HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 DARMA DESA CIPASUNG KECAMATAN DARMA KABUPATEN KUNINGAN
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan Agama Islam sangat penting ditanamkan kepada setiap anak didik sejak dini. Secara umum pendidikan merupakan sebuah proses transformasi yang dilakukan oleh seseorang atau masyarakat ke generasi berikutnya, serta dilaksanakan secara sengaja, teratur dan dapat diukur, atau diketahui hasilnya, baik itu dari pendidikan formal maupun informal sehingga mereka dapat tumbuh secara intelektual, berakhlak mulia, serta memiliki sikap hidup yang baik sehingga mampu menjalin silaturahmi, saling menghormati, menghargai, gemar membantu orang lain, dan ikut merasakan kesusahan yang dialami oleh orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), kepedulian sosial siswa, dan hubungan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kepedulian sosial siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dicapai dengan cara pembelajaran yang baik, memberikan contoh kepada siswa, dan menerapkan metode yang menarik dalam pembelajaran. Â
Dari hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan dalam kategori Baik dengan skor sebesar 78%, kepedulian sosial siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Darma Desa Cipasung Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan dalam kategori Baik dengan skor sebesar 78,02%, dan hasil korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kepedulian sosial siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Darma Desa Cipasung Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan dapat diperoleh rxy sebesar 0,573 dalam kategori Sedang terletak antara 0,400 sampai dengan 0,599 sehingga dapat interpretasi yaitu terdapat keterhubungan yang Sedang antara prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Kepedulian Sosial Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan.
Â
Kata Kunci : Prestasi Belajar, PAI
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. 1978. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di LingkunganSekolah dan Keluarga.
Jakarta : Bulan Bintang.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
. 1996. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Bunin, Burhan. 2006. Sosiologi komunikasi. Jakarta : kencana prenada
Departemen Agama. 2005.Panduan Pesantren Kilat Untuk Sekolah Umum. Jakarta : Depag.
Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
Departemen Agama RI. 2008.Al Quran dan terjemahnya. Bandung : Cv Diponogoro
Dayaksini, Tri dan Hudaniah. 2003. Psikologi Sosial. Malang: UMM.
Desmita, 2012. Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Hermanto dan Winarto. 2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta : PT Bumi Aksara
Idris, Zaharadan Lisma Jamal. 1992. PengantarPendidikan. Jakarta: Gramedia
Khon, Abdul Majid. 2012. Hadis tarbawi : hadis-hadits pendidikan. Jakarta : kencana prenada media
Group.
Matan, alim. 2004. sosiologi perubahan sosial. Jakarta : Pernada.
Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media
Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Rohman, Afzalur. 2000. Al-Qur’an Sumber ilmu Pengetahuan. Jakarta : PT Rina Cipta.
Sarbini dan Neneng Lina. 2011. Perncanaan Pendidikan. Bandung : Pustaka setiaWidiasarana
Indonesia (Grasindo).
Sears, David O. Dik. 1994. Psikologi Sosial Edisi Kelima Jilid II. Jakarta : Erlangga
Subana, dkk. 2000. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia
Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung : PT. Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja
Rosda Karya
Syah, Muhibbin, 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grapindo Persada
Syah, Muhibbin, 2005. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grapindo Persada
Team dosen FIP-ikip. 1988.Pengantar Dasar-dasar Pendidikan. Surabaya : Unas.
Usman, Moh Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara
Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial. Yogyakarta : CV Andi Offset
Zuhairini dan Abdul Ghofur.2004.Metedologi Pembelajaran PAI. Malang : Unpres.
UU. SPN. No. 20 Tahun 2003.
DOI: 10.24235/tarbawi.v1i2.1241
Article Metrics
Abstract view : 678 timesPDF - 903 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hasanudin Hasanudin, Wawan Ahmad Ridwan, A. Syathori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.