PERAN NAHDLATUL ULAMA (NU) DALAM BIDANG PENDIDIKAN KARAKTER
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Artikel ilmiah ini menegaskan bahwa peran Nahdlatul Ulama (NU) dalam membangun dan mempertahankan karakter bangsa yang berlandaskan al-akhlaq al-karimah. Meski isu pendidikan karakter ramai baru-baru ini, namun sejatinya peran NU dalam mengimplementasikan pendidikan karakter sudah dibangun jauh sejak NU berdiri. Konsep pendidikan NU berbeda dengan konsep Barat. Bagi NU pendidikan karakter tidak hanya mengatur hubungan sesama manusia an sich. Namun juga pendidikan karakter ialah memiliki dimensi kemanusiaan dan dimensi ketuhanan. Thus, pendidikan karakter ala NU ini dapat disimpulkan pendidikan akhlak sebagaimana telah lama dipraktikkan oleh Rasulullah SAW.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Nahdlatul Ulama, Akhlak, Islam
Abstract
This scientific article confirms that the role of Nahdlatul Ulama (NU) in building and maintaining national character based on al-akhlaq al-karimah. Although the issue of character education was crowded recently, the true role of NU in implementing character education has been built long since NU was established. The concept of NU education is different from Western concepts. For NU character education does not only regulate human relations as well as the West. But also character education is having a human dimension and divine dimension. Thus, this NU-style character education can be inferred as moral education as has long been practiced by the Prophet Muhammad peace be upon him.
Keywords: Character Education, Nahdlatul Ulama, Morals, Islam
Full Text:
PDFReferences
Alavi, SM Ziauddin. 1988. Muslim Educational Thought in The Middle Ages. (New Delhi: Atlantic Publishers & Distributors).
Capra, Fritjof. 2004. Titik Balik Peradaban; Sains, Masyarakat dan Kebangkitan Kebudayaan. (Jakarta : Bentang Pustaka).
Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama. 2004. Sejarah Madrasah: Pertumbuhan, Dinamika, dan Perkembangannya di Indonesia. (Jakarta: Kementrian Agama).
Fadjar, A. Malik. 1999. Reorientasi Pendidikan Islam. (Jakarta: Fajar Dunia).
Feillard, Andree. 1999. NU vis-Ã -vis Negara: Pencarian Isi, Bentuk dan Makna, alih bahasa oleh Lesmana. (Yogyakarta: LKis).
Haedari, H M Amin. dan Abdullah Hanif (ed). 2004. Masa depan Pesantren Dalam Tantangan Modernitaas aadan Tantangan Kompleksitas Global, cetakan pertama. (IRD Press).
Megawangi, Ratna. 2007. Semua Berakar Pada Karakter. (Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI).
Muhammadiyah, Hilmy. dan Sulthan Fatoni. 2004. NU: Identitas Islam Indonesia. (Jakarta: elSAS).
Muchtarom, Zuhairini. 1997. Sejarah Pendidikan Islam, Cetakan kelima. (Jakarta: Bumi Aksara).
Sherif, Mohamed Ahmed. 1975. Ghazali’s Theory of Virtue. (New York: State University of New York Press).
Thoyyib, H M. dan Endang Turmudzi. 2007. Islam Ahlussunnah Waljama’ah di Indonesia: Sejarah, Pemikiran dan Dinamikaa Nahdlatul Ulama, Cetakan kedua. (Jakarta: Pustaka Ma’arif).
Yunus, Mahmud. 1979. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. (Jakarta: Mutiara).
http://www.pelita.or.id/
http://www.nu.or.id/
DOI: 10.24235/tarbawi.v3i2.3116
Article Metrics
Abstract view : 2577 timesPDF - 358 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Imroatul Fatihah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.