Pengembangan Bahan Ajar Al-Qur’an Hadits Menggunakan Pendekatan Tahapan Perkembangan Anak untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah
(1) MI Sananul Ula Bantul Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(3) MA Miftahussalam Demak
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan membuat produk bahan ajar mata pelajaran al-Qur’an Hadis pada materi Mengenal Huruf Hijaiyah yang sudah dikembangkan untuk diaplikasikan di MI Sananul Ula Piyungan dengan pengembangan model ADDIE. Desain penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D). Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas I MI Sananul Ula Piyungan, serta para validator yang sesuai dengan bidangnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar mapel alQur’an Hadis materi Mengenal Huruf Hijaiyah telah berhasil penulis kembangkan dengan menggunakan pendekatan tahapan perkembangan anak. Prototipe bahan ajar mengenal Huruf Hijaiyah terdiri atas 52 halaman yang berisi tiga kegiatan belajar. Kegiatan belajar pertama bertema Mengenal Huruf Hijaiyah, kegiatan belajar dua bertemakan Mengenal Harakat (Fathah, Kasroh dan Dhomah), dan kegiatan belajar tiga bertema Membaca Huruf Hijaiyah Berharakat. Adapun hasil validasi dari berbagai aspek penilaian telah menunjukkan nilai sangat baik/layak. Hasil uji coba menyatakan hasil pemahaman siswa yang meningkat, dengan rincian skor pre test yang menunjukkan rata-rata 3,43 dan pos test memiliki skor rata-rata 6,75. Hasil signifikansi sebesar 0.000 yang artinya; jika nilai signifikan menunjukkan < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar Mapel Al-Qur’an Hadis ini efektif untuk meningkatkan pemahaman materi materi mengenal huruf hijaiyah I untuk siswa kelas I MI Sananul Ula Piyungan.
Kata Kunci : Al-Qur’an Hadits; Bahan Ajar; Tahapan Perkembangan Anak.
Full Text:
PDF 16-44References
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Audifax, Yasraf Amir Piliang. 2018. Kecerdasan Semiotik; Melampaui Dialektika dan Fenomena. Yogyakarta: Aurora.
Aldila, Aulia. "Problematika Guru Fiqih Dalam Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Media E-Learning Madrasah di MAN 1 Bandar Lampung." Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal
Pendidikan Islam 7.2 (2022): 79-86.
Budianto, Mangun. 1995. Prinsip-prinsip Metodologi Buku Iqro’, prinsip Metodologi Buku Iqro’. Yogyakarta: Team Tadarus AMM.
Chatib, Munif & Alamsyah Said. 2012. Sekolah Anak-anak Juara Berbasis Kecerdasan Jamak dan Pendidikan Berkeadilan. Bandung: Mizan.
Maguire-Jack, K.; Yoon, S.; Chang, Y.; Hong, S. The Relative Influence of Family and Neighborhood Factors on Child Maltreatment at
Critical Stages of Child Development. Children 2022, 9, 163. https://doi.org/10.3390/children9020163
Mulyasa, 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan (Bidang Pendidikan Dan Teknik). Yogyakarta: UNY Press.
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Semiawan, Conny. 2008. Belajar dan Pembelajaran Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun Buku Kurikulum 2013. 2013. Buku Guru Al-Qur’an Hadis Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014.
Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Terj. Noermalasari Fajar Widuri. Yogyakarta: Erlangga.
Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. 2014. Proses Pembelajaran & Penilaiannya di SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK Sesuai Kurikulum 2013. Yogyakarta: Graha Cendekia.
Purwaka, Sigit. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Al-Qur’an Hadis Madrasah Ibtidaiyah (Materi Huruf Hijaiyah Kelas I Smemster I),
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 1 No 2 (2018).
Ratnawati, Dwi. 2011. Aplikasi Alat Bantu Ajar Hijaiyah Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash. Yogyakarta. Skripsi UNY.
Supianti, I. I., Yaniawati, P., Osman, S. Z. M., Al-Tamar, J., & Lestari, N. (2022). Development of teaching materials for e-learning-based
statistics materials oriented towards the mathematical literacy ability of vocational high school students. Infinity, 11(2), 237-254.
Suwartini, Y., Lustyantie, N., Suseno, M., Supriyati, Y., & Falani, I. (2022). The development of short story writing teaching materials
to improve student's writing skills: A metaphorming approach. International Journal of Instruction, 15(4), 915-934. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15449a
Wildan, Moch. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis dan Membaca Huruf Hijaiyah Menggunakan Bahasa Ibu untuk Pembelajar Pemula di TPQ Al Falah Kota Malang. Malang: Skripsi UIN
Maulana Malik Ibrahim.
Yunus, M., Amirullah, A., Safiah, I., Ridha, S. & Suartama, I.K (2022). Development of the CPOL design to improve the ability to develop
teaching materials. Cypriot Journal of Educational Science. 17(5), 1655-1670. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i5.7257
Zarkasi, Z. (2023). Implementation of Internet-Integrated Qur’an Hadith Teaching Materials to Improve Digital Literacy of
Students MAS Miftahussalam Demak Regency. Proceeding International Conference on Religion, Science and Education, , 397–402. Retrieved from
https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/icrse/article/view/
DOI: 10.24235/tarbawi.v8i1.14322
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF 16-44 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Arif Sirojul Mustafid, Marhumah Marhumah, Zarkasi Zarkasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.