PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS IMTAQ UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI DI SMA NEGERI 5 CIREBON

Kasiful Gito(1*), Anda Juanda(2), Yuyun Maryuningsih(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem pembelajaran di kelas masih banyak mengandalkan pikiran sadar yang bersifat short memory, sedangkan pikiran bawah sadar yang bersifat long memory belum dapat dimaksimalkan penggunaannya. Metode hypnoteaching banyak mengambil peranan pikiran bawah sadar, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran biologi berbasis Imtaq, meningkatkan penguasaan konsep siswa dan respons siswa setelah menggunakan metode hypoteaching. Pembelajaran berbasis Imtaq dapat diaplikasikan dalam pembelajaran biologi, tidak hanya mengajarkan aspek-aspek pengetahuan dan keterampilan tentang biologi semata, melainkan juga aspek penanaman nilai-nilai sikap dan moral siswa dan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Desain penelitian ini menggunakan Control Group Pretest and Posttest design. Teknik  pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (hipotesis).

Penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran biologi berbasis Imtaq dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Saran yang dapat disampaikan adalah penelitian ini dapat memberikan motivasi  bagi guru untuk menjadi sosok teladan bagi para siswa di sekolah, sehingga setiap hari guru selalu memberikan positive statement kepada siswanya.

 

Kata Kunci     :    Metode Hypnoteaching, Pembelajaran Biologi Berbasis Imtaq, Penguasaan Konsep


Full Text:

PDF

References


Agustami. 2002. Keseimbangan Peningkatan Imtaq dengan Penguasaan Iptek. Jakarta : PT. Dian Ariesta

Ahmadi, I. Khoiru & Amri, Sofan. 2010. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya : Prestasi Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

_________________. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Aryanto, Rudy. 2012. Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri Begalon II No. 241 Surkarta Tahun 2011/2012. Thesis : Universitas Muhamadiyah Surakarta

Dahar, Ratna Wilis. Prof, Dr. 2006. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Bandung : Erlangga

Elmubarok, Zaim, 2009. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Hajar, Ibnu. M. Pd. 2011. Hypnoteaching. Yogyakarta : Diva Press

Ilahi, T. Muhammad. 2012. Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral. Jogjakarta : Ar-ruzz Media

Latif, Abdul. 2007. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung : Refika Aditama

Muhammad, As’adi. 2012. Penelitian-Penelitian Ilmiah Bukti Keajaiban dan Kebenaran Al-Qur’an. Jogjakarta : Sabil

Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung : Alfabeta

Noer, Muhammad. 2010. Hypnoteaching. Purwokerto : Pedagogia

Pink, H. Daniel. 2012. Otak Kanan Manusia. Jogjakarta : Think

Priyatno, Duwi. 2011. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta : Penerbit Andi

Purwanto, Ngalim. 2000. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Riduwan & Sunarto. 2011. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung : Alfabeta

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana: Surabaya

Rustaman. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung : UPI Press

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Proses Hasil Belajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono, Prof. Dr. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-15. Alfabeta: Bandung

Supriadi, Dedi. 2004. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung :Rosda

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta

Taufiq, Muhammad Izzuddin. 2006. Dalil Anfus Al-Qur’an dan Embriologi. Solo : Tiga Serangkai

Thayib, H.L Ibrahim. 2010. Keajaiban Sains Islam. Yogyakarta : PINUS

Trianto.2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara

Wartini, Sri. 2012. Peningkatan Minat Belajar Seni Tari Melalui Hypnoteaching di SD Negeri 1 Prambanan Klaten. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Yatim, Wildan. 1994. Reproduksi & embyologi. Bandung : Tarsito

Yudiono, S. Adi. 2005. Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung : Mughni Sejahtera

Yunita, S. Farida. 2011. Hypnolearning: 1 Menit Bikin Gila Belajar & Siap Jadi Juara. Jakarta : Visi Media




DOI: 10.24235/sc.educatia.v2i2.518

Article Metrics

Abstract view : 1024 times
PDF - 884 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)

Â