Konsep Pendidikan Moderasi Berbasis al-Quran dalam Upaya Pencegahan Radikalisme

Lili Sholehuddin Badri(1*),


(1) STISA Abdullah bin Masud Online Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian adalah memaparkan konsep pendidikan moderasai berlandaskan al-Quran dan implementasinya dalam upaya menangkal paham dan perilaku radikalisme, terorisme dan intoleran yang telah menyebabkan berbagai huru-hara dan konflik di dalam tatanan masyarakat serta berimbas pada terjadinya polarisasi pranata sosial.. Metode penelitian ini adalah menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif, tergolong pada jenis kepustakaan. Yaitu membaca, mencermati dan menelaah buku-buku, jurnal-jurnal dan berbagai sumber data yang relevan dengan topik penelitian. Teknik penggalian data adalah dokumentasi. Sementara analisis data menggunakan teori triangulasi. Yaitu menginventarisasi data informasi, mengelompokkan, menimbang-nimbang, menganalisa dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa pendidikan moderasi berbasis al-Quran dapat dilaksanakan di semua satuan tingkat pendidikan formal maupun nonformal yang terepresentasikan pada penguatan bahan ajar bernuansa moral, karakter dan akhlak yang menumbuh suburkan sikap kasih sayang, fleksibilitas, keterbukaan berpikir, dan ketakwaan kepada Allah SWT serta meredam berbagai perilaku amoral, tindakan destruktif dan munculnya paham-paham intoleran.

Kata Kunci: Pendidikan Moderasai, al-Quran, Radikalisme

 


Full Text:

PDF 45-68

References


Aksa, A. Gerakan Islam Transnasional: Sebuah Nomenklatur, Sejarah Dan Pengaruhnya Di Indonesia. Yupa: Historical Studies Journal, Vol.1 No.1 (2007), 1–14. https://doi.org/10.30872/yupa.v1i1.86

Alam, M. Studi Implementasi Pendidikan Islam, Jurnal Islamika. Islamika, Vol 17 No.2(2017),: 87–93.

Aminuddin, dkk, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi, cet. 1 (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002), h.153

Aminuddin, dkk, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi, cet. 1 (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002), h.153

Amrullah, M. K., & Islamy, M. I. Moderasi Beragama: Penanaman Pada Lembaga Pendidikan Formal Dan Nonformal. NIZHAM: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 9No.2(2021), 57–69.

Awaluddin, A. Fajar. (2021).Konsep Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Al-Quran. Jurnal Al-Walad. 2(1), 379-388

Az-Zuhaili, Wahbah. 2012. At-Tafsir Al-Wasith, Terj. Muhtadi, Jakarta, Gema Insani, hlm.493-494

Bakri, S., Hasan, A. K., Rohmadi, Y., & Purwanto. (2019). Reviewing The Emergence Of Radicalism In Globalization: Social Education Perspectives. International Journal of Innovation, Creativity and Change,Vol.6 No. 9, 363–385.

Dakir, D., & Anwar, H. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren Sebagai Core Value; Dalam Menjaga Moderasi Islam Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 3(2), 495–517.

Darlis. (2017). Menyusung Moderasi Islam Ditengah Masyarakat Yang Multikultural. Rausyan Fikr: Jurnal Studi Ilmu Ushuluddin Dan Filsafat, 13(2), 225–255. https://doi.org/10.24239/rsy.v13i2.266

Darmadji, Ahmad. “Pondok Pesantren Dan Deradikalisasi Islam Di Indonesiaâ€, Jurnal Millah, (Vol. 11, No. 1, Tahun 2011), hlm. 236

Dera Nugraha (2020) The Implementation of Religious Moderation Values in Islamic Education Learning at Cendekia Islamic Junior High School, Cianjur Regency, Indonesia. Jurnal Kuriusitas; Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan 13(2), 219-235.

Erzad, Azizah Maulina and Suciati Suciati. (2018). “The Exsistence of Kudus Islamic Local Culture to Prevent Radicalism in Globalization Era.†QIJIS: Qudus International Journal of Islamic Studies 6(1): 39–56. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v1i1.3460.

Et al., M. S. (2021). Religion As a Cultural System: a Multiculturalism Education Model in Bali Based on Local Tradition. Psychology and Education Journal, 58(1): 4198–4206. https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.1483

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama Di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100. https://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640

Faisal, Muhammad. Title : MANAJEMEN PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI ERA DIGITAL,‛ ICRHD: Journal of Internantional Conference on Religion, Humanity and Development, vol. 1, April 26, 2020, https://doi.org/10.24260/ICRHD.V1I1.17.

Faizah, R. (2020). Penguatan Wawasan Kebangsaan Dan Moderasi Islam Untuk Generasi Millenial. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 8(1), 38–61.

Habibie, M. Luqmanul Hakim, Muhammad Syakir Al Kautsar, Nor Rochmatul Wachidah, Anggoro Sugeng. (2021) Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Moderatio : Jurnal Moderasi Beragama. 01(1),121-150,doi:

Hapidin, Ahmad. Implementasi Konsep Perbuatan Baik dan Buruk di MA Al Azhar Citangkolo. Jurnal al-Tarbawi al-Haditsah,Vol. 7 No. 2 (2022), hlm. 5 https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.45151. DOI: 10.24235/tarbawi.v7i2.11080.

Hapidin,Ahmad. Implementasi Konsep Perbuatan Baik dan Buruk di MA Al Azhar Citangkolo. Jurnal al-Tarbawi al-Haditsah, Vol. 7 No. 2 (2022), hlm. 5 DOI : 10.24235/tarbawi.v7i2.11080

Harto. (2021) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PAI BERWAWASAN ISLAM WASATIYAH : UPAYA MEMBANGUN SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam,‛ accessed July 4, 2021, https://journal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1280.

Haryani, E. (2020). Pendidikan Moderasi Beragama Untuk Generasi Milenia: Studi Kasus ‘’Lone Wolf†Pada Anak di Medan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(2), 145–158. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i2.710

Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1): 1–22. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182

Islam, T., & Khatun, A. (2015). “Islamic Moderation†In Perspectives: A Comparation Between Oriental And Occidental Scholarships. International Jaournal Of Nusantara Islam, 03(02), 69–78. https:// doi.org/10.15575/ijni.v3i2.1414

Islam, Tazul, and Amina Khatun. 2015. “Islamic Moderation in Perspectives: A Comparison Between Oriental and Occidental Scholarship.†International Journal of Nusantara Islam 3(2): 69–78. DOI: https://doi.org/10.15575/ijni.v3i2.1414.

Ismail, Achmad Satori, dkk., Islam Moderat, Menebar Islam Rahmatan lil’alamin,( Jakarta: Pustaka Ikadi, 2012), Cet. II. hlm.10

John W Creswell, Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran, Empat (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019).

Juditha, C. (2018). Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial Serta Antisipasinya. Journal Pekommas, 3(1): 31–34.

Khotimah, Husnul. INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA DALAM KURIKULUM PESANTREN,‛ Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (January 27, 2020): 62, https://doi.org/10.19105/rjpai.v1i1.3008.

Kosasih, Engkos. Literasi Media Sosial Dalam Pemasyarakatan Sikap Moderasi Beragama,‛ Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (December 27, 2019): 263–96, https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.118.

Ma’luf, Luwis. Munjid fi al-Lughah wa A’lÄm, (Beirut: DÄr al-Masyriq, 1986), hal: 915

Manshur, F. M. (2020). Promoting Religious Moderation Through Literary- Based Learning: A Quasi-Experimental Study. International Journal Of Advanced Science And Technology, 29(06), 5849–5855.

Mattew Milles, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, Third (USA: SAGE, 2014).

Miswari, Zuhairi. Al-Qur'an Kitab Toleransi: Inklusivisme, Pluralisme, dan Multikulturalisme, (Jakarta: Fitrah, 2007), hlm. 86

Moleong, J. L. Metodologi Penelitian Kuantitatif. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017).

Muhammad Misbah, Ikhsan Nur Fahm, (2021) Internationalization of Islamic Moderation Values in PAI Learning at SMA Ma’arif NU i Banyumas. Al-Qalam Jurnal Penelitian Agama dan Sosial Budaya, 27 (1), 131-141. DOI:doi.org./10.31969/alq

Muqoyyidin, Andik Wahyun. (2013) “Membangun Kesadaran Inklusif-Multikultural untuk Deradikalisasi Pendidikan Islamâ€, Jurnal Pendidikan Islam, 2 (1),133.

Naj’ma, Dinar Bela Ayu, Syamsul Bakri. (2021) Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan. Academica, Journal of Multidiciplinary Studies 5(2), 422-434

Prasetiawan, A. Y. (2020). Dimensi Ideologis Pendidikan Sejarah Islam pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah The Ideological Dimensions of Islamic History Education in the History of Islamic Culture ’ s Material at Madrasah Aliyah. Jurnal SMaRT, 6(2): 187–202.

Prasetiawati, E. (2017). Urgensi Pendidikan Multikultur untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama di Indonesia. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(02): 272. https://doi.org/10.32332/tapis.v1i02.876

Priatmoko, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren Di Madrasah. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.52166/mida.v4i1.601

Rohinah, R. (2019). Re-Konsientisasi dalam Dunia Pendidikan (Membangun Kesadaran Kritis Melalui Pemikiran Paulo Freire). Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1): 1. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i1.2355

Rozak, A. (2015). Political Thoughts and Socio-Cultural Nationalism Ideologies of Nurcholis Madjid on Strengthening Democracy, Civil Societies and Civic Virtues in Indonesia. Asian Social Science International Journal, 11(27): 142–145.

Sabic-El-Rayess, A. (2020). Epistemological Shifts In Knowledge And Education In Islam: A New Perspective On The Emergence Of Radicalization Amongst Muslims. International Journal Of Educational Development, 73(December 2019), 102148. https://doi. org/10.1016/j.ijedudev.2019.102148

Saihu, M. (2020b). Unity in Diversity: Humanism-Theocentric Paradigm of Social Education in Indonesia. GlobeEdit: International Book Market Service Ltd.

Saihu, Made (2022). Moderasi Pendidikan: Sebuah Sarana Membumikan Toleransi dalam Dunia Pendidikan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02), 629-649. DOI: 10.30868/ei.v11i02.2651

Shihab, M. Quraish Wawasan Al-Qur’an, Tafsir Maudhu’I Atas Pelbagai Persoalan Umat, Mizan, Bandung, cetakan II 1996, hal. 531

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Volume 5, (Ciputat, Lentera Hati, 2010), hlm. 302-303

Shihab, M. Quraish. Wasathiyyah, (Tagerang: PT. Lentera Hati, 2019), x-xi

Solichin, M. M. (2010). Pendidikan Islam moderat Dalam Bingkai Kearifan Lokal. IAIN Madura.

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi. org/10.37302/jbi.v12i2.113

Thabathaba'i, Muhammad Husain. Al-Mizan: An Exegesis of Qur'an Volume 2, Ter. Ilyas Hasan, (Jakarta: Lentera, 2010), hlm. 234-235.

Thanthawi, Muhammad Sayyid .At-Tafsir Al-Washit, Juz I (Kairo: Nahdah al-Misr, 1997 ), hal: 13

Wibisono, S., Louis, W. R., & Jetten, J. (2019). A Multidimensional Analysis Of Religious Extremism. Conceptual Analysis, 10, 1–12. https://doi. org/10.3389/fpsyg.2019.02560

Yazid, A. 2014. Abu Yazid, Islam Moderat. Jakarta: Erlangga, 52.

Zeid B. Smeer and Inayatur Rosyidah (2021). RELIGIOUS MODERATION IN ISLAMIC EDUCATION LEARNING TO COUNTER RADICALISM: Study at SMAN 1 Sugihwaras. Jurnal Ulul Albab 22(1), 176-202. DOI: https://doi.org/10.18860/ua.v22i1.11611




DOI: 10.24235/tarbawi.v8i1.13397

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF 45-68 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lili Sholehuddin Badri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia