KOMPETENSI AKADEMIS DAN SPIRITUAL PENDIDIK MENURUT IMAM AL-GHAZALI Telaah Isi Kitab Ihya’ Ulum al-Din Juz I (Satu)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mendeskripsikan pemikiran imam al-Ghazali tentang kompetensi akademis dan spiritual pendidik, serta kesesuaian pemikiran imam al-Ghazali di Era Globalisasi. Langkah-langkah penelitian yang ditempuh dalam penelitian ini adalah menggunakan data teoritik yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, deskripsi serta kesimpulan dan verifikasi terhadap sumber data baik data primer maupun data skunder. Hasil dari  penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti yaitu: 1) Kompetensi akademis pendidik yang terangkum dalam kitab Ihya’ Ulumuddin juz I (satu) karangan imam al-Ghazali yaitu, Memberikan nasehat kepada peserta didik agar mencapai tujuan, Melarang peserta didik agar tidak memiliki akhlak tercela, dan Memberikan pengetahuan sesuai kadar pemahaman anak didik. 2) Kompetensi spiritual pendidiknya yaitu: Memberikan kasih sayang terhadap anak didik, Mengikuti jejak Rasulullah dalam tugas dan kewajibannya, Menghormati rekan sejawat dan Menjadi teladan bagi anak didik. 3) Kesesuaian pemikiran imam al-Ghazali di era globalisasi mengenai kompetensi akademis dan kompetensi spiritual pendidik sesuai dengan kode etik guru Indonesia yang tercantum pada bagian Nilai-nilai Dasar dan Nilai-nilai Operasional Pasal 5 dan Pasal 6.
Â
Kata Kunci: Kompetensi, Akademis, Spiritual, Imam al-Ghazali, Kode Etik Guru Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
Agustian, Ari Ginanjar. 2003. Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power: Sebuah Inner Journey Melalui Al-Ihsan. Jakarta: Arga.
________________. 2010. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: Arga Publishing.
Djamaluddin, Mahbub. 2015. Al-Ghazali:Sang Ensiklopedi Zaman. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT): Senja Publishing.
al-Ghazali. 1401. Ihya ‘Ulumiddin Juz I. Diterjemahkan oleh Misbah bin Zainul Musthafa Bacilan. Ihya ‘Ulumiddin Bil Ma’na Jawi Juz I. Rojamuroh: Pekalongan.
. 2009. Ihya ‘Ulumiddin Jilid 1, Diterjemahkan oleh Moh, Zuhri. Terjemah Ihya ‘Ulumiddin Jilid I. Semarang: CV. Asy-Syifa’.
. 2014. Ihya’ ‘Ulumiddin. Diterjemahkan oleh Abu Madyan Al-Qurtubi. Mukhtashar Ihya’ ‘Ulumiddin. Depok: Keira Publishing.
Gulo, W. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.
IKAPI. 2011. Undang-Undang Guru Dan Dosen. Bandung: Fokusmedia.
______. 2011. Undang-Undang SISDIKNAS: Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Fokus Media.
Langgulung, Hasan. 1986. Pendidikan Dan Peradaban Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir, 2010. Ilmu pendidikan Islam, Jakarta : Kencana Prenada Media.
Rusdiyana, A danYeti Heryati. 2015. Pendidikan Profesi Keguruan:Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra,Uhar. 2013. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Zainuddin, dkk. 1991. Seluk Beluk Pendidikan dari al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.
Zohar, Danah & Ian Marshall. 2007. SQ: Spiritual Intelegence: The Ultimate intelligence. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti dkk. SQ: Kecerdasan Spiritual. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Zuhairini, dkk. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: 10.24235/tarbawi.v1i2.1236
Article Metrics
Abstract view : 792 timesPDF - 589 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Erna Erlina, Suteja Suteja, Akhmad Afandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.