasa.
Ibnu Rusn, Abidin. 2009. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jalaluddin dan said, usman. 1996. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Juwariyah. 2010. Dasar-Dasar Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Teras.
Kementrian Agama RI. 2010. Al-Qur’anulkarim: Miracle The Reference. Bandung: Sygma Publishing.
Koentjaraningrat. 1984. Kamus Istilah anthropologi: Pusat pembinaan dan pengembangan bahasa. Jakarta: Depdikbud.
Koeswara, E. 1991. Teori-teori Kepribadian. Bandung: Eresco.
Lexy, Moeloeng J. 2009. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mujib, Abdul dan Mudzakir, Yusuf. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Mujib, Abdul. 2006. Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Mujib, Abdul. 1999. Fitrah dan Kepribadian Islam. Jakarta: Darul Falah.
Mujib, Abdul. 2014. Studi Islam dalam Ragam Dimensi dan Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Nata, Abudin. 2000. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nata,Abudin. 2003. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Prenada Media.
Nata,Abudin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pranata.
Quthb, M. 1984. Sistem Pendidikan Islam. Bandung : PT. Al-Ma’rif .
Qutb, Sayyid. 2001. Tafsir fii zhilalil qur’an: Dibawah naungan al-Qur’an jilid II. Jakarta : Gema Insani.
Ramayulis. 1994. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramayulis. 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Shihab, Quraish. 1994. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.
Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 1995. Dasar-dasar proses belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Sinar Baru.
Mohamad Ali. 1982. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa Bandung.
Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surakhmad, Winarno. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasardan Teknik. Bandung: Tarsito.
Tafsir, Ahmad. 1994. Ilmu Pendidikan Dalam Prespektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tafsir, Ahmad. 2006. Filsafat Pendidikan Islami. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Usman, Ali. dkk. 2003. Hadits Qudsi (Firman Allah yang tidak dicantumkan dalam Al-Qur’an) Pola Pembinaan Akhlak Muslim cetakan XVII. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.
Yusuf LN., Syamsu. 2008. Teori Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Zainuddin dkk. 1991. Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuhairini. 1995. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: 10.24235/tarbawi.v3i2.3464
Article Metrics
Abstract view : 864 timesPDF - 210 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wawan A. Ridwan, Suteja Suteja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.