PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 7 KOTA CIREBON
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi dan karakter dalam Kurikulum 2013 dianjurkan untuk menggunakan Pendekatan Ilmiah atau Pendekatan Scientific. SMP Negeri 7 Kota Cirebon merupakan salah satu sekolah yang dipercaya mampu menerapkan Kurikulum 2013 di tingkat SMP Kota Cirebon. Pada kenyataannya penerapan Pendekatan Scientific sudah dilaksanakan dengan semaksimal mungkin. Akan tetapi hasil belajar yang dicapai oleh siswa masih kurang memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang Penerapan Pendekatan Scientific pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Kota Cirebon.
Pendekatan dalam pembelajaran memegang peranan penting yang dapat menentukan keberhasilan dari suatu proses Pembelajaran. Pembelajaran menggunakan Pendekatan Scientific  terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu Mengamati, Menanya, Mengasosiasi, Menalar dan Mengkomunikasikan. Prinsip-prinsip yang terkandung dalam pendekatan Scientific diharapkan dapat memotivasi peserta didik sehingga pembelajaran akan lebih bermakna dan membawa dampak positif terhadap perubahan peserta didik serta hasil belajar peserta didik akan jauh lebih baik.
Jenis Penelitian dalam Skripsi ini adalah Penelitian Kuantitatif.  Teknik Perolehan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Sedangkan teknik Analisis data hasil penelitian dengan menggunakan rumus prosentase. Dan untuk mengetahui pengaruh antara variabel X dan variabel Y, maka digunakan rumus Korelasi Product Moment, Determination Correlation (DC) dan Hasil perhitungan  dibandingkan dengan r tabel.
Hasil penelitian menunjukkan adanya Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific terhadap Hasil Belajar. Pengaruh tersebut berada dalam kategori Agak Rendah/Sedang. Hal ini dapat diketahui dari besarnya sebesar 0.475 yang terlatak antara 0,400 sampai dengan 0,600. Besarnya Pengaruh berdasarkan perhitungan KD (Koefesien Determinasi) adalah Sebesar 22,56% sedangkan sisanya 77,44% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Hasil uji Hipotesis pada tabel nilai-nilai “r†Product moment dapat diketahui pada taraf signifikansi 95% harga “r†adalah 0,308 dan pada taraf signifikansi 99% adalah 0,398. Karena robservasi “ro†lebih besar dari rtabel “rtâ€, baik pada taraf signifikansi 95% (0,475 > 0,308) ataupun 99% (0,475 > 0,398) artinya bahwa terdapat pengaruh penerapan Pendekatan Scientific (X) terhadap Hasil Belajar (Y).
Kata Kunci : Pendekatan Scientific, PAI
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
________________. 2006. Manajemen Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Cai, J., Lane, S., Jakabscin, M.S. 1996. The role of open-ended tasks and holistics scoring rubrics. Reston, VA: NCTM.
Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Scientific, (Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013).
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pudjiani, Tatik. 2014. Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik. Yogyakarta: SPIRIT.
Sudijono, Anas. 1996. Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
____________. 2012. Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suherman. 1990. Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijaya Kusumah.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutarman. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
UU RI Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. 2006. Bandung: Citra Umbara.
DOI: 10.24235/tarbawi.v1i1.1244
Article Metrics
Abstract view : 949 timesPDF - 581 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Intan Triana Chintiyatmi, Nurlela Nurlela, Mahfud Mahfud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.