Pendidikan Islam Era Transformasi Sosial Society 5.0: Studi Analisa Terhadap Hadis Nabi

Kiki Ayu Hermawati(1*),


(1) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Transformasi sosial era revolusi industri 4.0 ke society 5.0 ini memberikan dampak negatif kepada masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari pengunaan Gadget yang berlebihan, dan banyak terjadi degradasi moral di kalangan masyarakat. Peserta didik yang merupakan agent of change juga turut terkena imbas dari dampak negatif teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa terkait dengan transformasi sosial society 5.0 melalui perspektif hadis dan urgensi pendidikan Islam dalam mencegah dampak negatif transformasi society 5.0 tersebut. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan sumber data dari buku dan beberapa jurnal. Hasil penelitian ini berupa: Pertama, transformasi sosial society 5.0 sejatinya memiliki kedudukan yang penting untuk mengarahkan masyarakat ke smart society dan mengutamakan interaksi tanpa perbedaan dunia. Kedua, pendidikan Islam merupakan hal yang digunakan sebagai wadah membimbing, dan membantu seseorang menemukan potensi dalam dirinya agar bisa hidup dalam masyarakat. Ketiga, hadis nabi memandang bahwa transformasi sosial society 5.0 adalah suatu hal yang lumrah, namun sebagai umat Islam kita hanya boleh mengambil sesuatu yang bermanfaat dari perubahan tersebut. Keempat, pendidikan Islam memiliki kedudukan untuk menanamkan nilai dan norma agama di society 5.0 ini agar seseorang tidak terbawa dengan dampak negatif dari kemajuan teknologi.

Kata Kunci: Transformasi Sosial, Society 5.0, Hadis, Pendidikan Islam.


Full Text:

PDF 69-91

References


Abdul Hakam, Kamal, And Encep Syarif Nurdin. Metode Internalisasi Nilai-Nilai. Jakarta: Cv Maulana Media Grafika, 2016.

Abdullah Bin, Abdurrrahman Al-Bassam. Syarah Bulughul Maram. Jakarta: Pustaka Azzam, 2007.

Akhmad, Alim. Tafsir Pendidikan. Jakarta: Amp Press, 2014.

Baharuddin. Pengantar Sosiologi. Mataram: Sanabil, 2021.

Coelho, Pedro, Catarina Bessa, Jorge Landeck, And Cristovão Silva. “Industry 5.0: The Arising Of A Concept.†Procedia Computer Science 217 (2023): 1137–44. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procs.2022.12.312.

Febrianto, Arip, And Norma Dewi Shalikhah. “Membentuk Akhlak Di Era Revolusi Industri 4.0 Dengan Peran Pendidikan Agama Islam.†Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-Sd-An 8, No. 1 (January 6, 2021). Https://Doi.Org/10.31316/Esjurnal.V8i1.1049.

Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, And Fahrudin Fahrudin. “Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Perannya Dalam Membina Kepribadian Islami.†Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8, No. 2 (December 30, 2018): 218. Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V8i2.3397.

Ismunandar, Arif. “Dinamika Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Transformasi Sosial Masyarakat.†Jurnal Tarbawiyah 03, No. 2 (2019). Https://Doi.Org/10.32332/Tarbawiyah.V3i2.1810.

Kasman, Adi, M. Ikhwan, And Darlis Aziz. “Islamic Education As A Strengthening Of Aqidah And Akhlaq In The Society 5.0 Era.†Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 20, No. 2 (December 1, 2022): 181–89. Https://Doi.Org/10.21154/Cendekia.V20i2.4962.

Ketahanan Sosial, Direktorat Statistiik. Statistik Kriminal 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2021.

Mahmudi, Ibnu. “Urgensi Perilaku Keagamaan Pada Era Society 5.0.†Prosiding Snbk 3, No. 1 (2019).

Manyak, Nurdin. “Posisi Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Ilmu Iman Dan Amal Shaleh.†Jurnal Mudarrisuna 3, No. 2 (2013). Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V3i2.276.

Maskur Musa, Muhammad. “Peran Agama Dalam Perubahan Sosial.†Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat 14, No. 2 (2021). Http://Dx.Doi.Org/10.29300/Njsik.V14i2.5194.

Maya, Rahendra. “Perspektif Al-Qur’an Tentang Perubahan Sosial: Analisis Penafsiran Term Al-Taghyîr, Al-Ibtilâ‘, Al-Tamhîsh, Dan Al-Tamkîn.†Al - Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 3, No. 01 (June 7, 2018). Https://Doi.Org/10.30868/At.V3i01.255.

Mela, Lita. “Transformasi Sosial Dalam Pendidikan Islam Perspektif Hadis.†Jurnal Al Quds 6, No. 3 (2022). Http://Dx.Doi.Org/10.29240/Alquds.V6i3.4471.

Nugroho, Puspo. “Internalization Of Tolerance Values In Islamic Education.†Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 12, No. 2 (January 7, 2019): 197–228. Https://Doi.Org/10.21580/Nw.2018.12.2.2397.

Rahman, Abd, Lias Hasibuan, And Kasful Anwar Us. “Pendidikan Islam Dan Perubahan Sosial Serta Pembangunan Di Indonesia.†Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, No. 1 (2021). Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V2i1.

Rahmawati, Ulfah, Muhammad Ahlun Naza, Rizal Zakaria, And Ahmad Mushofihin. “Relevansi Pendidikan Islam Perspektif Gus Dur Di Era Milenial.†Jurnal Mudarrisuna 10, No. 1 (2020). Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V10i3.7059.

Ramayulis. Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Filosofis Sistem Pendidikan Islam. Jakarta Pusat: Kalam Mulia, 2015.

Rohman, Miftahur, And Hairudin. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial Kultural.†Jurnal Al-Takdzkiyyah 9, No. 1 (2018).

Roni, Muhammad, M. Anzaikhan, And Ismail Fahmi Arrauf Nasution. “Dinamika Sosial Dalam Pandangan Al-Qur’an: Analisis Penafsiran Term Al-Ibtilâ’.†Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 23, No. 2 (October 31, 2021): 136. Https://Doi.Org/10.22373/Substantia.V23i2.9475.

Salsabila, Unik Hanifah, Prima Laillatul Ramadhan, Naufal Hidayatullah, And Syifa Nur Anggraini. “Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan Agama Islam.†Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam 5, No. 1 (January 10, 2022): 1–17. Https://Doi.Org/10.52166/Talim.V5i1.2775.

Shidiq, Umar, Miftahcul Choiri, And Anwar Mujahidin. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Pendidikan. Ponorogo: Cv Nata Karya, 2019.

Sugiyono, And Yeyen Mariyani. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Suherman, Musnaini, Hadion Wijoyo, And Irjus Indrawan. Industry 4.0 Vs Society 5.0. Purwokerto: Pena Persada, 2020.

Sumartono. “Dinamika Perubahan Sosial Dalam Teori Konflik.†Ilmu Komunikasi Dan Bisnis 5, No. 1 (2019).

Suryono, Agus. Teori Dan Strategi Perubahan Sosial. Jakarta Timur: Pt Bumi Aksara, 2019.

Umar Noer, Khaerul. Pengantar Sosiologi Untuk Mahasiswa Tingkat Dasar. Jakarta Selatan: Perwatt, 2022.

Wahib, Ahmad. “Dampak Perubahan Sosial Budaya Dalam Pendidikan†7, No. 1 (2019).

Xu, Xun, Yuqian Lu, Birgit Vogel-Heuser, And Lihui Wang. “Industry 4.0 And Industry 5.0—Inception, Conception And Perception.†Journal Of Manufacturing Systems 61 (October 2021): 530–35. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jmsy.2021.10.006.

Yuristya, Adelina. “Keterkaitan Pendidikan, Perubahan Sosial Budaya,Modernisasi Dan Pembangunan.†Ijtamiyah 1, No. 1 (2017).

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.




DOI: 10.24235/tarbawi.v8i1.14060

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF 69-91 - 0 times

Refbacks



Copyright (c) 2023 Kiki Ayu Hermawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia