Penerapan Strategi Pembelajran Langsung Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Batang
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
       Pembelajaran tidak hanya sekedar kegiatan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa, tetapi bagaimana siswa memaknai apa yang dipelajari .Berdasarkan studi yang dilakukan di SMP N 5 Batang bahwa dalam pembelajaran guru lebih banyak mengunakan metode ceramah khususnya pada mata pelajaran PAI, sehingga siswa merasa cepat bosan. Seorang guru seharusnya mampu merancang sebuah pembelajaran yang benar-benar dapat membekali siswa baik pengetahuan secara teoritis maupun praktek yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran langsung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan eksperimen Control Group Pretest-Posttest Design . Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Batang , melalui cluster sample maka terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan strategi pembelajaran langsung dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional (ceramah). Tekhnik penelitian yang digunakan adalah pelaksanaan strategi pembelajaran langsung dan angket. Analisa data yang digunakan adalah dengan uji t (Paired Samples T Test).
Hasil paired samples statistics  menunjukan bahwa: 1) ada perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah diberlakukannya strategi pembelajaran langsung pada kelas eksperimen yang ditunjukan dengan hasil rerata motivasi belajar sebesar 70,00 sebelum diberi perlakuan menjadi 75,94 setelah diberi perlakuan; 2) Melalui uji perbedaan Paired Samples Test diketahui t hitung = -5,661 dan signifikansi 0,000, standar deviasi 6,11972, rata-rata antara nilai pre-test dan post-test sebesar -5,94118. Jika melihat dari signifikansi maka Ho ditolak karena signifikansi 0,000 <0,05 artinya terdapat pengaruh strategi pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Batang. Dari hasil Paired Samples Correlation  diketahui korelasi 0,493 dan signifikansi 0,003. Artinya strategi pembelajaran langsung memberi pengaruh terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 5 Batang dalam kategori sedang.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran langsung, Motivasi Belajar, Pembelajaran Konvensional (ceramah).
Full Text:
PDFReferences
A. Jacobsen, David, Paul Eggen, dan Donald Kauchak, Methods For Teaching Metode-metode Pengajaran Meningkatkan belajar siswa TK-SMA, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009
Atmaja, Purwa ,Prawira, Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2013
Bahri, Syaeful, Djamarah, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2006
Eggen, Paul & Don Kauchak, Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir, Jakarta : Permata Puri Media, 2012
I. Richard, Arends, Learning To Teach, diterjemahkan oleh Helly Prajitno & Sri Mulyantini,Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2008
Joyce, Bruce, Marsha Weil dan Emily Calhoun, Models of Teaching, diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011
Majid, Abdul, Strategi Pembelajaran , Bandung : Rosdakarya, 2013
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta, 2009
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara , 2012
Suryabrata, Sumardi, Metodologi Penelitian, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1983
Suyanto dan Asep Jihad, Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, Jakarta : Esensi Erlangga Group, 2013
DOI: 10.24235/tarbawi.v1i2.1233
Article Metrics
Abstract view : 844 timesPDF - 641 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Santinah Santinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.