METODE AMTSAL; METODE AL-QURAN MEMBANGUN KARAKTER

Mahbub Nuryadien(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Amtsal dalam al Qur’an merupakan visualisasi yang abstrak yang dituangkan dalam berbagai ragam kalimat dengan cara menganalogikan sesuatu dengan hal yang serupa dan sebanding, maka untuk dapat memahaminya secara baik dan benar memerlukan pemikiran yang cermat dan mendalam serta harus ditopang dengan penguasaan stilitik (ilmu Balaghah).

Selain itu juga, ketika Allah membuat perumpamaan-perumpamaan di dalam al Qur’an bagi manusia, kadang-kadang menggunakan bentuk jama’ (amtsal) dan kadang-kadang menggunakan bentuk mufrad (matsal) dalam beberapa ayat dan surat. Kedua bentuk tersebut kadang-kadang pula digunakan secara bersamaan dalam satu ayat, yang tujuanya untuk menampilkan hal ihwal kebenaran atau menunjukan betapa pentingnya pesan yang terkandung di dalamnya. Disamping itu juga matsal digunakan untuk menjelaskan hal-hal yang sangat mendasar dan bersifat abstrak. Cara seperti ini dapat ditemukan, misalnya, ketika al Qur’an menjelaskan ke-Esaan Allah dan orang-orang yang meng-Esakan Allah, tentang kemusyrikan dan orang-orang musyrik, serta tentang perbatan-perbuatan mulia.

Masalah-masalah tersebut diungkapkan melalui perumpama-an yang bersifat konkrit (hissi) yang dimaksudkan untuk menjelaskan dan menegaskan makna pesan yang terkandung di dalamnya. Dengan menggunakan perumpamaan yang konkrit tersebut, para pendengar dan pembaca akan merasakan seolah-olah pesan yang disampaikan terlihat langsung.

 

Kata Kunci: Metode Amtsal, Metode Al-Qur’an, Pendidikan Karakter

 


Full Text:

PDF

References


Amin, Ahmad, Fajrul Islam, (Kairo: Maktabah al Nahdhah al Mishriyah, 1975)

Arifin, H.M., Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).

Denffer, Ahmad Von, Pengenalan Ilmu-ilmu Al Qur’an, Terj. Nashir Budiman, (Jakarta: Rajwali Press, 1988).

Fu’ad, Abd, al Baqi Nuhammad, al Mu’jam al Mufahras Li Alfazh Al Qur’an al Karim, (Kairo: Dar al Kutub, t.t.).

Isma’il, Muhammad Bakar, Dirasat Fi Ulum al Qur’an, (Kairo: Dar al Manar, 1991).

Munir, Ahmad, Tafsir Tarbawi mengungkap pesan al Qur’an tentang Pendidikan, (Yogyakarta: Teras, 2008)

Qaththan, al, Manna, Mabahits Fi Ulum Al Qur’an, (Beirut: al Syirkah al Muttahidah Li al Tauzi, 1973)

Qayyim, al. Ibnu, ‘A’lam al Muwaqqi’in, j.i, (Beirut: Dar al Kutub al Islamiyah, 1993).

Shalih, al, Subhi, Mabahits Fi Ulum Al Qur’an, (Beirut: Dar al Ilmi Li al Malayin, 1972).

Suyuthiy, al, Jalaluddin, Al Itqan Fi Ulum Al Qur’an, j.ii, (Beirut: Dar al Fikr, t.t.)

Syihab, Umar, Al Qur’an dan Rekayasa Sosial, (Jakarta: Pustaka Kartini, 1990).

Zamakhsyariy, al, Tafsir Al Kasysyaf, j.ii, (Kairo: Dar al Ilmi, t.t.)

Zarkasyi al, Badruddin bin Abdullah, Al Burhan Fi Ulum Al Qur’an, j.i., (Beirut: Dar Al Fikr, 1988).




DOI: 10.24235/tarbawi.v1i1.1227

Article Metrics

Abstract view : 671 times
PDF - 1270 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mahbub Nuryadien

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia