PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ANAK KELUARGA PENGEPUL BARANG BEKAS USIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI DESA LEMAHTAMBA KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON

Ibnu Zaelani Mukhlisin(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Anak Keluarga Pengepul Barang Bekas Usia Sekolah Menengah Pertama(SMP) Di Desa Lemahtamba Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon Perkembangan zaman sangatlah berjalan dengan cepat begitu juga dalam kehidupan sosial ekonomi di Desa Lemahtamba, mayoritas penduduk desa bermata pencaharian sebagai Pengepul barang bekas. Omset atau pendapatan yang didapat sangat menguntungkan.Desa Lemahtamba Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon, dimana remaja seakan-akan kehilangan masa-masa dimana seharusnya mereka tengah mengalami prestasi pendidikan yang baik, hal ini tercermin dari kurangnya interaksi di kalangan remaja baik dengan teman, masyarakat terutama orang tua, kurangnya dorongan orang tuasebagai pengepul barang bekas terhadap anaknya dalam kegiatan-kegiatan belajar yang ada di lingkungan sekitar, bahkan mereka kurang memperhatikan pendidikan bagi anaknya, karena sibuk akan pekerjaan yang digelutinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Prestasi belajar anak keluarga pengepul barang bekas di Desa Lemahtamba Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon.2. Pendapatan penghasilan Orang Tua Sebagai Pengepul Barang Bekas. 3. Hubungan orang tua pengepul barang bekas dengan anak usia sekolah menengah pertama (SMP) di Desa Lemahtamba Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. Prestasi belajar anak akan terwujud jika terdapat dorongan atau rangsangan yang bisa juga dinamakan dengan motivasi yang ditimbul dari dalam diri individu itu sendiri atau dari luar baik dari teman, lingkungan masyarakat terutama orang tua itu sendiri..Pendapatan orang tua tidak menentu, dilihat dari hasil wawancara dari beberapa orang tua yang bekerja sebagai pengepul barang bekas mereka mengatakan bahwa pendapatan atau penghasilan yang didapat itu banyak atau sedikitnya tergantung jumblah dan jenis barang yang di dapatkan. Adapun kategori barang yang bagus dan harga jualnyapun mahal ataupun sebaliknya.Fenomena yang terjadi di Desa Lemahtamba dari hasil analisin data yang terkumpul mayoritas para orang tua yang orang tuanya sebagai pengepul barang bekas mereka kurang dalam memperhatikan anak-anaknya terutama tentang pendidikan dengan alasan mereka sibuk akan pekerjaannya yang dilakukan semenjak pagi hari hingga malam hari.

Kata Kunci : Prestasi Belajar, PAI


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1982. SosiologiPendidikan. Surabaya: PT. BinaIlmu Offset

Ahmadi,Abu dan Nur Uhbiyati.2001Ilmu Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta

Anwar, Desi. 2002. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. PT. Amelia : Surabaya

Abrasy, Athiyah. 1993. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. PT. BulanBintang: Jakarta.

Agustiani, Hendriati. Psikologi Perkembangan, Bandung: PT. Refika Aditama, 2009.

Al-Mighwar, Muhammad. Psikologi Remaja, Bandung: PustakaSetia, 2006.

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. dan Supardi. 2012. PenelitianTindakan Kelas. PT. BumiAksara: Jakarta

Anri, Sofan. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. PT. Prestasi Pustaka Karya : Jakarta

BimoWalgito, 2010. Bimbingan + Konseling, PT. Andi: Yogyakarta.

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung

Djaali 2013. Psikologi Pendidikan. PT. BumiAkksara: Jakarta

Drajat, Dzakia 1975. Pendidikan Agama Dalampembinaan Mental. PT. Bulan Bintang: Jakarta

Drajat, Dzakia 1993. Remaja Harapan dan Tantangan. CV. Ruhama: Bandung

Drajat, Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. BumiAksara : Jakarta.

Fatimah Enung. 2010. Psikologi Perkembangan. CV. Pustaka Setia : Bandung

Gojali, Nanang. 2011. Tafsir Tarbawi. Nurjati Press : Cirebon

Gunawan,H Ary. 1995. Kebijakan-kebijakan Pendidikan. PT. Rineka Cipta : Jakarta

Gerungan,W.A. 2010. Psikologi Sosial. Aditama. Bandung

Hamka. 2003.Tafsir Al Azhar. Pustaka Nasional PTE LTD : Singapura

Hidayah, Rifa. Psikologi Pengasuhan Anak, Malang: UIN Malang Press, 2009.

Kartono, Kartini. 1995. Psikologi Anak. PT. Mandar Maju : Bandung

Lexy J. Moleong. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mansyur,Muhammad Cholil. 1990.Sosiologi Masyarakat Kota dan Desa. Usaha Nasional. Surabaya

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan.PT. Remaja Rasda Karya : Bandung

Ramayulius. Psikologi Agama. 2004. Kalam Mulia : Jakarta

Sukirno, Sadono. 2001. pengantarIlmuEkonomiMakro. Jakarta: BalaiPustaka

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta, 2005.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Shihab, Quraish. 2002. Tafsir Al Mishbah. Lentera Hati : Jakarta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Menpengaruhinya.PT. Rineka Cipta : Jakarta

Soekanto Soerjono. 1982. Sosiologi Suatu Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Srilestari. 2012. Psikologi Keluarga. Kencana Prenada Media Group : Jakarta

Supangat, Andi. 2010. Statistika. Kencana Prenada Media Group : Jakarta

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. PT. Raja Grapindo Persada : Jakarta

Taqiyuddin. Pendidikan Islam. 2011.CV. Pangger: Cirebon

Taqyuddin. 2005. Pendidikan Untuk Semua Falsafah Pendidikan Luar Sekolah. Mulia Press.: Bandung

Tim Baitul Kilmah. 2014 Ensiklo pedia Pengetahuan Alqur’an dan Hadits jilid,4. Kamil Pustaka : Jogjakarta

Tafsir, Ahmad. 2011. Metodologi Pengajaran Agama Islam. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Uno, B. Hamzah. 2013. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. PT. BumiAksara: Jakarta

Usman, Moh Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Belajar Mengajar. PT. Remaja Rasda Karya : Bandung

Widodo. Supriyono. Abu Ahmadi 2004. Psikologibelajar. PT. RinekaCipta: Jakarta

Yusuf, Munawir. Sunardi, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Anak Dan Problema Belajar, PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri: Solo




DOI: 10.24235/tarbawi.v1i1.1243

Article Metrics

Abstract view : 574 times
PDF - 452 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ibnu Zaelani Mukhlisin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia