Konsep Pendidikan Karakter Islami; Kajian Epistemologis

Agung Agung(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Artikel sederhana ini menegaskan bahwa pendidikan karakter islami berbeda dengan pendidikan karakter yang tidak berlandaskan Islam. Kajian pendidikan karakter islami yang menekankan pada aspek epistemologi Islam membuktikan bahwa sumber dalam menentukan karakter islami tidak hanya berdasarkan akal semata atau panca indera an sich. Islam melibatkan seluruh anugerah yang Allah azza wajalla berikan baik akal, hati, maupun persepsi indera. Dan, yang paling berbeda adalah pelibatan  wahyu atau khabar shadiq yang terdiri dari Al-Qur’an dan As-Sunnah an-Nabawiyyah.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Islam, Epistemologi, Barat


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adian, Donny Gahral. Menyoal Objektivisme Ilmu Pengetahuan: Dari David Hume sampai Thomas Kuhn. Bandung: Teraju, 2002.

A, Donni Koesoema. Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger, Mengembangkan Visi Guru Sebagai Pelaku Perubahan dan Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo, 2009.

Al-Abrasyi, Muhammad Athiyyah. Dasar-dasar Pendidikan Islam, terj, Bustami Abdul Ghani, Cet. III. Jakarta: Bulan Bintang, 1994.

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Aims and Objectives of Islamic Education. London: Hodder & Stouhton, 1979.

Al-Musanna. Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 16 Edisi khusus III, Oktober 2010, Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.

Anwas, Oos M. Televisi Mendidik Karakter Bangsa: Harapan dan Tantangan, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 16 Edisi khusus III, Oktober 2010, Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.

Cronbach, Lee J. Educational Psychology 3rd edition. New York: Harcourt Brace Jovanovich Inc, 1977.

Echols, M. John dan Hassan Shadily. Kamus Inggris Indonesia: An English-Indonesian Dictionary, Cet. XXI. Jakarta: PT Gramedia, 1995.

Frye, Mike at all. Character Education: Informational Handbook and Guide for Support and Implementation of the Student Citizen Act of 2001. North Carolina: Public Schools of North Carolina, 2002.

Jalaluddin. Teologi Pendidikan. Cet I. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

Johansyah. Pendidikan Karakter dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis, dalam Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol . XI, No. 1, Agustus 2011.

Judiani, Sri. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Pengamatan Pelaksaan Kurikulum, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 16 Edisi khusus III, Oktober 2010, Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.

Kartanegara, Mulyadhi. Integrasi Ilmu, Sebuah Rekonstruksi Holistik. Bandung: Arasyi Mizan, 2005.

Kementerian Pendidikan Nasional, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Berdasarkar Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendiknas, 2011.

Kemko Kesra RI. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemko Kesra, 2010.

Koellhoffer, Tara Tomczyk. Character Education Being Fair and Honest. New York: Infobase Publishing, 2009.

Lickona, Thomas. My Thought About Character. London: Cornell University Press, 2003.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Muslih, Mohammad dan Mansur Zahri. Filsafat Ilmu: Kajian atas Asumsi Dasar, Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Belukar, 2010.

Nurchaili. Membangun Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 16 Edisi khusus III, Oktober 2010, Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.

Poedjawijatna, I. R. Pembimbing ke Arah Alam Filsafat. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia, Cet. I. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Q-Annes, Bambang & Adang Hambali. Pendidikan Karakter Berbasis Qur’ani. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2008.

Qomar, Mujamil. Epistemologi Pendidikan Islam: Dari Metode Rasional hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga, 2007.

Razali, Wan Mohd Fazrul Azdi Wan. Epistemologi Islam Vis-À-Vis Teori Demarkasi Ilmu: Satu Penelitian Awal, dalam Ulum Islamiyyah Journal Universiti Sains Islam Malaysia, Vol. 9 Desember 2012.

Syarbini, Amirullah. Buku Pintar Pendidikan Karakter; Panduan Lengkap Mendidik karakter Anak di Sekolah, Madrasah, dan Rumah. Jakarta: As@-Prima Pustaka, 2012.

Tafsir, Ahmad . Filsafat Umum. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

Uhbiyati, N. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara, 2011.




DOI: 10.24235/tarbawi.v3i2.3315

Article Metrics

Abstract view : 216 times
PDF - 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agung Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia