PENGARUH PEMBINAAN KEAGAMAAN DI MAJLIS TA’LIM IKATAN REMAJA MUSHOLA AT-TAQWA (IRMA) TERHADAP PERILAKU BERAGAMA REMAJA DI DUSUN BULAKBANTENG DESA JATIMULYA KECAMATAN SURADADI KABUPATEN TEGAL
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Perilaku merupakan tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan lingkungan. Isu-isu tentang penyimpangan perilaku menjadi perbincangan baik dikalangan para ahli maupun masyarakat umum. Semakin canggihnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta semakin mudahnya untuk mengaksesnya, menyebabkan semakin mudahnya segala hal yang kita butuhkan di dunia ini. Akan tetapi selain dampak positif tersebut, dewasa ini dampak negatif dari kemajuan teknologi pun mulai merusak kehidupan masyarakat. Dampak negatif ini sangat jelas terlihat pada kehidupan remaja yang menghabiskan waktunya dengan bermain hp dengan segala aplikasinya dan tidak jarang sampai melupakan waktu sholat.
Majlis ta’lim remaja dikelola dan dikembangkan oleh remaja yang manfaatnya dirasakan oleh remaja itu sendiri. Salah satunya adalah majlis ta’lim Ikatan Remaja Mushola At-Taqwa (IRMA) yang berada di RT 01/RW 06 Dusun Bulakbanteng Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Majlis ta’lim ini telah berdiri sejak tahun 2010 yang telah banyak memberikan kontribusi pada para jama’ahnya melalui pendidikan agama.
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk menjelaskan pengaruh pembinaan keagamaan majlis ta’lim Ikatan Remaja Mushola At-Taqwa (IRMA). 2). Untuk menjelaskan perilaku beragama remaja jama’ah majlis ta’lim IRMA. 3). Untuk menggambarkan sejauhmana pengaruh pembinaan keagamaan majlis ta’lim Ikatan Remaja Mushola At-Taqwa (IRMA) dalam berkontribusi membantu membentuk perilaku beragama remaja di wilayah RW 06 Dusun Bulakbanteng Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 107 orang dan sampel penelitian sebanyak 23 orang diambil prosentase 22% dari jumlah populasi yang ada. Dalam penelitian ini menggunakan rumus prosentase dan untuk melihat tingkat pengaruhnya digunakan rumus product moment dari carl pearson.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, prosentase pengaruh pembinaan keagamaan majlis ta’lim IRMA menghasilkan data 74% yang berada pada kategori cukup. Prosentase perilaku beragama remaja menghasilkan data 80% yang berada pada kategori baik. Tingkat pengaruh pembinaan keagamaan majlis ta’lim IRMA terhadap perilaku beragama remaja berada pada level sedang atau cukup dengan indeks korelasi 0.47 yang menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan antara majlis ta’lim IRMA dengan perilaku beragama remaja yang menjadi anggota jama’ahnya. Dan untuk nilai koefesien determinasinya yakni 22.09% yang berarti sebanyak 22.09% perilaku beragama remaja dipengaruhi oleh pembinaan keagamaan majlis ta’lim IRMA dan 77.91% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Pembinaan Agama, Ikatan Remaja Masjid
Full Text:
PDFReferences
Ahyadi, Abdul Aziz. 2005. Psikologi Agama (Kepribadian Muslim Pancasila). Bandung: C.V.Sinar Baru.
Alawiyah, Tutty. 1997. Strategi Dakwah di Lingkungan Majelis Taklim. Bandung: Mizan.
Ali, Mohammad. 2011. (Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik) Jakarta: Bumi Aksara.
Amiruddin, Teuku. 2000. Reorientasi Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta.
Ancok, Djamaludin. 1994. Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ardani, Mohammad. 2005. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Karya Mulya.
Arifin, H. Muzayin. 1982. Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta: Golden Terayon Press.
Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Agama RI. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Biro Kepegawaian Sekjen Depag.
Daradjat, Zakiah. 1976. Ilmu Jiwa Agma. Jakarta: PT Bulan Bintang.
Daradjat, Zakiah. 1995. Remaja Harapan dan Tantangan. Jakarta: CV. Ruhama.
Haramain, Khadim. Dewan Penerjemah Hasbi Ashshiddiqi. 1971. Al-Qur`an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.
Hasbullah. 2001. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia (Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan perkembangan). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Huda, Nurul. 1984. Pedoman Majelis Ta’lim. Jakarta: Proyek Penerangan Bimbingan Dakwah Khutbah Agama Islam Pusat.
Hurlock, Elizabeth B. terj. Istiwidayanti dan Soedjarwo. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Husin, Said Agil. 2005. Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani. Jakarta: Ciputat Press.
Imron. 2008. Religiusitas dan Kecerdasan Emosi Prespektif Psikologi Islami. Jurnal Cakrawala.
Jalaluddin. 2012. Psikologi Agama (Pengaplikasian Prinsip-Prinsip Remaja). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Maryati, Kun. 2001. Sosiologi. Jakarta: Erlangga.
Munawir, Ahmad Warson. 2002. Al-Munawir Kamus Arab-Indonesia..Surabaya: Pustaka Progresif.
Nasution, Harun. 1978. Teologi Islam. Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas.
Nata, Abudin. 2002. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Poerwadaminta. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ramayulis. 2004. Psikologi Agama. Jakarta: KALAM MULIA.
Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Santrock, John W. Terj. Shinto B. Adelar dan Sherli Saragih. 2003. Adolescence (perkembangan remaja). Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Shalud, Mahmud. 1994. Aqidahdan Syari’ah Islam. Jakarta:Bumi Aksara.
Sarwono, Sarlito W.2013.Psikologi Remaja.Jakarta:Rajawali Pres.
Shihab, Quraisy. 2002. Tafsir al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati.
Soekidjo, Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rinneka Cipta.
Subana dan Sudrajat. 2001. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Sudijono, Anas. 1999. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suteja. 2012. Pendidikan Berbasis Al Qur’an. Cirebon: CV. Pangger.
Tafsir, Ahmad. 1992. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Isla. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taqiyuddin. 2011..Pendidikan Islam (dalam lintas Sejarah Nasional). Cirebon: CV.Pagger.
Walgito, Bimo. 1983. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fak Psikologi UGM
DOI: 10.24235/tarbawi.v1i2.1238
Article Metrics
Abstract view : 955 timesPDF - 724 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fahmi Tarikhuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.