PERAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER USIA REMAJA

Siti Maryam Munjiat(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Masa remaja merupakan masa perkembangan anak yang digolongkan dalam tingkat pendidikan masa usia MTs-MA, kemudian digolongkan lagi menjadi remaja awal umur 12-15 dan remaja akhir umur 15-20, seperti dikutip dari BKKBN. Dari penggolongan ini bahwa masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa remaja yang secara psikologi masa remaja merupakan masa perkembangan, di mana anak sudah belajar membuat pilihan dan menentukannya. Penentuan pilihan dan keinginan si anak membutuhkan pendamping untuk mengawal perjalanan si anak tersebut baik berupa keluarga, masyarakat sekitar serta suplemen lain berupa bacaan dan pemerolehan pengetahuan yang didapat. Banyak remaja terjebak pada pilihan dan keinginannya yang selalu harus dipenuhi kemudian lepas kendali dan diklaim jelek oleh norma masyarakat dan agama. Pada masa remaja juga menampilkan indikator karakter yang belum mapan sedangkan kemapanan karakter terlihat setelah ada pembiasaan sikap dan perilaku yang dibarengi kontrol keluarga dan sosial serta realisasi dari pengetahuan baik umum maupun agama dalam keseharian (internalisasi). Kontribusi agama dalam menentukan sikap dan perilaku juga sangat signifikan yang kemudian dinamakan etika, akhlaq, dan karakter. Tidak ada agama yang mengajarkan kejelekan atau keburukan sikap. Islam merupakan agama yang disepakati sebagai agama kompilasi dari agama-agama pendahulunya yang terangkum dalam al-Quran dan dijelaskan Hadis Nabi.

Kata Kunci: Karakter, Remaja, dan Pendidikan Islam


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al Qur’an dan Terjemahannya. 1415H. Madinah: Mujamma’ al Malik Fahd LiThiba’atal Mushaf.

Goleman, Daniel. 2002. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka.

http://www.duniapsikologi.com/emosi

Herman, 2015. Remaja dalam Presfektif Pendidikan Islam. Jurnal Al-Izzah. Vol. 10 No.1.

Idris, Faridah. 2013. Membesarkan Anak Hebat dengan Susu Ibu. Malaysia: PTS Milenia SDN.

Mukhtar, 2001. Konsep Diri Remaja. Jakarta: Rakastasmasta.

Mulyadi, Seto. 2008. Character Building: Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Nata, Abudi. 2013. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Nawawi, Syaikh Muhammad, bin Umar al-Bantani, 2011. Kasyifatus Saja. Beirut: Dar Ibn Hazm.

Sopiatin, Popi dan Sohari Sahrani, 2011. Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam. Bogor: Ghalia Indonesia.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandug: PT Remaja Rosdakarya.

Zuhairini, 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: 10.24235/tarbawi.v3i1.2954

Article Metrics

Abstract view : 505 times
PDF - 489 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Maryam Munjiat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia