PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 4 KOTA CIREBON

Danar Rajak(1*), Nur Wahdan(2), Iwan Iwan(3),


(1) IAIN Cirebon
(2) IAIN Cirebon
(3) IAIN Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bermula dari permasalahan, bahwa gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon sudah baik, akan tetapi masih ada beberapa siswa kelas XII yang motivasi belajarnya rendah.

            Penelitian ini bertujuan memperoleh data tentang gaya mengajar guru  Pendidikan Agama Islam di kelas XII Sekolah Mengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon, memperoleh data tentang motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon, memperoleh data tentang pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon

Gaya mengajar guru yang dilakukan dalam setiap proses pembelajaran akan menjadi perhatian siswanya dan menjadikan ciri atau karakter guru tersebut. Seperti guru yang sering melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga peran guru dan siswa sama-sama dominan, guru yang menciptakan pembelajaran yang bersifat dialogis akan berakibat pada motivasi belajar siswa yang dapat diindikasikan dengan sikap siswa yang bergairah, inisiatif, responsif, kesegeraan, konsentrasi, ketelitian, kemauan dan kerja keras dalam mengikuti proses pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon yang berjumlah 346. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 177. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi Person Product Moment  (PPM).

Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon, Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon lebih dominan menggunakan gaya mengajar guru teknologis dengan perolehan rata – rata 80,18 %. Motivasi belajar  pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon, Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar  siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 kota Cirebon dalam keadaan baik dengan rata-rata  70,44%. Berdasarkan nilai signifikansi : dari tabel Coefficients di peroleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel gaya mengajar guru (X) berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar siswa (Y). Adapun pengaruh variabel bebas (Gaya Mengajar Guru) terhadap Variabel terikat (Motivasi Belajar Siswa) adalah sebesar 19,8 %


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi Abu dan Widodo. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Cetakan ketiga. 2013

Ali, Muhammad. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2010

Arikunto, Suharsimi. Dasar – dasar Evaluasi. Jakarta : Bumi Aksara. Cetakan Kedua, 2013

Brata Surya. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Cetakan ke 18. 2011

Deporter, Bobbi dan Mike Hernacki. Quantum Learning. Cetakan Keenam. Bandung : Kaifa. 2000

Deporter, Bobbi, dkk. Quantum Teaching. Bandung : Kaifa. 2010

Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. 2014

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. Cetakan kelima 2014

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers. 2015

Ghufron, Nur dan Rini Risnawati. Gaya Belajar. Yogyakarta : Pustaka pelajar. Cetakan ketiga. 2014

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo. Cetakan kedelapan. 2012

Hamdani. Strategi Belajar Mengjar. Bandung : Pustaka Setia. 2011

Hartanto. Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Cetakan Ke V. 2012

Imron, Ali. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Dunia Pustaka Jaya. 1996

Kompri. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2016

Mardianto. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing. 2012

Misbahuddin dan Iqbal Hasan. Analisi Data penelitian dengan Statistik. Jakarta Bumi Aksara. Cetakan kedua. 2013

Nurhayati, Eti, Psikologi Pendidikan Inovatif, Yogyakarta : Pustaka pelajar. 2011

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2013

Riduan dkk. Cara Mudah Belajar SPSS 17.0 dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung : Alfabeta. Cetakan Ke tiga. 2013

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana. Cetakan ke 10. 2013

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press, PT Rajagrafindo Persada. 2015

Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan. Bandung : Rineka Cipta. 1998

Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Cetakan ke 24. 2016

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfa Beta. Cetakan ke 27. 2016

Sumiati dan Arsa. Metode Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima. 2009

Suparman. Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta : Pinus Book Publisher. 2010

Syah, Muhibin. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.cetakan ke 15. 2015

Thoifuri. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Media Campus. . 2008

Thontowi, Ahmad. Psikologi Pendidikan. Bandung : Angkasa. 1991

Wenger, Beyond Teaching & Learning, Bandung : Nuansa. Cetakan ke 4. 2012

Wlodkowski, Raymond. J dan Judith H. Jaynes. Motivasi Belajar Terjemah Chairul Annam. Yogyakarta : Cerdas Pustaka. 2004




DOI: 10.24235/tarbawi.v3i1.2856

Article Metrics

Abstract view : 533 times
PDF - 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Danar Rajak, Nur Wahdan, Iwan Iwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia