PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ANAK KELUARGA PENGEPUL BARANG BEKAS USIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI DESA LEMAHTAMBA KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Anak Keluarga Pengepul Barang Bekas Usia Sekolah Menengah Pertama(SMP) Di Desa Lemahtamba Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon Perkembangan zaman sangatlah berjalan dengan cepat begitu juga dalam kehidupan sosial ekonomi di Desa Lemahtamba, mayoritas penduduk desa bermata pencaharian sebagai Pengepul barang bekas. Omset atau pendapatan yang didapat sangat menguntungkan.Desa Lemahtamba Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon, dimana remaja seakan-akan kehilangan masa-masa dimana seharusnya mereka tengah mengalami prestasi pendidikan yang baik, hal ini tercermin dari kurangnya interaksi di kalangan remaja baik dengan teman, masyarakat terutama orang tua, kurangnya dorongan orang tuasebagai pengepul barang bekas terhadap anaknya dalam kegiatan-kegiatan belajar yang ada di lingkungan sekitar, bahkan mereka kurang memperhatikan pendidikan bagi anaknya, karena sibuk akan pekerjaan yang digelutinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Prestasi belajar anak keluarga pengepul barang bekas di Desa Lemahtamba Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon.2. Pendapatan penghasilan Orang Tua Sebagai Pengepul Barang Bekas. 3. Hubungan orang tua pengepul barang bekas dengan anak usia sekolah menengah pertama (SMP) di Desa Lemahtamba Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. Prestasi belajar anak akan terwujud jika terdapat dorongan atau rangsangan yang bisa juga dinamakan dengan motivasi yang ditimbul dari dalam diri individu itu sendiri atau dari luar baik dari teman, lingkungan masyarakat terutama orang tua itu sendiri..Pendapatan orang tua tidak menentu, dilihat dari hasil wawancara dari beberapa orang tua yang bekerja sebagai pengepul barang bekas mereka mengatakan bahwa pendapatan atau penghasilan yang didapat itu banyak atau sedikitnya tergantung jumblah dan jenis barang yang di dapatkan. Adapun kategori barang yang bagus dan harga jualnyapun mahal ataupun sebaliknya.Fenomena yang terjadi di Desa Lemahtamba dari hasil analisin data yang terkumpul mayoritas para orang tua yang orang tuanya sebagai pengepul barang bekas mereka kurang dalam memperhatikan anak-anaknya terutama tentang pendidikan dengan alasan mereka sibuk akan pekerjaannya yang dilakukan semenjak pagi hari hingga malam hari.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, PAI
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 1982. SosiologiPendidikan. Surabaya: PT. BinaIlmu Offset
Ahmadi,Abu dan Nur Uhbiyati.2001Ilmu Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta
Anwar, Desi. 2002. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. PT. Amelia : Surabaya
Abrasy, Athiyah. 1993. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. PT. BulanBintang: Jakarta.
Agustiani, Hendriati. Psikologi Perkembangan, Bandung: PT. Refika Aditama, 2009.
Al-Mighwar, Muhammad. Psikologi Remaja, Bandung: PustakaSetia, 2006.
Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. dan Supardi. 2012. PenelitianTindakan Kelas. PT. BumiAksara: Jakarta
Anri, Sofan. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. PT. Prestasi Pustaka Karya : Jakarta
BimoWalgito, 2010. Bimbingan + Konseling, PT. Andi: Yogyakarta.
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung
Djaali 2013. Psikologi Pendidikan. PT. BumiAkksara: Jakarta
Drajat, Dzakia 1975. Pendidikan Agama Dalampembinaan Mental. PT. Bulan Bintang: Jakarta
Drajat, Dzakia 1993. Remaja Harapan dan Tantangan. CV. Ruhama: Bandung
Drajat, Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. BumiAksara : Jakarta.
Fatimah Enung. 2010. Psikologi Perkembangan. CV. Pustaka Setia : Bandung
Gojali, Nanang. 2011. Tafsir Tarbawi. Nurjati Press : Cirebon
Gunawan,H Ary. 1995. Kebijakan-kebijakan Pendidikan. PT. Rineka Cipta : Jakarta
Gerungan,W.A. 2010. Psikologi Sosial. Aditama. Bandung
Hamka. 2003.Tafsir Al Azhar. Pustaka Nasional PTE LTD : Singapura
Hidayah, Rifa. Psikologi Pengasuhan Anak, Malang: UIN Malang Press, 2009.
Kartono, Kartini. 1995. Psikologi Anak. PT. Mandar Maju : Bandung
Lexy J. Moleong. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Mansyur,Muhammad Cholil. 1990.Sosiologi Masyarakat Kota dan Desa. Usaha Nasional. Surabaya
Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan.PT. Remaja Rasda Karya : Bandung
Ramayulius. Psikologi Agama. 2004. Kalam Mulia : Jakarta
Sukirno, Sadono. 2001. pengantarIlmuEkonomiMakro. Jakarta: BalaiPustaka
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta, 2005.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Shihab, Quraish. 2002. Tafsir Al Mishbah. Lentera Hati : Jakarta
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Menpengaruhinya.PT. Rineka Cipta : Jakarta
Soekanto Soerjono. 1982. Sosiologi Suatu Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Srilestari. 2012. Psikologi Keluarga. Kencana Prenada Media Group : Jakarta
Supangat, Andi. 2010. Statistika. Kencana Prenada Media Group : Jakarta
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. PT. Raja Grapindo Persada : Jakarta
Taqiyuddin. Pendidikan Islam. 2011.CV. Pangger: Cirebon
Taqyuddin. 2005. Pendidikan Untuk Semua Falsafah Pendidikan Luar Sekolah. Mulia Press.: Bandung
Tim Baitul Kilmah. 2014 Ensiklo pedia Pengetahuan Alqur’an dan Hadits jilid,4. Kamil Pustaka : Jogjakarta
Tafsir, Ahmad. 2011. Metodologi Pengajaran Agama Islam. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Uno, B. Hamzah. 2013. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. PT. BumiAksara: Jakarta
Usman, Moh Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Belajar Mengajar. PT. Remaja Rasda Karya : Bandung
Widodo. Supriyono. Abu Ahmadi 2004. Psikologibelajar. PT. RinekaCipta: Jakarta
Yusuf, Munawir. Sunardi, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Anak Dan Problema Belajar, PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri: Solo
DOI: 10.24235/tarbawi.v1i1.1243
Article Metrics
Abstract view : 574 timesPDF - 452 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ibnu Zaelani Mukhlisin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.