Model Pemrosesan Informasi dan Kualitas Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Pai Di SMPN 28 Bandung

Muhammad Naufal Salamuddiin(1*),


(1) Universtas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis menjadi sebuah keniscayaan dan sangat diperlukan di era revolusi industri 4.0 dan era society 5.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil dari penerapan model pemrosesan informasi dalam rangka meningkatkan berfikir kritis siswa SMPN 28 Bandung. Model pembelajaran action research dipilih peneliti untuk melihat gambaran dari efektivitas model pembelajaran ini. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa model pemrosesan informasi mampu menunjang tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan parameter dari nilai sebagian besar siswa berada pada kriteria berpikir kritis dan sangat kritis. Berdasarkan temuan ini menegaskan bahwa isu model pembelajaran merupakan hal esensial dalam sebuah proses pendidikan. Dari hasil penelitian yang diperoleh semakin menegaskan informasi penelitian sebelumnya bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat dibangun melalui model yang tepat di mana sebelumnya telah dipertimbangkan secara matang. Penelitian ini merekomendasikan kepada guru dalam memilih model pembelajaran pemrosesan informasi dan sebagai guru wajib untuk mengembangkan kemampuan siswa agar dapat berpikir kritis

Kata Kunci: Model, Informasi, Siswa, Kritis


Full Text:

PDF 1-15

References


Abidin, Zainal. 2012. “Intuisi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Dalam Pemecahan Masalah Matematika Divergen.†Madrasah 2 (1): 66–75. https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.1442.

Anakotta, Garry Leonard, and Satriyo Adhy. 2018. “Perancangan Dan Implementasi E-Commerce Dengan Segmentasi Harga Menggunakan Metode Pengembangan Spiral (Studi Kasus : CV. Citra Mandiri Bandarlampung).†Jurnal Masyarakat Informatika 9 (1): 40–49. https://doi.org/10.14710/jmasif.9.1.31520.

Andini, Selfi Rahmi, and Yanti Fitria. 2021. “Pengaruh Model RADEC Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 5 (3): 1435–43.

https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/960.

Aziz, Baqi Rafika. 2020. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Melalui Nilai-Nilai Religius Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Wahid Hasyim Malang.†Universitas Islam Malang 5: 109–15.

Chiu, Wan Yu, Gi Zen Liu, Neil E. Barrett, Meei Ling Liaw, Gwo Jen Hwang, and Chih Chung Lin. 2021. “Needs Analysis-Based Design Principles for Constructing a Context-Aware English Learning System.†Computer Assisted Language Learning 0 (0): 1–27. https://doi.org/10.1080/09588221.2021.1905666.

Creswell, John W, Daliborka Luketić SveuÄiliÅ¡te U Zadru, and Odjel Za Pedagogiju. n.d. “Research Desing: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (3 Rd Edition) (Nacrt Istraživanja: Kvalitativni, Kvantitativni i MjeÅ¡oviti Pristupi).â€

Direktorat Jenderal PAUD dan DIKMAS. 2018. “Prosedur Operasi Standar Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Program Pembelajaran Individual.†Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, no. 021: 1–17.

Doringin, Ferry, Nensi Mesrani Tarigan, and Johny Natu Prihanto. 2020. “Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.†Jurnal Teknologi Industri Dan Rekayasa (JTIR) 1 (1): 43–48.

https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17.

Drs. Jawane Malau, MM. 2006. “MODEL-MODEL PEMBELAJARAN.â€

Hartoto, Tri. 2016. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah.†Historia 4 (2): 131. https://doi.org/10.24127/hj.v4i2.553.

Latief, Suryawahyuni, and Yulfi Alfikri Noer. 2020. “Penerapan Metode Directed Reading Activity (Dra) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Matakuliah Komunikasi Pemerintahan Di Prodi Ilmu Pemerintahan Uin Sts Jambi.†Jurnal Literasiologi 3 (1): 67–78. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i1.63.

“Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Aplikasinya -Nurdinah Hanifah - Google Books.†n.d. Accessed October 14,

https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=SQVKDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=

Munjiat, Siti Maryam. 2018. “Peran Agama Islam Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Usia Remaja.†Al-Tarbawi Al-Haditsah :Jurnal Pendidikan Islam 3 (1): 170–90. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v3i1.2954.

Pamungkas, Muhamad Imam. 2017. “Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Kegiatan Sebelum Belajar Siswa Di SMP PGII 1 Bandung.†Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam 6 (1): 202–11. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2374.

Pribadi, Reksa Adya, Dea Mahdayana, and Zhaffa Ramadhani Zahra. 2021. “STRATEGI PENGUATAN KARAKTER RASA INGIN TAHU PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIK DI SD CENDEKIA ISLAMIC SCHOOL KELAS IV.†Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 7 (02): 460–71. https://doi.org/10.36989/DIDAKTIK.V7I02.237.

Purwanti SMPN, Nanik. 2019. “Penerapan Metode Pembelajaran Pencarian Informasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Kesebangunan Kelas IX A SMPN 3 Kediri.†PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran 5 (1): 14–20. https://doi.org/10.29407/PN.V5I1.12865.

Rachmantika, Arfika Riestyan, and Wardono. 2019. “Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah.†Prosiding Seminar

Nasional Matematika 2 (1): 441. Rehalat, Aminah. 2016. “Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi.†Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 23 (2): 1. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i2.1625.

Ridwan, Muhammad. 2018. “Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an.†Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 1 (1): 26–44. https://doi.org/10.31538/nazhruna.v1i1.97.

Sajidan, Baedhowi, Triyanto, Salman Alfarisy Totalia, and Mohammad Masykuri. 2018. “Peningkatan Proses Pembelajaran Dan Penilaian Pembelajaran Abad 21.†Kemendikbud Jakarta, 114.

Santoso, Hari. 2015. “Pengembangan Berpikir Kritis Dan Kreatif Pustakawan Dalam Penulisan Karya Ilmiah.†UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang, 1–17.

Sidauruk, Tumiar, and Weni Ayu Sunita Zandroto. 2011. “Penerapan Model Pembelajaran Pemrosesan Iformasi Berpikir Induktif Dalam Mata Pelajaran Geografi Pada Kelas Xi Sma Negeri 15 Medan.†Jurnal Geografi 3 (2): 43–66.

Sidik, Zafar, and A Sobandi. 2018. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru.†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3 (2): 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764.

Siti Zubaidah. 2010. “Berfikir Kritis : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang Dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains.†Seminar Nasional Sains 2010 Dengan Tema “Optimalisasi Sains Untuk Memberdayakan Manusia†16 (January 2010): 1–14. https://www.researchgate.net/publication/318040409_Berpikir_Kritis_Kemampuan_Berpikir_Tingkat_Tinggi

Smp, D I, and Negeri Bengkulu. 2017. “4121-7443-1-Sm†I: 199–209.

Suciono, Wira, Rasto, and Eeng Ahman. 2020. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Era Revolusi 4 . 0 Analysis of Factors Affecting Students ’ Critical Thinking Ability in Economic Learning in the Revolutionary Era 4 . 0 Rugutt & Chemo.†Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 17 (1): 48–56.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=911046.

Sulianto, Joko. 2008. “Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar.†Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 4 (2): 14–25.

Sundawan, Mohammad Dadan. 2016. “Perbedaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Model Pembelajaran Langsung.†Jurnal Logika XVI (1): 1–11.

Syahidin. 2019. Aplikasi Metode Pendidikan Qurani Dalam Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah. Bandung: UPI Press.

Syaparuddin, S., M. Meldianus, and E. Elihami. 2020. “Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik.†Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1): 31–42.

Wahyuni, Ni Putu Sri, Ni Luh Gede Karang Widiastuti, and I Gusti Ngurah Santika. 2022. “Implementasi Metode Examples Non Examples Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9 (1): 50–61. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.633




DOI: 10.24235/tarbawi.v8i1.12881

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF 1-15 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Naufal Salamuddiin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia