IMPLEMENTASI BIOENTREPRENEURSHIP PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS DAN MINAT WIRAUSAHA SISWA MADRASAH ALIYAH BERBASIS PESANTREN DI CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustini, F. 2007. Peningkatan Motivasi, Hasil Belajar Dan Minat Wirausaha Melalui Pembelajaran Kimia Degan Pendekatan hemoentrepreneurship. Tesis. Semarang : Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Alma, B. 2008. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung : Alfabeta Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dahar, R.W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga
D’Amore, J.L. Palmer,D.Duggins,R.E Pacinski. 2003. Conducting Research with Junior and High School Student using Remotely Operated Vehicle, a Colaborative Project between Private and Public Agencies, Proceeding of Georgia Basin/Puget Sound Research Conference, 1-6.
Departemen Pendidikan Nasional (2004). Pedoman khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Mata Pelajaran Biologi. Kurikulum 2004 Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Hermawan, Ruswandi. (2003). Life Skills Yang Relevan Untuk Keperluan Pendidikan di Sekolah. Bandung: UPI Jurnal Adpen. Koentjoroningrat. 1990. Metode – metode Penelitian Masyarakat. Jakarta : Gramedia.
Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Mursiti, S., Supartono., T. Wahyukaeni, Sugimurni dan K. Siadi. 2006. Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan CEP. Laporan Hibah Penelitian PHK A2 BATCH III Tahun I. Semarang : FMIPA Unnes.
Pihie, Z.A.,dan Sani,A.S. Exploring The Entrepreneurial Mindset Of Students: Implication For Improvement Of Entrepreneurial Learning at University. Faculty of Educational Studies, University Putra Malaysia The Journal of International Social Research Volume 2 / 8 Summer 2009
Purnomo, B.H. 2005. Membangun Semangat Kewirausahaan. Yogyakarta : Laksbang Pressindo.
Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : UM Press.
Satori, Djam’an dan Udin, S. Saud. (2003). Implementasi Program Life Skills dan Broad – Based Education Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Jurnal Adpen UPI.
Setiawan, I. 2008. Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Life skills dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Pendidikan. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas MIPA Undiksha.
Starcher, G. 2003. Responsible Entrepreneurship, Business Week. November 24: 1-37.
Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, R&D. Bandung : CV. Alfabeta.
Supartono. 2006. Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Chemoentrpreuneurship (CEP). Research Grant-Program Hibah A2, Semarang : Jurusan Kimia FMIPA UNNES.
Susiana, N. 2007. Program pembelajaran kimia untuk menumbuhkan sikap wirausaha siswa SMA. Disertasi. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
DOI: 10.24235/sc.educatia.v2i1.467
Article Metrics
Abstract view : 1932 timesPDF - 1955 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)