Metode Pembelajran Membaca Al-Qur'an Aanak Usia 7-13 Tahun di TPQ Al-Falah 2 Desa Serangkulon Blok 01 RT 01 RW 01 Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon

Arip Widodo(1*), Mahbub Nuryadien(2), Ahmad yani(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan pengamatan ditemukan bahwa Metode pembelajaran membaca al-Qur’an yang dilaksanakan oleh TPQ Al-Falah 2 Desa Serangkulon Blok 01 RT 01 RW 01 Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon dapat dikatakan baik, akan teteapi masih ada beberapa peserta didik dalam membaca al-Qur’an yang masih belum lancar dalam melafalkan al-Qur’an. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang paling dominan adalah kurangnya dorongan orang tua sebagai motifator utama sehingga anak semangat dalam berangkat ke tempat mengaji dan mempelajari al-Qur’an. 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Memperoleh pengetahuan berupa data mengenai persiapan pelaksanaan Metode pembelajaran membaca al-Qur’an pada anak Usia 7-13 tahun di TPQ Al-Falah 2 Desa Serangkulon Blok 01 RT 01 RW 01 Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. 2. Memperoleh Pengetahuan mengenai pelaksanaan Metode pembelajaran membaca al-Qur’an pada anak usia 7-13 tahun di TPQ Al-Falah 2 Desa Serangkulon Blok 01 RT 01 RW 01 Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. 3. Memperoleh pengetahuan mengenai kendala dalam pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an pada anak usia 7-13 tahun di TPQ Al-Falah 2 Desa Serangkulon Blok 01 RT 01 RW 01 Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon.

Metode pembelajaran merupakan sebuah cara yang digunakan pendidik untuk menyampaikan pelajaran kepada peserta didik, dan dikarenakan penyampaiannya tersebut berlangsung dalam interaksi edukatif, metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dipergunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran.

Metode  penelitian ini  dengan menggunakan Metode in-depth intervieu  (wawancara mendalam)  dan  observasi (Pengamatan langsung). Selanjutnya hasil intervieu dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif, yaitu proses analisis yang mendeskripsikan data apa adanya dan menjelaskan data atau kejadian dengan kalimat-kalimat penjelasan secara kualitatif.

Dari  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  Metode pembelajaran membaca al-Qur’an di TPQ Al-Falah 2 Desa Serangkulon Blok 01 RT 01 RW 01 Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon dapat dikatakan baik dalam membimbing peserta didiknya untuk dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. Adapun peserta didik yang masih belum lancar dalam membaca al-Qur’an dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu kurangnya dorongan motifasi dari orangtua peserta didik tersebut serta waktu yang cukup padat sehingga mengakibatkan rasa cape dan lelah ketika peserta didik akan berangkat untuk mempelajari al-Qur’an .

Kata Kunci : Metode Membaca Al-Quran

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad Al-Hafidz, Riyadh.2013. Metode Bismilah 1 Hari Lancar Baca Al-Quran. Semarang. Pustaka Nuun

Al-A’zami, M. M. 2005. The History The Qur’anic Text. Jakarta. Gema Insani Press

Al-Ghautsani, Yahya bin ‘Abdurrazzaq. 2010. Cara Mudah dan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta. Pustaka Imam Asy-Syafi’i

Arikunto, suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Arsyad, A. 2005. Media pembelajaran. Jakarta. Grafindo Persada

AS, Mudzakir. 2012. Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. Bogor. Pustaka Litera Antar Nusa

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Gulo, W. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV Pustaka Setia

Hermawan, Acep. 2011. ‘Ulumul Qur’an. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

http://www.asmaul-husna.com/2015/09/hadist-menuntut-ilmu-hadis-tentang.html

https://dhyrachmaa.wordpress.com/2015/02/17/perkembangan-masa-kanak-kanak-usia-2-1213-tahun/

Huda, Miftahul. 2008. Interaksi Pendidikan 10 Cara Qur’an Mendidik Anak. Malang. UIN-Malang Press

Hurlock, B. Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga

Kurdi, Syueab. 2012. Baca Tulis Al-Quran. Yogyakarta. Cv Budi Utama

Lexy J.Moleong. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Lickona, Thomas. 2012. Character Matters. Jakarta. PT Bumi Aksara

M.Yusuf, Kadar. 2012. Studi Al-Qur’an. Jakarta. Amzah

Mujamma’al Malik Fahd Li Thiba’at Al-Mushaf. Asy-Syarif Medinah Munawaroh. P.O. Box 6262

Muslim Ibn Al-Hajaj Abu Al-Husain Al-Qusyairy Al-Naisabury, sohih Muslim,Tahqiq: Muhammad Fuad Abdu al-Baqy (Bairut: Dar Ihya al-Turath Al-Araby), Juz 1, 553

Nasrullah. 2012. Lentera Qur’ani. Malang. UIN-Maliki Press.

Nasution, S. 2013. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara

Nata, Abuddin. 2012. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada

Priatna, Nanang dan Tito Sukamto. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung PT Remaja Rosdakarya

Riyadh, Sa’ad. 2012. Ingin Anak Anda Cinta Al-Qur’an ?. Alih Bahasa Umar Mujtahid. Kartasura. PT Aqwam Media Profetika

Sjarkawi. 2014. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta. PT Bumi Aksara

Suprayogo, Imam. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Malang. UIN-Maliki Press

Surasman, O. 2008. Metode Al-Bayan Cara Cepat Belajar Al-Qur’an. Jakarta. Erlangga




DOI: 10.24235/tarbawi.v1i2.1232

Article Metrics

Abstract view : 1326 times
PDF - 1946 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arip Widodo, Mahbub Nuryadien, Ahmad yani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia