Metodologi Falsifikasi Karl R. Popper dan Implementasinya dalam Membangun Pemahaman Inklusif
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
(2) Universitas Islam Lamongan
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasikan metodologi falsifikasi Karl Popper secara mendalam sehingga dapat dibuat sebuah konsep untuk diterapkan dalam membangun pemahaman inklusif. Metode penelitian menggunakan library research atau kepustakaan. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan filsafat yang digunakan untuk melakukan analisis isi melalui metode fenomenologi yang kemudian diambil sebuah kesimpulan dari berbagai pemikiran tersebut. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa gagasan Popper yang menyatakan bahwa capaian terbaik dari teori adalah kemungkinan mencapai keenaran, bukan kepastian benar, merupakan sebuah gagasan yang sangat menghindari apa yang disebut dengan klaim kebenaran suatu golongan. Hal ini jika diterapkan secara berkelanjutan akan dapat mengikis fenomena eksklusivitas golongan, serta dapat membangun pemahaman inkusif.
Full Text:
PDF 109-131References
Abdullah, M. Amin. Pendidikan Agama Era Multikultural-Multireligius. Jakarta: PSAP, 2005.
Afrizal, Heri. “Filsafat Pemikiran Karl Raimund Popper (Studi Analisa-Deskriptif) Oleh: Lalu Heri Afrizal Prolog,†n.d.
Antara, and Aminullah. “Polisi Tangkap 10 Pelaku Perusakan Rumah Ibadah Ahmadiyah.†Tempo.Co, September 5, 2021. https://nasional.tempo.co/read/1502745/polisi-tangkap-10-pelaku-perusakan-rumah-ibadah-ahmadiyah.
Chalmers, Alan Francis. Apa Itu Yang Dinamakan Ilmu. Jakarta: Hasta Mitra, 1983.
Dochmie, Mohammad Rivaldi. “Keilmiahan Ilmu-Ilmu Islam Ditinjau Dari Prinsip Falsifikasi Karl Popper.†In Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains. Vol. 1, 2018.
Dominggus, Hyronimus Ario, and Pius Pandor. “Membangun Societas Dialogal-Negosiatif Dalam Menangkal Radikalisme Agama Berdasarkan Perspektif Filsafat Relasionalitas Riyanto.†JISA: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama 5, no. 1 (2022).
Harahap, Rosmaida, Ahmad Tarmizi Hasibuan, Sangkot Sirait, Fitri Yuliawati, and Namiroh Lubis. “Teori Falsifikasi Karl Raimund Popper Dan Kontribusinya Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa Usia Dasar.†MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman 10, no. 2 (December 2019).
Harmi, Hendra. “Tradisi Pendidikan Multikultural Pada Kampus-Pesantren STIQ An Nur Yogyakarta.†Fokus:Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 6, no. 1 (2021).
Huda, M. Syamsul. “Karl Raimud Popper: Problem Neopositivistik Dan Teori Kritis Falsifikasi.†ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 2, no. 1 (2007).
Karimah, Nur Rizqiyah Al. “Pola Komunikasi Guru Dalam Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Islam Inklusif-Multikultural.†Jurnal Pustaka Komunikasi 3, no. 1 (2020).
Komarudin, Komarudin. “FALSIFIKASI KARL POPPER DAN KEMUNGKINAN PENERAPANNYA DALAM KEILMUAN ISLAM.†At-Taqaddum 6, no. 2 (April 2016): 444–465.
Nur., M. “REVIVALISASI EPISTEMOLOGI FALSIFIKASI.†IN RIGHT: Jurnal Agama dan Hak Azazi Manusia 2, no. 1 (March 2017).
Rabiaty, Rahmi. “Epistemologi Karl Raymond Popper Dan Kontribusinya Pada Studi-Studi Keislaman.†Al-Falah 19, no. 1 (2019).
Rahman, Saifur. “RELEVANSI EPISTEMOLOGI KARL R. POPPER DALAM PEMIKIRAN ISLAM.†KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 9, no. 2 (December 2017): 138–149.
———. “Relevansi Epistemologi Karl R. Popperdalam Pemikiran Islam.†Komunike 9, no. 2 (2017).
Ramadhan, Ossi Marga, Opik Taufik Kurahman, Supiana, and Hisny Fajrussalam. “Pengembangan Sikap Keberagamaan Remaja Melalui Pendidikan Sufistik.†FOKUS: Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 6, no. 2 (2021).
Saepullah, Asep. “Epistimologi Falsifikasionisme Karl R. Popper: Relevansinya Bagi Teologi Dan Pemikiran KeIslaman.†Jurnal Of Islamic Sivilization 2, no. 2 (2020).
Salma, Hasan Bastomi, and Lathifatun Nisa’. “Upaya Pemerintah Desa Karangsari, Cluwak-Pati Dalam Menyemai Sikap Toleransi Dikalangan Masyarakat.†FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 6, no. 2 (2021).
Shihab, Quraish. Islam Yang Saya Pahami. Jakarta: Lentera Hati, 2020.
Ulum, Bahrun. “Inklusifistas Pemikiran Dan Pendidikan Islam.†At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 4, no. 1 (2020).
Yuslih, Muhammad. “Epistemologi Pemikiran Karl R Popper Dan Relevansinya Dengan Pemikiran Islam.†Journal Scientific of Mandalika (JSM) 2, no. 9 (2021).
Yusuf, Mohamad Yasin. “Pendidikan Islam Inklusif-Multikultural Dalam Perspektif Teori Gestalt.†Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2014).
Zayyadi, Ach., Najiburrahman, Abu Khaer, and Wilandari. “Konsep Kafir Perspektif Quraish Shihab Dan Implikasinya Dengan Konteks Keindonesiaan.†Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 8, no. 1 (2022).
Zuhri, Saefudin, Diding Nazmudin, and Ahmad Asmuni. “Konsepsi Pendidikan Karakter Menurut Al-Zarnuji Dan Thomas Lickona.†Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2022).
DOI: 10.24235/tarbawi.v8i1.13473
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF 109-131 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 May Sarah, M. Afiqul Adib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.