PENGARUH PENGGUNAAN BUKU PAKET KURTILA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs AL-HIDAYAH DUKUPUNTANG KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Buku paket Kurtilas Akidah Akhlak bisa diartikan lembaran-lembaran yang digunakan oleh peserta didik sebagai pedoman dalam proses pembelajara, serta berisi tugas yang dikerjakan oleh peserta didik baik berupa soal maupun kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta didik. Prinsipnya buku paket Akidah Akhlak kurtilas tidak dinilai sebagai dasar perhitungan rapot, tetapi hanya diberi penguat bagi yang berhasil menyelesaikan tugasnya serta diberi bimbingan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan, mengandung permasalahan sehingga peserta didik dapat mengembangkan pola pikir mereka dengan memecahkan permasalahan tersebut. Buku Paket Kurtilas mata pelajaran Akidah Akhlak merupakan salah satu media pengajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar diMTs Al-Hidayah Dukupuntang. Diharapkan penggunaan buku kurtilas mata pelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Al-Hidayah Dukupuntang.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui penggunaan buku paket kurtilas mata pelajaran Akidah Akhlak, prestasi belajar yang diperoleh siswa kelas VII serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kedua variabel tersebut.
Kerangka pemikiran skripsi ini adalah bahwa media pengajaran berupa Buku paket kurtilas mata pelajaran akidah akhlak dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya.
Metode penelitian skripsi ini adalah metode penilitian kuantitatif dengan mendekatkan empirik dan menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri atas observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket.
Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan buku paket kurtilas mata pelajaran akidah akhlak tergolong baik, tebukti dari hasil angket yang diberikan kepada siswa menunjukan nilai 70,31% (Baik), prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Dukupuntang tergolong cukup, tebukti dari hasil raport yang diberikan kepada siswa menunjukan nilai 73,07% (Cukup). Dan adapun pengaruh buku paket kurtilas mata pelajaran akidah akhlak terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Dukupuntang menunjukan adanya korelasi yang positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan nilai korelasi sebesar 0,001 pada penilitian produc moment yang berada pada jarak 0.000-0.200 dengan korelasi sangat rendah.
Kata Kunci :kurtilas, aqidah akhlak
Full Text:
PDFReferences
Abdulah Ishak. 2013.Teknologi Pendidikan.Bandung:Remaja rosda karya.
Ahmadi, Abu, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arifsunarya.2011.HakikatDanFungsiTelaahBukuTeksBagi-Guru/.Jakarta: Pustaka Pribadi
Annurahman, 2010, Belajar dan Pembelaran, Bandung: Alfabet
Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Preaktif,Jakarta: Rineka Cipta
Anderson, Ronald H. 1987, Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran, Jakarta: Raja Wali
Arsyad, Azhar, 2003, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Asnawir, Basyiruddin, 2002, Media Pembelajaran. Jakaerta: Ciputat Press
Asnair.2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press
Daryono, 2011, Media Pembelajaran, Bandung: Satu Nusa
Harjali, 2011, Teknologi Pendidikan.Ponorogo : STAIN Po press
Hamalik Oemar,2004, Media Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah.2012.Model Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah,Uno. 2010, Orientasi dalam Psikologi Pembelajaran, Bandung: Cetakan ke 4
Kementrian Agama Republik Indonesia,2014, Akidah akhlak Pendekatan Saintifik kurikulum 2013, Jakarta: Kementrian Agama 2014
Muhammad shohib,2007,Syamil Al-Qur’an.Bogor: Departemen Agama SYGMA
Muhibbin Syah, 2010, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nasution,2008, Teknologi Pendidikan,Jakarta: Bumu Aksara
Nata Abudin, 2008, Menejemen Pendidikan, Jakarta: Prenada Medya Group
Raharjo, Hendri, 2009, Suplemen Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer, Cirebon: Pangger
Ramayulis, 2008, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Sagala, Syaiful, 2006, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Al-Fabeta
Sitangal, Anshori Umar, 1989, Terjemahan Tafsir Al-Maraghi, Semarang: CV Toha Putra
Subana, 2005, Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia
Subur, 2009, Modul/Hand Out Statistik Pendidikan Dasar: Manual (untuk kalangan sendiri)
Sudjana,2005,Metode Statistik.Bandung: Tarsito
Syuheb,dkk.2006,Model Pembelajaran Efektif PAI di SD/MI.Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Yamin, Martinis. 2007, Kiat Membelajarkan Sisswa, Jakarta: Gaung Persada Press
UUD Republik Indonesia2003, Sistem Pendidikan Nasional
Wina Sanjaya, 2006,Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,Jakarta : Kencana
DOI: 10.24235/tarbawi.v1i2.1234
Article Metrics
Abstract view : 798 timesPDF - 866 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Atun Shofiyatun, Nurlela Nurlela, Nawawi Nawawi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.