Upaya Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 15 Bandar Lampung

Agus Pahrudin(1), Saiful Bahri(2), Rio Renaldi(3*),


(1) UIN Raden Intan Lampung
(2) UIN Raden Intan Lampung
(3) UIN Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak 

Upaya guru pendidikan agama Islam menjadi prioritas utama dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah. Peran guru sebagai pendidik merupakan teladan, panutan, dan tokoh yang diidentifikasikan oleh peserta didik. Kedudukan sebagai pendidik menuntut guru untuk membekali diri dengan pribadi yang berkualitas berupa tanggungjawab, kewibawaan, kemandirian, dan kedisiplinan. di sekolah tersebut akan tercipta budaya yang bersifat keagamaan dan sikap toleransi beragama.Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yakni dalam bentuk narasi atau paragraf dan bukan berupa angka-angka melalui proses pengumpulan data, reduksi data. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian dapat disimpulkan guru PAI memiliki peran sebagai pendidik, fasilitator, motivator dan juga konselor. Dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama atau upaya penanaman toleransi beragama peserta didik di SMA Negri 15 Bandar Lampung mengadakan beberapa penanaman nilai toleransi Upaya guru pendidikan agama islam adalah sebagai role model yaitu penanaman nilai-nilai toleransi beragama peserta didik yang di terapkan oleh guru berupa: Sikap saling menghormati, menghargai, dan menolong. Memberikan pembelajaran pendidikan pada peserta didik dengan selalu menghubungkan dengan prilaku toleransi beragama seperti, membangun 3S (Senyum, salam sapa) dan tidak menjelekan satu sama lain.

Kata Kunci : Guru PAI, Upaya Penanaman Toleransi Beragama

 


Full Text:

PDF 168-183

References


Abu Ahmad, Dasar -Dasar Pendidikan Agama Islam (jakarta: Bumi Aksara, 2008)

Abudin Nata, Ilmu Pendidikan Islam (jakarta: Kencana, 2010)

Ahwan Fanani, Hubungan Antar Ummat Beragama Dalam Perspektif Lembaga Organisasi Keagamaan (Islam) (Semarang: Puslit IAIN Wali Songo, 2010)

Ainul Yaqin, Pendidikan Multikultural; Cross-Cultural Understanding Untuk Demokkrasi Dan Keadila (Yogyakarta: Bumi Aksara, 2000)

Ala Abu Bakar, Islam Yang Paling Toleran (jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006)

Amirullah Syarbini, Al-Qur’an Dan Kerukunan Ummat Beragama (Bandung: Quanta, 2011)

Ary Ginanjar Agustian, Emotional Spritual Quotient (jakarta: Arga, 2008)

Azyumardi Azra, Bingkai Teknologi Kerukunan Hidup Antar Ummat Bergama Perspektif Islam (jakarta: Gunung Mulia, 2006)

Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam Dirasah Islamiah II (jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011)

Dyayadi, Kamus Lengkap Islamologi (Yogyakarta: Qiyas, 2009)

Indrawan WS, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (jombang: lintas media)

Ismail SM, Strategi Pembelajaran PAI Berbasis PAIKEM, (Semarang: Rasail, 2009)

Isriani Hardini, Strategi Pembelajaran Terpadu Teori, Konsep Dan Implementasi (jakarta: Group Relasi Inti Media, 2006)

Jamil Suprihatiningrum, Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi (Yogyakarta: ArRuzz Media, 2014)

Joko Subagyo, Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek (jakarta: Rineka Cipta, 2004)

Mahmud Arif, Standar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (Yogyakarta: Idea Press)

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradikma Pengembangan Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran (jakarta: Rajawali Press, 2013)

Nunuk Suryani dan Leo Agung, Strategi Belajar Mengajar (Yogyakarta: Ombak, 2012)

Oemar Hamalik, Kurikulum Dan Pembelajaran (jakarta: Bumi Aksara, 2005)

Pasuardi suparlan, Pembentukan Karakter (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)

Peter Salim dan Yeni Salim, Kamus Besar Bahasa Indonesis (jakarta: modern english press, 2005)

Ramayulis, Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan (jakarta: Radar Jaya Offset, 2015)

Rina Rehayati, ‘Mengembangkan Potensi Positif Dalam Beragama’, Kerukuna Horizontal, 1 (2009)

Somad, dkk, Pendidikan Agama Islam (jakarta: Universitas Trisakti, 2007)

Sufa’at Mansur, Toleransi Dalam Agama Islam (Yogyakarta: Harapan Kita, 2012)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, 14th edn (Bandung: Alfabeta, 2011)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (jakarta: Rineka Cipta, 2005)

Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian, Edisi 1 (jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008)

Syamsul Ma’arif, Pendidikan Pluralisme Di Indonesia (Yogyakarta: Logung Pustaka, 2005)

Tirmizi Taher, Berislam Secara Moderat (jakarta: Garafindo Khazanah ilmu, 2007)

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (jakarta: Kencana, 2006)

Yasir, Muhammad, ‘Makna Toleransi Dalam Al-Qur ’ an’, XXII.2 (2014)

Yusuf Al-Qardhawi, Distorsi Sejarah Islam (jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005)




DOI: 10.24235/tarbawi.v8i1.13448

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF 168-183 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agus Pahrudin, Saiful Bahri, Rio Renaldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia