PENERAPAN MODUL PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 LEMAHABANG KAB CIREBON
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran biologi seyogyanya disampaikan baik secara materi maupun secara praktikum, siswa kebanyakan hanya dituntut untuk meningkatkan hasil belajar saja, pembelajaran praktikum tidak hanya dapat meningkatkan hasil kognitif siswa, namun bisa menumbuhkan KPS kepada siswa. Pembelajaran praktikum dengan menggunakan modul praktikum berbasis produk merupakan salah satu pembelajaran dengan bahan ajar mandiri yang digunakan khusus untuk kegiatan praktikumn dimana keegiatan praktikum tersebut dapat menumbuhkan KPS siswa yang dapat diobservasi melalui kegaiatan praktikum tersebut.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji penerapan pembelajaran dengan mengguanakan modul praktikum biologi berbasis produk dalam sub konsep animalia invertebrate.
Tempat penelitian di SMA N 1 Lemahabang tahun ajaran 2012-2013, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X (n=55), kelas eksperimen X-7 dan kelas kontrol X-3. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, modul praktikum berbasis produk, tes dan angket. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Analisis uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (non-parametrik independent). Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini bisa dikatakan cukup berhasil dengan hasil yang baik, terdapat 4 aspek yang dinilai dalam proses pembelajaran yaitu aspek observasi, klasifikasi, mengidentifikasi, dan menyimpulkan. Indikator keterampilan proses sains yang nampak pada kelas eksperimen dengan persentase > 80 dengan kriteria sangat baik dan kriteria baik dengan persentase 80, sedangkan kelas kontrol dinilai dengan persentase 66 ≤ x ≤ 80 kriteria baik dan cukup dengan persentase 50 ≤ x ≤ 65, untuk hasil tes dengan rata-rata 82.2 dan 71.9 dan untuk angket dengan kriteria baik. Hasil uji hipotesis dengan Mann Whitney yaitu 0.04 dengan signifikansi < 0.05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan modul praktikum berbasis produk untuk menumbuhkan KPS siswa sudah memenuhi kriteria yang sangat baik, begitu juga dengan angket yang memenuhi kriteri baik.
Â
Kata Kunci : Pembelajaran berbasis praktikum, Modul praktikum, KPS
Full Text:
PDFReferences
Afiyati, Hikmah Sri. 2012. Penerapan Praktikum Biologi Terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Makanan di Kelas XI IPA MAN Buntet Pesantren Cirebon [Skripsi]. Cirebon. Fakultas Tarbiyah Jurusan IPA-Biologi Intitut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.
Aisah, Siti. 2012. Penerapan Pembelajaran Praktikum Biologi Berbasis Proyek Untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa MAN 2 Kota Cirebon [Skripsi]. Cirebon. Fakultas Tarbiyah Jurusan IPA-Biologi Intitut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.
Ali, Muhammad. 2002. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Arikunto. Suharsimi. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi & Cepi Safruddin Abdul Jabar. . Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Arsyad, Azhar.2003. Media Pembelajaran. Jakarta : rajawali Press
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Rosda
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Jogjakarta : Diva Press
Dewi, Riska Sartika.2011. Pengaruh pendekatan Keterampilan Proses Sains terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor [Skripsi]. Jakarta. Fakultas Tarbiyah Jurusan IPA Prodi Fisika Universiras Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Download 25 Mei 2013.
Fidiana, Lutfi, Bambang.S, Pratiwi.D. 2012. Dalam Jurnal Pembuatan dan Implementasi Modul Praktikum Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI. Semarang. Vol 1 No 1
Fitriah, Eka.2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bioteknologi Berorientasi Bioenterpreunership Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat Wirausaha dan Hasil Belajar Siswa [Tesis]. Semarang : UNNES Press
Hake, Richard.1998.Dalam jurnal Interactive-Engagement Versus Traditional Methode:A-Six-Thousand Students Survey of Mechanic Test Data for Indrotuctory Physics Course.Vol 66.No 1
Hamdani. 2011. Strategi belajar Mengajar. Bandung : Pustaka setia
Meltzer, David.2002. Dalam Jurnal The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics : A possible “Hidden variable†in Diagnostic Pretest Scores.Vol 70.No.12
Muchlas.2010. Bab III Indeks Sensitivitas. Download : 26 Agustus 2013.
Mulyasa. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung : Rosda
Muqowim. 2012. Pengembangan Soft Skills Guru. Yogyakarta : Pedagogia
Nazir,Moh. 2007. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Patimah, Imas. 2006. Kontribusi Praktikum terhadap Pemahaman Konsep Transportasi Tumbuhan di SMAN 1 Mandirancan Kab Kuningan [Skripsi]. Cirebon. Fakultas Tarbiyah Jurusan IPA-Biologi Intitut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press
Riduwan. 2012. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Penerbit Alfabeta
Rofiqoh, Siti. 2011. Penerapan Pembelajaran Praktikum Melalui Uji makanan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa di Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Kota Cirebon [Skripsi]. Cirebon. Fakultas Tarbiyah Jurusan IPA-Biologi Intitut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.
Rostika, Nurfine dwi. 2012. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Konsep Ekosistem di SMP 2 Ciledug Kabupaten Cirebon [Skripsi]. Cirebon. Fakultas Tarbiyah Jurusan IPA-Biologi Intitut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.
Rustaman, Nuryani. 1995. Peranan Praktikum Dalam Pembelajaran Biologi. Bandung: ____
Rustaman, Nuryani, Soendjojo Dirdjosoemarto, Surosos Adi Yudianto, Yusnani Achmad, Ruchji Subekti, Diana Rochintaniawati, Mimin Nurjhani K. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : sinar Baru
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Suryadi,Dedy dan Ahmad Anwar Yusa. 2009. Dalam Jurnal Model Pembelajaran Berbasis Produksi dengan Pendekatan Asasemen Portofolio pada perkuliahan Praktik Kerja Bangunan. Vol 9. No 1.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Prenada Media Grup.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
Trihendradi. 2009. Step By Step SPSS Analisis Data Statistik. Yogyakarta : Anda
DOI: 10.24235/sc.educatia.v2i2.527
Article Metrics
Abstract view : 2064 timesPDF - 1607 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)