Relevansi Tripusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Surat Luqman: 12-19

Fithria Rifatul Azizah(1*),


(1) UIN Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author

Abstract


Karakter bangsa merupakan unsur penting yang harus dikembangkan dalam pendidikan dan berlangsung sepanjang hayat (long life education). Ki Hajar Dewantara yang merupakan salah satu tokoh pendidikan Indonesia memandang bahwa tumbuh kembang seorang anak harus mencakup tiga unsur pendidikan yang disebut dengan tripusat.  Sementara itu terlebih dahulu di dalam Al-Qur’an surah Luqman ayat 12-19 juga dijelaskan nilai-nilai pendidikan karakter sesuai kisah luqman hakim, tentang pendidikan akidah, syaria’ah dan akhlak. Tujuan dari kajian ini yaitu untuk menemukan titik temu antara pemikiran Ki Hajar Dewantara dengan Surat Lukman ayat 12-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif berupa penelitian pustaka (Library Research). Dan metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis teks dan bahasa berupa content analysis (analisis isi). Disinilah dilakukan analisis terhadap isi dari gagasan Tri Pusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Q.S Lukman ayat 12-19.


Full Text:

PDF

References


Al-Maraghi, Ahmad Musthafa. 1991. Tafsir al-MaraghiJuz 19. Beirut: Dar Ihya al Turasi ‎al-‘Arabi‎

Al-Zuhali, Wahbah. 1991. Tafsir al-Munir Juz XXI. Beirut: Darul Fikri.‎

Al-Tabathabi. 1991. Al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an Juz 23. Libanon: Muassasat al-‘Alamili al-‎Matba’ah.‎

Anees, B.Q. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Bandung: Simbiosa ‎Rakatama.‎

Dewantara, Ki Hajar. 1977. Ki Hajar Dewantara dalam Majelis Luhur Persatuan Taman ‎Siswa.‎

Hasa al-Tusi, Abi Ja’far Muhammad.tt. Al-Tibyan al-Qur’an Juz 8. Dar Ihya’ Turast Arabi.‎

Gunawan, Ki. 1989. Aktualisasi Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Sistem ‎Pendidikan Nasional Indonesia di Gerbang XXI, dalam Ki Hajar Dewantara dala ‎Pandangan Para Cantrik dan Mantriknya. Yogyakarta: MLPTS.‎




DOI: 10.24235/tarbawi.v3i2.3332

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF - 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fithria Rifatul Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia