PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS IMTAQ UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI DI SMA NEGERI 5 CIREBON
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Sistem pembelajaran di kelas masih banyak mengandalkan pikiran sadar yang bersifat short memory, sedangkan pikiran bawah sadar yang bersifat long memory belum dapat dimaksimalkan penggunaannya. Metode hypnoteaching banyak mengambil peranan pikiran bawah sadar, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran biologi berbasis Imtaq, meningkatkan penguasaan konsep siswa dan respons siswa setelah menggunakan metode hypoteaching. Pembelajaran berbasis Imtaq dapat diaplikasikan dalam pembelajaran biologi, tidak hanya mengajarkan aspek-aspek pengetahuan dan keterampilan tentang biologi semata, melainkan juga aspek penanaman nilai-nilai sikap dan moral siswa dan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa.
Desain penelitian ini menggunakan Control Group Pretest and Posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (hipotesis).
Penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran biologi berbasis Imtaq dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Saran yang dapat disampaikan adalah penelitian ini dapat memberikan motivasi bagi guru untuk menjadi sosok teladan bagi para siswa di sekolah, sehingga setiap hari guru selalu memberikan positive statement kepada siswanya.
Â
Kata Kunci    :   Metode Hypnoteaching, Pembelajaran Biologi Berbasis Imtaq, Penguasaan Konsep
Full Text:
PDFReferences
Agustami. 2002. Keseimbangan Peningkatan Imtaq dengan Penguasaan Iptek. Jakarta : PT. Dian Ariesta
Ahmadi, I. Khoiru & Amri, Sofan. 2010. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya : Prestasi Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
_________________. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Aryanto, Rudy. 2012. Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri Begalon II No. 241 Surkarta Tahun 2011/2012. Thesis : Universitas Muhamadiyah Surakarta
Dahar, Ratna Wilis. Prof, Dr. 2006. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Bandung : Erlangga
Elmubarok, Zaim, 2009. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Hajar, Ibnu. M. Pd. 2011. Hypnoteaching. Yogyakarta : Diva Press
Ilahi, T. Muhammad. 2012. Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral. Jogjakarta : Ar-ruzz Media
Latif, Abdul. 2007. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung : Refika Aditama
Muhammad, As’adi. 2012. Penelitian-Penelitian Ilmiah Bukti Keajaiban dan Kebenaran Al-Qur’an. Jogjakarta : Sabil
Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung : Alfabeta
Noer, Muhammad. 2010. Hypnoteaching. Purwokerto : Pedagogia
Pink, H. Daniel. 2012. Otak Kanan Manusia. Jogjakarta : Think
Priyatno, Duwi. 2011. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta : Penerbit Andi
Purwanto, Ngalim. 2000. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Riduwan & Sunarto. 2011. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung : Alfabeta
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana: Surabaya
Rustaman. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung : UPI Press
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Proses Hasil Belajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono, Prof. Dr. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-15. Alfabeta: Bandung
Supriadi, Dedi. 2004. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung :Rosda
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta
Taufiq, Muhammad Izzuddin. 2006. Dalil Anfus Al-Qur’an dan Embriologi. Solo : Tiga Serangkai
Thayib, H.L Ibrahim. 2010. Keajaiban Sains Islam. Yogyakarta : PINUS
Trianto.2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
Wartini, Sri. 2012. Peningkatan Minat Belajar Seni Tari Melalui Hypnoteaching di SD Negeri 1 Prambanan Klaten. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
Yatim, Wildan. 1994. Reproduksi & embyologi. Bandung : Tarsito
Yudiono, S. Adi. 2005. Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung : Mughni Sejahtera
Yunita, S. Farida. 2011. Hypnolearning: 1 Menit Bikin Gila Belajar & Siap Jadi Juara. Jakarta : Visi Media
DOI: 10.24235/sc.educatia.v2i2.518
Article Metrics
Abstract view : 1024 timesPDF - 884 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)