IMPLEMENTASI BIOENTREPRENEURSHIP PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS DAN MINAT WIRAUSAHA SISWA MADRASAH ALIYAH BERBASIS PESANTREN DI CIREBON

Eka Fitriah(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran biologi menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Oleh karena itu siswa perlu dibantu untuk mengembangkan sejumlah keterampilan kecakapan hidup (life skills) agar mereka mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar tempat tinggal mereka. Sebagian besar lulusan Madrasah Aliyah (MA) di Cirebon tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Oleh karena itu siswa perlu diberi pemahaman dan keterampilan wirausaha sebagai bekal diri untuk memulai atau melanjutkan kehidupan secara layak. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimanakah implementasi pendekatan bioentrepreneurship pada pembelajaran biologi, seberapa besar pendekatan pembelajaran bioentrepreneurship dapat meningkatkan life skills dan minat wirausaha siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D). Desain penelitian One Shot Case study. Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berorientasi bioentrepreneurship dan diujicobakan kelas eksperimen. Data diambil dengan observasi, angket dan tes. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase skor life skills dan angket kemudian dianalisis dengan stastistik parametrik, yaitu uji t- paired samples test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran biologi berorientasi bioentrepreneurship dapat meningkatkan life skills siswa di MAN Kalimukti sebesar 11,90 % dan MA Al Shighor sebesar 17,17 %. Peningkatan minat wirausaha pada MAN Kalimukti 7,22% dan MA Al Shoghor sebesar 6,11 %. Peningkatan tidak terlalu tinggi karena sebelum pembelajaran siswa sudah menunjukan minat wirausaha yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan bioentrepreneurship pada pembelajaran biologi yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, bahan ajar, LKS dan instrumen yang dilengkapi dengan cara kerja pembuatan produk youghurt dan herbal instan, pembuatan kemasan dan analisis ekonomi produk, selain itu pendekatan pembelajaran bioentrepreneurship dapat meningkatkan life skills dan minat wirausaha. Kata kunci : Bioentrepreneurship, Life skills, minat wirausaha

Full Text:

PDF

References


Agustini, F. 2007. Peningkatan Motivasi, Hasil Belajar Dan Minat Wirausaha Melalui Pembelajaran Kimia Degan Pendekatan hemoentrepreneurship. Tesis. Semarang : Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Alma, B. 2008. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung : Alfabeta Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, R.W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga

D’Amore, J.L. Palmer,D.Duggins,R.E Pacinski. 2003. Conducting Research with Junior and High School Student using Remotely Operated Vehicle, a Colaborative Project between Private and Public Agencies, Proceeding of Georgia Basin/Puget Sound Research Conference, 1-6.

Departemen Pendidikan Nasional (2004). Pedoman khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Mata Pelajaran Biologi. Kurikulum 2004 Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Hermawan, Ruswandi. (2003). Life Skills Yang Relevan Untuk Keperluan Pendidikan di Sekolah. Bandung: UPI Jurnal Adpen. Koentjoroningrat. 1990. Metode – metode Penelitian Masyarakat. Jakarta : Gramedia.

Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Mursiti, S., Supartono., T. Wahyukaeni, Sugimurni dan K. Siadi. 2006. Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan CEP. Laporan Hibah Penelitian PHK A2 BATCH III Tahun I. Semarang : FMIPA Unnes.

Pihie, Z.A.,dan Sani,A.S. Exploring The Entrepreneurial Mindset Of Students: Implication For Improvement Of Entrepreneurial Learning at University. Faculty of Educational Studies, University Putra Malaysia The Journal of International Social Research Volume 2 / 8 Summer 2009

Purnomo, B.H. 2005. Membangun Semangat Kewirausahaan. Yogyakarta : Laksbang Pressindo.

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : UM Press.

Satori, Djam’an dan Udin, S. Saud. (2003). Implementasi Program Life Skills dan Broad – Based Education Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Jurnal Adpen UPI.

Setiawan, I. 2008. Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Life skills dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Pendidikan. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas MIPA Undiksha.

Starcher, G. 2003. Responsible Entrepreneurship, Business Week. November 24: 1-37.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Supartono. 2006. Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Chemoentrpreuneurship (CEP). Research Grant-Program Hibah A2, Semarang : Jurusan Kimia FMIPA UNNES.

Susiana, N. 2007. Program pembelajaran kimia untuk menumbuhkan sikap wirausaha siswa SMA. Disertasi. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: 10.24235/sc.educatia.v2i1.467

Article Metrics

Abstract view : 1932 times
PDF - 1955 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)