The Effectiveness of Simulation Methods on Prospective Teachers’ Professionalism in Science Learning

Muhamad Jalil(1*),


(1) Department of Biology Education, IAIN Kudus, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Professionalism in teaching is needed in the Curriculum 2013. As many as 54% of the 68 students stated not yet familiar with the scientific approach. The average value of didactic concept mastery is 55 under the minimum completion criteria. The objectives of this research are to (1) test the effectiveness of the application of simulation methods on the professionalism of prospective teachers; and (2) analyze student responses. The research design is Posttest Only with Non-Equivalent Control Group Design. Data of the simulation method was analyzed by a descriptive method. One sample t-test is used to know the achievement of the average mastery of pedagogic competence. The Independent t-test was addressed to know whether the average value of professional competence of the experimental class is higher than the control class. The response was analyzed by Likert scale. The result of the research shows that: (1)  the simulation method of science learning on the professionalism of prospective teachers in IAIN Kudus is effective; and (2) Student response to the positive simulation method is 79,00% from 31 students.


Keywords


Professionalism, Science learning, Simulation method

Full Text:

PDF

References


Atamimi, N., Sanmustari, R. B., & Retnowati, S. (2002). Program pelatihan dengan metode simulasi untuk fasilitator: penelitian awal kematian tentang ibu yang hamil, siapa yang bertanggung jawab?. Jurnal Psikologi, 29(1), 43-59. DOI: 10.22146/jpsi.7047

Azhar, S. (2013). Profesionalisme guru dalam pembelajaran. Jurnal Adabiyah, 13(2), 203-213. Available Online: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/383

Budi, K. (2017). Sertifikasi guru, bagaimana nasibnya kini?. Retrived 28 September 2018 from https://edukasi.kompas.com

Chusni, M. M., Setya, W., Agustina, R. D., & Malik, A. (2017). Peningkatan kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis saintifik bagi calon guru fisika. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 125-143. DOI: 10.24235/sc.educatia.v6i2.1952

Darma, A. (2017). Perilaku profesional guru progresif. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 143–162. DOI: 10.24014/potensia.v3i2.3891

Dewi, A. E. A., & Mukminan, M. (2016). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran ips di middle grade SD Tumbuh 3 Kota Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 20-31. DOI: 10.21831/JPE.V4I1.7691

Falahuddin, I., & Agustin, M. (2013). Penerapan metode simulasi tentang perkembangbiakan vegetatif buatan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Aji Kabupaten Oku Timur. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 18(01), 1-15. Available Online: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/36

Fauzia, R. A. (2013). Penggunaan metode simulasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa ranah psikomotor: Studi kuasi eksperimen pada kompetensi dasar melakukan penggandaan dokumen kelas X pada program keahlian administrasi perkantoran di SMK Pasundan 1 Cimahi Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Available from http://repository.upi.edu/3064/

Ghufron, A. (2008). Kompetensi guru sekolah dasar. Yogyakarta: FIP UNY Press.

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran (isu-isu metodis dam paradigmatis) (5th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kisman, N., Saneba, B., & Hasdin, H. (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn melalui Metode Simulasi di Kelas V SDN Pembina Tataba. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(2), 59-65. Available Online: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2838/1929

Krisbiono, A. D., Supriyanto, T., & Rustono, R. (2015). Keefektifan penggunaan model sinektik dan model simulasi dalam pembelajaran menulis teks drama berdasarkan gaya belajar pada peserta didik kelas XI SMA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 125-130. Available Online: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/9870

Kusnianingsih, L. (2015). Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas V SDN Wunut, Tulung, Klaten. Basic Education, 4(5), 1-11. Available Online: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/download/464/429

Magdalena, Z. (2017). Penerapan metode simulasi berbantuan media bongkar pasang konfigurasi elektron untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi konfigurasi elektron dan sistem periodik unsur di kelas XI IPA MAN 2 Paringin. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5(1), 1-12. Available Online: 10.20527/quantum.v5i1.3258

Mahtarami, A. (2006). Pengembangan tempat rekreasi dengan simulasi. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (pp.C39-C42), Yogyakarta, Indonesia. Available Online: https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/1484/1265

Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulati, T. S., Kuswati, & Rejeki, A. S. (2014). Perbedaan pengaruh metode pembelajaran simulasi dengan latihan (drill) terhadap penerapan pengisian partograf pada mahasiswa DIII Kebidanan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 31(1), 113-119. DOI: 10.21831/CP.V1I1.1867

NorMa, W., Emllla, O., & Wilopo, S. A. (2005). Keefektivan metode simulasi dan metode brainstorming untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja. Berita Kedokteran Masyarakat, 21(2005), 109-116. Available Online: http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/detail.php?dataId=8594

Nurhasanah, A. (2016). Penggunaan metode simulasi dalam pembelajaran keterampilan literasi informasi IPS bagi mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 87-95. Available Online: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/670

Nurlaili, N., & Kharizmi, M. (2016). Perpaduan metode snowball throwing dan simulasi dalam pembelajaran mata kuliah menyimak dan berbicara pada mahasiswa program studi PGSD semester III Universitas Almuslim Bireuen. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3), 53-64. Available Online: http://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/1420

Nurmala, N. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajarips melalui penerapan model pembelajaran numbered head together (NHT) siswa kelas IX. 5 SMP Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2012/2013. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 4(1), 64-73. DOI: 10.24127/ja.v4i1.478

Nursalim, N. (2017). Profesionalisme guru SD/MI. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 20(2), 250-256. Available Online: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/3987/3850

Palupi, R. S. (2013). Pelaksanaan pembelajaran IPS di SMK Nasional Pati. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(1), 70-79. Available Online: http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/EKONOMI/article/view/187

Prayudi, M., Sumadi, S., & Haryono, E. (2013). Hubungan persepsi siswa tentang profesionalisme guru dengan prestasi belajar. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 1(6), 1-11. Available Online: https://www.neliti.com/id/publications/252166/hubungan-persepsi-siswa-tentang-profesionalisme-guru-dengan-prestasi-belajar

Putri, S. A. P. (2016). Karir dan pekerjaan di masa dewasa awal dan dewasa madya. Majalah Ilmiah Informatika, 3(3), 194-212. Available Online: http://www.unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/81

Rahman, A., & Elshap, D. S. (2018). Implementasi kekuatan motivasi belajar dalam pendekatan andragogi. Empowerment, 5(2), 1-12. DOI: 10.22460/empowerment.v5i2p1-12.548

Rukli, R. (2011). Studi simulasi menggunakan Fuzzy C-Means dalam mengklasifikasi konstruk tes. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 15(1), 115-138. DOI: 10.21831/pep.v15i1.1090

Salim, A. (2014). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama islam (pai) di madrasah. Cendekia: Journal of Education and Society, 12(1), 33-48. DOI: 10.21154/cendekia.v12i1.362

Saputri, I. Y., & Azam, M. (2015). Efektivitas metode simulasi permainan “monopoli hiv” terhadap tingkat pengetahuan komprehensif HIV/AIDS pada remaja di Kota Semarang (studi kasus di SMA Kesatrian 1 Semarang). Unnes Journal of Public Health, 4(4), 107-114. DOI: 10.15294/ujph.v4i4.9696

Sari, S. D. P. (2015). Manfaat media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan (pp. 115-123), Sebelas Maret University, Solo, Indonesia. Available Online: http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/9055/6729

Suderadjat, H. (2005). Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS). Bandung: CV. Cipta Cekas Grafika.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwo. (2013). Pembelajaran orang dewasa (metode dan teknik) (1th ed.). Yogyakarta: CV. Venus Gold Press.

Surapranata, S. (2015, June 18). Jumlah guru belum bersertifikat pendidik saat ini sebanyak 1,4 juta dan optimistis sergur tuntas pada akhir tahun 2015. Retrieved from https://www.jpnn.com/news/ingat-14-juta-guru-belum-tersertifikasi

Sutarno, M. H., Rohendi, M. D., & Putri, G. G. (2011). Pengaruh kompetensi guru mata pelajaran TIK terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(2), 134-141. DOI: 10.18269/jpmipa.v16i2.268

Sutrisno, B., & Aisyah, A. (2012). Profil pengembangan profesional guru. Jurnal Varidika, 24(4), 34-43. DOI: 10.23917/varidika.v24i4.701

Syukur, A. (2015). Nilai Strategis Kompetensi Professional dan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Peningkatan Hasil Ujian Nasional (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Global Blotongan Kota Salatiga). Inferensi Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 515-536. DOI: 10.18326/infsl3.v9i2.515-536

Tim Dosen. (2015). Buku panduan akademik IAIN Kudus. Kudus: IAIN Press.

Trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Widoyoko, E. P. (2015). Teknik penyusunan instrumen penelitian (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulius, O. (2010). IT kreatif SPSS 18 (pertama). Yogyakarta: Panser Pustaka.

Yunata, D. P., & Soesanto, S. (2014). Keefektifan metode simulasi dan penggunaan multimedia dalam pembelajaran kompetensi dasar melaksanakan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 14(2), 36-42.

Yunus, M. (2016). Profesionalisme guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 19(1), 112-128. Available Online: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/2074/1999




DOI: 10.24235/sc.educatia.v7i2.2482

Article Metrics

Abstract view : 526 times
PDF - 368 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)