Implementasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Jawa di Sekolah Dasar Antawirya Krian
(1) UIN Sunan Ampel Surabaya
(2) UIN Sunan Ampel Surabaya
(3) UIN Sunan Ampel Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Purwati, and Tuti Kusniarti. “Character and Local Wisdom-Based Instructional Model of Bahasa Indonesia in Vocational High Schools.†Journal of Education and Practice 8, no. 5 (2017): 23–29.
Aqil, Deden Ibnu. Kearifan Lokal Di Tengah Modernitas. Jakarta: Perpustakaan Nasional Indonesia, 2021.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Prenada Media, 2019.
Bluemle, Stefanie R, Amanda Y Makula, and Margaret W Rogal. “Learning by Doing: Performance Assessment of Information Literacy across the First-Year Curriculum.†College & Undergraduate Libraries 20, no. 3–4 (2013): 298–313.
Dewantara, Ki Hadjar. “Some Aspects of National Education and the Taman Siswa Institute of Jogjakarta.†Indonesia, no. 4 (1967): 150–68.
Dharmamulya, Sukirman. Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press, 2005.
Kosasih, E. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Kurniati, Euis. Permainan Tradisional Dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Kencana, 2016.
Latief, Hilman, and Zezen Zainal Mutaqin. Islam Dan Urusan Kemanusiaan. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2015.
Maarif, Ahmad Syafii. Islam Dalam Bingkai Keindonesiaan Dan Kemanusiaan: Sebuah Refleksi Sejarah. Bandung: PT Mizan Publika, 2009.
Makin, Al. Keragaman Dan Perbedaan: Budaya Dan Agama Dalam Lintas Sejarah Manusia. Yogyakarta: Suka-Press, 2016.
Marzoan, Marzoan, and Hamidi Hamidi. “Permainan Tradisional Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa.†Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi 2, no. 1 (2017): 62–82.
MN, Aguk Irawan. Pesan Al-Quran Untuk Sastrawan : Esai-Esai Budaya Dan Agama. Yogyakarta: Jalasutra, 2013.
Mudlofir, Ali, and Evi Fatimatur Rusydiyah. “Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik,†2016.
Musbikin, Imam. Penguatan Karakter Kemandirian, Tanggung Jawab Dan Cinta Tanah Air. Jakarta: Nusamedia, 2021.
Noor, Ady Ferdian, and Sugito Sugito. “Multicultural Education Based in Local Wisdom of Indonesia for Elementary Schools in the 21st Century.†Journal of International Social Studies 9, no. 2 (2019): 94–106.
Historia - Majalah Sejarah Populer Pertama di Indonesia. “Pangeran Diponegoro Hulunya Gerakan Kemerdekaan,†October 16, 2017. https://historia.id/politik/articles/pangeran-diponegoro-hulunya-gerakan-kemerdekaan-PGjK7.
Prabhu, Ramachandra Krishna, and Udupi Ramachandra Rao. The Mind of Mahatma Gandhi. Navajivan Publishing House Ahmedabad, 1967.
Prasetia, Senata Adi. "Reorientasi, peran dan tantangan pendidikan Islam di tengah pandemi." Tarbawi 9.1 (2020): 21-37.
Ramdani, Emi. “Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter.†JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10, no. 1 (2018): 1–10.
Riyanto, Armada, Johanis Ohoitimur, CB Mulyatno, and Otto Gusti Madung. Kearifan Lokal~ PANCASILA. Butir-Butir Filsafat Keindonesiaan. Penerbit Kanisius, 2015.
Roosevelt, Theodore. The New Nationalism. Outlook Company, 1910.
Rusman, Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media, 2017.
Salsabili, Hermawan, Muhammad Alwi dan Eko Satriya. “Perkembangan Sekolah Dasar Antawirya (Antawirya Islamic Javanese School) Junwangi Krian Sidoarjo Tahun 2015-2021.†AVATARA, no. 12 (2) (2022): 1–13.
Sholikhah, Al Mar’atus. “Implementasi Bahasa Jawa Dan Dolanan Nusantara Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa Di SD Antawirya (Islamic Javanese School), Junwangi, Krian,†2019.
Sujarno. Pemanfaatan Permainan Tradisional Dalam Pembentukan Karakter Anak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Balai Kepustakaan Yogyakarta, 2013.
Sumardjoko, Bambang, and Muhamad Musyiam. “Model of Civic Education Learning Based on the Local Wisdom for Revitalizing Values of Pancasila.†Jurnal Cakrawala Pendidikan 37, no. 2 (2018).
Thobroni, Muhammad. Belajar & Pembelajaran: Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Thompson, Peter. “Learning by Doing.†Handbook of the Economics of Innovation 1 (2010): 429–76.
Tim Kreatif, L. K. M. Restorasi Pendidikan Indonesia Menuju Masyarakat Terdidik Berbasis Budaya. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Himatil‘Ula, Nurul, and Senata Adi Prasetia. "Performative Analysis Of Rajah Syekh Subakir In Tawing Village, Trenggalek Perspective Of Living Qur'an." Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadis 21.2 (2020): 313-330.
CakNun.com. “Unggah-Ungguh • CakNun.com,†December 30, 2017. https://www.caknun.com/2017/unggah-ungguh/.
Utari, Unga, and I Nyoman Sudana Degeng. “Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).†Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 1, no. 1 (2017): 39–44.
Zaim, Muhammad. “Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran Dan Hadits (Isu Dan Strategi Pengembangan Pendidikan Islam).†Muslim Heritage 4, no. 2 (2019).
DOI: 10.24235/tarbawi.v9i1.13181
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Siti Firqo Najiyah, Senata Adi Prasetia, Zayyin Nabiila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.