HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 DARMA DESA CIPASUNG KECAMATAN DARMA KABUPATEN KUNINGAN

Hasanudin Hasanudin(1*), Wawan Ahmad Ridwan(2), A. Syathori(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan Agama Islam sangat penting ditanamkan kepada setiap anak didik sejak dini. Secara umum pendidikan merupakan sebuah proses transformasi yang  dilakukan oleh seseorang atau masyarakat ke generasi berikutnya, serta dilaksanakan secara sengaja, teratur dan dapat diukur, atau diketahui hasilnya, baik itu dari pendidikan formal maupun informal sehingga mereka dapat tumbuh secara intelektual, berakhlak mulia, serta memiliki sikap hidup yang baik sehingga mampu menjalin silaturahmi, saling menghormati, menghargai, gemar  membantu orang  lain, dan  ikut merasakan kesusahan yang dialami oleh orang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), kepedulian sosial siswa, dan hubungan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kepedulian sosial siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dicapai dengan cara pembelajaran yang baik, memberikan contoh kepada siswa, dan menerapkan metode yang menarik dalam pembelajaran.  

Dari hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan dalam kategori Baik dengan skor sebesar 78%, kepedulian sosial siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Darma Desa Cipasung Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan dalam kategori Baik dengan skor sebesar 78,02%, dan hasil korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kepedulian sosial siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Darma Desa Cipasung Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan dapat diperoleh rxy sebesar 0,573 dalam kategori Sedang terletak antara 0,400 sampai dengan 0,599 sehingga dapat interpretasi yaitu terdapat keterhubungan yang Sedang antara prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Kepedulian Sosial Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan.

 

Kata Kunci : Prestasi Belajar, PAI


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. 1978. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di LingkunganSekolah dan Keluarga.

Jakarta : Bulan Bintang.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

. 1996. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bunin, Burhan. 2006. Sosiologi komunikasi. Jakarta : kencana prenada

Departemen Agama. 2005.Panduan Pesantren Kilat Untuk Sekolah Umum. Jakarta : Depag.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Departemen Agama RI. 2008.Al Quran dan terjemahnya. Bandung : Cv Diponogoro

Dayaksini, Tri dan Hudaniah. 2003. Psikologi Sosial. Malang: UMM.

Desmita, 2012. Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Hermanto dan Winarto. 2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta : PT Bumi Aksara

Idris, Zaharadan Lisma Jamal. 1992. PengantarPendidikan. Jakarta: Gramedia

Khon, Abdul Majid. 2012. Hadis tarbawi : hadis-hadits pendidikan. Jakarta : kencana prenada media

Group.

Matan, alim. 2004. sosiologi perubahan sosial. Jakarta : Pernada.

Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Rohman, Afzalur. 2000. Al-Qur’an Sumber ilmu Pengetahuan. Jakarta : PT Rina Cipta.

Sarbini dan Neneng Lina. 2011. Perncanaan Pendidikan. Bandung : Pustaka setiaWidiasarana

Indonesia (Grasindo).

Sears, David O. Dik. 1994. Psikologi Sosial Edisi Kelima Jilid II. Jakarta : Erlangga

Subana, dkk. 2000. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia

Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung : PT. Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja

Rosda Karya

Syah, Muhibbin, 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grapindo Persada

Syah, Muhibbin, 2005. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grapindo Persada

Team dosen FIP-ikip. 1988.Pengantar Dasar-dasar Pendidikan. Surabaya : Unas.

Usman, Moh Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial. Yogyakarta : CV Andi Offset

Zuhairini dan Abdul Ghofur.2004.Metedologi Pembelajaran PAI. Malang : Unpres.

UU. SPN. No. 20 Tahun 2003.




DOI: 10.24235/tarbawi.v1i2.1241

Article Metrics

Abstract view : 678 times
PDF - 903 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasanudin Hasanudin, Wawan Ahmad Ridwan, A. Syathori

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia