PENGARUH PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BERBASIS MULTIMEDIA FLASH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DARUL MASHOLEH KOTA CIREBON Tahun Ajaran 2017/2018

M Munawir Ghozali(1*), Wawan Ahmad Ridwan(2), Suteja Suteja(3),


(1) IAIN Cirebon
(2) IAIN Cirebon
(3) IAIN Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Madrasah Aliyah Darul Masholeh merupakan sekolah swasta yang berada di Kota Cirebon, Dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada ilmu tajwid masih mengandalkan media buku sehingga pemahaman siswa dalam mempelajari ilmu tajwid masih belum optimal, hal itu terlihat dari sebagian siswa yang belum bisa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dari hasil pembelajaran ilmu tajwid yang hanya menggunakan media pembelajaran buku. Multimedia ini adalah suatu kombinasi berbagai tipe media (teks, gambar, audio, grafik, video, animasi dan lain sebagainya) yang disajikan, digabungkan menggunakan alat bantu (tool) dan koneksi (link), dan dikemas menjadi satu file digital (komputerisasi) yang bertujuan untuk menyampaikan, menghantarkan, dan menerima pesan atau informasi kepada pengguna atau publik.

Oleh karena itu, Peneliti bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran tajwid menggunakan multimedia flash di Madrasah Aliyah Darul Masholeh Kota Cirebon terhadap Motivasi belajar siswa sehingga bisa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik : tes, observasi, wawancara, angket, postes dan pretes. Kemudian data di analisis dengan korelasi uji normalitas dan uji homogenitas.

Dari hasil analisis terhadap nilai motivasi belajar pada kelas eksperimen, dapat disimpulkan bahwa nilai tertinggi 83 dan nilai yang paling kecil 49. Sedangkan secara keseluruhan dari hasil analisis terhadap motivasi belajar 915 dengan nilai rata-rata keseluruhan 61.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Multimedia Flash, Media Pembelajaran.


 

ABSTRACT

 

Madrasah Aliyah Darul Masholeh is a private school located in Cirebon City, in Teaching and Learning Activities in science of tajwid still rely on book media so that students' understanding in learning science tajwid still not optimal, it can be seen from some students who have not fulfilled the Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM ) from learning result of science of tajwid which only use instructional media of book. Multimedia is a combination of various types of media (text, images, audio, graphics, video, animation and so on) presented, combined using tools and links, and packaged into a digital file to convey, deliver, and receive messages or information to users or the public.

This study aims to determine the application of learning media tajwid using flash multimedia in Madrasah Aliyah Darul Masholeh Cirebon City on student motivation so that it can meet the Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM).

This data collection uses techniques: test, observation, interview, questionnaire, postes and pretes. Then the data in the analysis with the correlation test normality and homogeneity test.

From the results of the analysis of the value of learning motivation in the experimental class. It can be concluded that the highest score is 83 And the smallest score is 49. Overall the analysis of learning motivation is 915 and the overall average is 61.

Keywords: Learning Motivation, Flash Multimedia, Learning Media.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Asy’ari.1987. Pelajaran Tajwid.Surabaya: Apollo Lestari.

Abu Hazim Muhsin Bin Muhammad Bashory.2008. Panduan Praktis Tajwid Dan Bid’ah- Bid’ah Seputar Al-Qur’an Serta 250 Kesalahan Dalam Membaca Al-Fatihah. Magetan: Maktabah Daarul Atsar Al-Islamiyah.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, Dwi. 2006. Macromedia Flash 8. Yogyakarta: Andi.

Bovee. Courland. (1997). Business Communication Today. Prentice Hall : New YorkSurya Brata. 1993. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo

Persada.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Iswidayati, Sri. 2010.Pemanfaatan Media Pembelajaran Seni Budaya. Semarang: Lembaga pengembangan pendidikan dan profesi UNES.

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Maulana.2009. Memahami Hakikat, Variabel, dan Instrumen Penelitian Pendidikan dengan Benar. Bandung: Learn 2 live ‘n Live 2 learn.

Munir. 2012.Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Purwanto, Ngalim. 1990. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Raharjo, Hendri, 2009, Suplemen Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer, Cirebon: CV Pangger.

Sagala, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Sardiman, A. M. 2005.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sei. H. DY. Tombak Alam.2002. “Ilmu Tajwid Populer†17 Kali Pandai. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Supranto, J. ( 2002 ). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Sutrisno, Hadi. 1989. Metodologi Riset. Yogyakarta : . Andi Offset

Suyanto. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Wiroatmojo, P dan Sasonoharjo. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: LAN RI




DOI: 10.24235/tarbawi.v3i1.2863

Article Metrics

Abstract view : 244 times
PDF - 200 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M Munawir Ghozali, Wawan Ahmad Ridwan, Suteja Suteja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia