Pendekatan Student Centered Learning Melalui Metode Talking Stick dan Pengaruhnya Terhadap Keaktifan Belajar PAI
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendekatan student centered learning menjadi pendekatan yang populer dalam dunia pendidikan sebagai upaya dalam mengatasi kekurangan pada pendekatan teacher centered learning. Namun sayangnya pada pembelajaran PAI pendekatan ini masih sangat minim diterapkannya. Hal ini disebabkan karena minimnya kemampuan guru dalam memahami dan mengemas tugas-tugasnya. Maka dari itu, perlu dilakukan upaya dengan memilih metode pembelajaran yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh metode pembelajaran talking stick dalam menerapkan pendekatan student centered learning berlandaskan keaktifan belajar siswa pada jenjang sekolah menengah pertama. Untuk menguraikan masalah tersebut maka dilakukan penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode quasy experiment desain nonequivalent control group design guna mengetahui pengaruh metode pembelajaran talking stick dalam menerapkan pendekatan student centered learning. Setelah diberlakukannya metode pembelajaran talking stick terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran talking stick dengan yang tidak. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran talking sctik bisa menjadi alternatif dalam menerapkan pendekatan student centered learning.
Kata Kunci: Student Centered Learning, Talking Stick, Pembelajaran PAI
Full Text:
PDF 181-196References
Abidin, Zainal. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa SMP.†Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Dan Terapan 3 (1): 1–6.
Antika, Reza Rindy. 2014. “Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif Di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul 'Izzah, Nganjuk" Hal.†BioKultur. Vol. III.
Astuti, Siwi Puji. 2015. “Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika.†Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5 (1): 68–75.
Ayuningtyas, Liza Laras, Ahmad Yamin, and Suparman. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Di SMP Negeri 3 Alas Barat Kabupaten Sumbawa Tahun Ajaran 2022 / 2023 Sekolah Pascasarjana Program Studi Magister Manajamen Inovasi Universitas Tenknologi Sumbawa Program.†Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) 9 (1): 602–9.
Dimyati, and Mujino. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Efendi, Ikwan. 2017. “DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI BERBASIS TECHER AND STUDENT-CENTER.†Edureligia 1.
Emaliana, Ive. 2017. “Teacher-Centered or Student-Centered Learning Approach to Promote Learning?†Jurnal Sosial Humaniora 10 (2): 59–70.
Erpina, Maridjo Abdul Hasjmy, and Asmayani Salimi. 2014. “Pengaruh Kooperatif Teknik Talking Stick Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sd.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3 (9): 13.
Ginting, Pirman, Yenni Hasnah, and Selamat Husni Hasibuan Fakultas. 2019. “PKM Pelatihan Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Student Centered Learning (SCL) Bagi Guru SMP Di Kecamatan Medan Deli.†Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyaraka 4 (3): 58–72.
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kristin, Firosalia. 2016. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd.†Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6 (2): 74.
Magdalena, Ina, Hadana Nur Fauzi, and Raafiza Putri. 2020. “Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya.†Jurnal Pendidikan Dan Sains 2 (2): 244–57.
Masganti, Siti. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Medana: Perdana Publishing.
Medriati, Rosane, and Eko Risdianto. 2020. “Penerapan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Komunikatif Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester III Universitas Bengkulu.†Jurnal Kumparan Fisika 3 (1): 67–74.
Menteri Pendidikan, Peraturan, and Dan Kebudayaan. n.d. “PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 65 TAHUN 2013 TENTANG STANDAR PROSES PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH.â€
Sari, Mia Zultrianti, Agus Gunawan, Yani Fitriyani, and Nurul Hilaliyah. 2020. “Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri 1 Ciporang.†DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4 (2): 197.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Kemendikbud.
Suyono, and Hariyanto. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
“UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.†n.d.
Widiosworo. 2017. Masalah-Masalah Peserta Didik Dalam Kelas Dan Solusinya. Yogyakarta: Araska.
Yusnita, Novi cynthia, and Muqowim. 2020. “Pendekatan Student Centered Learning Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Dan Mandiri Anak Di TK Annur II.†Jurnal Ilmiah Potensia 5 (2): 116–26.
DOI: 10.24235/tarbawi.v8i1.13187
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF 181-196 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Farid Abdullah Helmy, Edi Suresman, Mokh. Iman Firmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.